Angkatan Udara AS Mengembangkan Pesawat Supersonic Berkecepatan 5 March

Technolagi.com - Dikabarkan bahwa angkatan udara Amerika Serikat bekerjasama dengan Pentagon dan DARPA untuk membangun pesawat berkecepatan tinggi ini baru-baru ini. Pesawat yang dikembangkan tersebut rencananya akan siap mengudara pada tahun 2023 nanti. Yang mencengangkan dari pengembangan pesawat tersebut adalah kecepatannya yang akan mencapai atau bahkan melebihi 5 march. Hal ini didasarkan pada tes yang sukses dilakukan pada kendaraan eksperimental yang dinamai X-51A dan sukses diuji pada tahun 2013 lalu.

X-51A menggunakan design scamjet yang mesinnya beroperasi pada kecepatan supersonik dengan mengambil dan mengkonversi udara sebelum menyuntikkan bahan bakar dan memulai pembakaran.

 
Video By Youtube


Ketika diuji pada tahun 2013 lalu, X-51A yang dipasang pada sayap pesawat B-52H Stratofortress dan dibawa hingga ketinggian 50.000 kaki sebelum diluncurkan. Setelah diluncurkan, pasokan bahan bakar pesawat tersebut habis hanya dalam waktu 240 detik dan kemudian jatuh ke laut. Selama penerbangan singkat tersebut, pesawat mampu mematahkan rekor air-breathing hypersonic flight dan menjadi penerbangan terpanjang saat dalam ujicoba tersebut.

Proyek ini dimaksudkan untuk mendapatkan sebuah pesawat yang mampu terbang dalam jarak jauh namun dengan periode yang sangat singkat. Sebuah rudal jelajah misalnya, memiliki kecepatan tertinggi 600 mil per jam. Namun saat kita berbicara mengenai kecepatan hingga 5 march, kita membicarakan tentang kemungkinan sebuah pesawat yang terbang dengan kecepatan 4.000 mil per jam.