Pesan Tersembunyi Di Balik Papan Tanda Facebook


Siapa yang menyangka kalau dahulunya tempat yang sekarang digunakan oleh Facebook untuk mendirikan kantor mereka adalah lahan milik Sun Microsystem. Kampus Facebook yang terletak di Paulo Alto California tersebut memiliki sesuatu yang unik.

Untuk sekedar mengingatkan bahwa Sun Microsystem telah diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2009 lalu. kemudian ketika Facebook pindah ke tempat ini, menggantikan tempat pesan Sun, bos Facebook Mark Zuckerberg melakukan sesuatu yang unik, dia tidak mengganti papan nama Sun Microsystem dengan papan nama yang baru. Melainkan, dia hanya membaliknya atau memutarnya. kemudian menempatkan nama Facebook di bagian depan, dan bagian belakangnya dibiarkan tetap seperti itu. tentu kita bertanya ada apa gerangan?

Ternyata hal itu memang disengaja. Hal tersebut dimaksudkan untuk memotivasi karyawan Facebook sendiri. dengan menempatkan logo Sun di bagian belakang logo Facebook menunjukkan bahwa, segala sesuatu bisa saja terjadi. contohnya adalah Sun Microsystem yang kemudian gagal dan diakuisisi oleh Oracle. hal seperti itu mungkin saja terjadi pada Facebook sehingga setiap orang yang bekerja di Facebook akan dituntut untuk memberikan yang terbaik yang bisa mereka lakukan.

Lev Grosmen pernahkah wawancarai Mark Zuckerberg untuk majalah Time Grosmen menuliskan tentang mengapa tanda itu di balik dan bukannya digantikan.
"Because of the limits of space and time, a lot of Silicon Valley companies don’t build new headquarters; they just take over the discarded offices of older firms, like hermit crabs. Facebook’s headquarters used to belong to Sun Microsystems, a onetime power-house of innovation that collapsed and was acquired by Oracle in 2009. When Facebook moved in, Zuckerberg made over the whole place, but he didn’t change the sign out front, he just turned it around and put Facebook on the other side. The old sign remains as a reminder of what happens when you take your eye off the ball."

Yang artinya kurang lebih “karena keterbatasan ruang dan waktu, banyak perusahaan di silicon valley yang tidak membangun markas baru. mereka hanya mengambil alih kantor yang ditinggalkan oleh perusahaan-perusahaan yang telah lebih dahulu ada. seperti yang dilakukan oleh Facebook. markas Facebook yang sekarang merupakan milik Sun Microsystem dahulunya. Sun Microsystem merupakan sebuah kekuatan symbol inovasi yang kuat, yang kemudian runtuh dan diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2009. ketiga Facebook pindah Zuckerberg merenovasi semuanya, akan tetapi dia tidak mengubah papan nama di bagian depan, dia hanya membaliknya dan menempatkan logo Facebook di sisi bagian depan sedangkan logo yang lama digunakan sebagai pengingat atas apa yang telah terjadi akan terjadi ketika anda lalai”.