Lambatnya Adopsi Lolipop

Pic Source: www.tuttoblogmobile.it

Seperti yang kita tahu, baru-baru ini Google telah merilis sistem operasi Android terbaru yaitu sistem operasi Android 5.0 atau yang kita dengar kenal dengan nama Android “Lollipop”. Android Lollipop sendiri telah resmi tersedia secara luas mulai tanggal 12 November lalu. dan kemungkinan besar smartphone terbaru serta beberapa flashgrip di 2015 nanti akan banyak menggunakan dan meng-upgrade ke sistem operasi ini.

Google telah merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa baru sekita 0,1 persen handset yang menggunakan sistem operasi ini. Lambatnya adopsi Android 5.0 bukan tanpa sebab. Banyaknya perusahaan-perusahaan yang ikut membuat ponsel dengan spesifikasi yang berbeda, serta user interface yang berbeda, membuat Android Lollipop sulit untuk diadopsi secara global.

Saat ini Android 4.4 atau Android Kitkat merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh smartphone. Ada sekitar 33.9 persen dari jumlah keseluruhan smartphone berbasis Android telah menggunakan sistem operasi Android Kitkat.

Sulitnya upgrade ke versi terbaru membuat lolipop sendiri diragukan untuk bisa memecahkan rekor yang dibuat oleh Kitkat. Terlebih, dengan banyaknya ponsel yang telah beredar membuat pasar menjadi sedikit jenuh, Sehingga tampaknya akan sulit bagi Lollipop menumbangkan Kitkat.