Berbagai Macam Manfaat Teknologi Dalam Dunia Kerja


Dahulu, pada tahun 1750-1850 merupakan awal terjadinya perubahan Revolusi Industri secara besar-besaran. Dimana kehadiran teknologi dan mesin mulai dimanfaatkan untuk mengganti tenaga manual. Dengan hadirnya berbagai penemuan baru tersebut menyebabkan banyak ide muncul dan direalisasikan untuk mendorong jumlah produksi agar semakin meningkat. Hal inilah yang menyebabkan persaingan dalam dunia kerja maupun usaha semakin ketat.

Selain itu, jumlah manusia yang terus bertambah dari tahun ke tahun juga memaksa para pelaku industri untuk terus mengikuti dan memenuhi berbagai kebutuhannya yang semakin beragam dan kompleks.

Untuk memenuhi semua kebutuhan manusia tersebut maka mutlak dibutuhkan berbagai macam mesin dan teknologi yang akan membantu pekerja menjadi lebih produktif. Dengan hadirnya banyak teknologi yang berbasis mesin menjadikan manusia tidak lagi bekerja menggunakan tenaga mereka, melainkan lebih banyak mengandalkan otak. Ada banyak pekerjaan yang apabila dikerjakan secara manual akan memakan waktu yang sangat lama, sehingga teknologi modern mutlak dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Teknologi Mempengaruhi Cara Bekerja

Salah satu efek yang paling terasa akibat hadirnya teknologi-teknologi ini ke dalam kehidupan manusia akhir-akhir ini adalah cara pandang dan cara kerja manusia itu sendiri. Zaman modern yang didominasi mesin digital kini hampir menguasai semua lini dan bidang pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi yang semakin compact membuat manusia kini bisa bekerja dari berbagai tempat. Inilah yang mendorong terciptanya sebuah cara baru dalam bekerja.

Jika beberapa tahun yang lalu kantor merupakan tempat yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan, saat ini  hal tersebut perlahan namun pasti mulai ditinggalkan dan digantikan dengan tempat bekerja yang lebih fleksibel. Dengan bantuan teknologi, kita bahkan bisa bekerja dimanapun dan dalam situasi apapun. Misalnya dari rumah bahkan bekerja ketika berada di perjalanan.

Pentingnya Teknologi Untuk Efisiensi & Efektifitas

Persaingan yang ketat dalam dunia kerja dan bisnis mewajibkan pelaku industri untuk bekerja secara efektif dan efisien. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, efisiensi merupakan salah satu kunci sukses dalam dunia kerja. Tujuannya tak lain adalah, agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan permintaan dari berbagai kalangan di seluruh dunia. Dengan hadirnya mesin dan teknologi yang membantu memudahkan manusia dalam bekerja semuanya akan berpengaruh kepada tenaga atau energi yang dikeluarkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Dengan begitu, dana yang dikeluarkan juga mengecil.

Jadi bisa disimpulkan bahwa dengan bantuan berbagai peralatan dan mesin-mesin dalam pekerjaan, manusia kini tidak banyak menghabiskan energi dan tenaganya.

Dan berikut adalah beberapa contoh teknologi yang sudah umum digunakan dalam dunia bisnis:


  1. Mesin dengan teknologi canggih

    Manusia kini tidak lagi menguras tenaga untuk melakukan pekerjaan fisik yang berat karena telah diwakili oleh mesin dengan teknologi yang canggih. Bahkan, malah terkadang tenaga mesin jauh bisa lebih maksimal dalam pekerjaan dibanding tenaga manusia.
     
  2. Komputer

    Dengan bantuan komputer, manusia tidak lagi memeras otak untuk berpikir sehingga mereka bisa menghemat lebih banyak tenaga dan waktu. Jika dahulu manusi menghitung dengan menggunakan kertas, sekarang hanya dengan bantuan Exel, semuanya bisa teratasi dengan baik.
     
  3. Internet, handphone dan smartphone

    Dewasa ini, internet merupakan alat komunikasi yang sering dipkai oleh pebisnis. Mereka melakukan banyak hal dengan adanya akses internet seperti mengirim email, promosi bahkan bekerja secara online. Selain itu, handphone dan smartphone yang notabene semua orang memilikinya, akan turut menunjang kemudahan dalam komunikasi dunia kerja. Dengan begitu, waktu, tempat dan jarak bukan lagi sebuah masalah yang berarti.


Dan.. Nyatanya, kini dengan semua itu, manfaat teknologi bisa di rasakan dan nikmati oleh semua kalangan, dari pekerja bangunan hingga mereka yang bekerja di kantoran. Sudah bisa dipastikan, orang yang menolak atau bahkan tidak menggunakan teknologi dalam bisnisnya, mereka akan kalah dalam persaingan!