7 Tips Agar Smartphone Androidmu Tidak Lemot


Sangat menyebalkan apabila kinerja Smartphone Android sudah mulai melambat, mau mengganti dengan Smartphone baru belum memiliki uang. Sudah banyak yang bertanya, kenapa android saya lemot sekali? Tanpa mengetahui penyebabnya.  Semua perangkat elektronik sebenarnya memiliki masa penggunaannya tak terkecuali Smartphone Android. Semakin tua umur dari Smartphone Android yang digunakan otomatis kinerja dari Sistem Operasi didalamnya sudah tidak sekencang waktu diawal-awal penggunaan.

Sebetulnya banyak juga faktor-faktor penyebab android lemot yang berpengaruh terhadap penurunan kinerja dari Smartphone Android, beberapa faktor tersebut antara lain ruang penyimpanan memori yang hampir penuh, banyaknya aplikasi yang digunakan dan menumpuknya file-file sampah pada Sistem Operasi juga menjadi salah satu penyebab hp android lemot. Kebetulan penulis akan membagi-bagikan solusi  agar Smartphone Android yang anda gunakan tidak lemot.

1. Menggunakan Micro SD berkualitas

Biasanya memori internal pada Smartphone Android memiliki ruang penyimpanan yang tidak terlalu besar 4GB hingga 8GB oleh karena itu pengguna biasanya menambah sendiri ruang penyinpanan menggunakan Micro SD.

Tetapi asal-asalan dalam memilih Micro SD yang dipakai berdampak tidak baik bagi kinerja Smartphone Android anda, salah satu dampak yang ditimbulkan yakni memperlambat kinerja dari Smartphone Android. Akan lebih baik jika anda menggunakan Micro SD yang berkualitas selain tidak mempengaruhi kinerja dari Smartphone Android Micro SD yang berkualitas akan lebih awet.

2. Mengurangi penggunaan widget

Apa itu widget ? Widget merupakan shortcut dari icon yang terdapat di homescreen. Fungsi dari widget adalah selalu mengupdate informasi secara berkala, jika anda menggunakan widget yang cukup banyak pada Smartphone Android hal ini akan berdampak kurang baik karena dapat menurunkan kinerja dari Smartphone Android anda.

Bukan hanya itu, penggunaan widget yang berlebihan juga berdampak pada konsumsi daya baterai yang cukup besar bisa dipastikan daya pada baterai Smartphone Android anda jadi semakin boros.

3. Mengurangi jumlah aplikasi

Ketika dimanjakan oleh fitur Google Play Store banyak dari pengguna Smartphone Android menggunakan aplikasi-aplikasi android secara berlebihan tanpa mempertimbangkan Memori, RAM, dan Processor yang digunakan. Ketika semua aplikasi-aplikasi pada Smartphone Android berjalan hal ini dapat memperlambat kinerja dan membuat boros baterai pada ponsel Android. Gunakanlah aplikasi sewajarnya saja jika menggunakan aplikasi secara berlebihan maka banyak efek samping yang ditimbulkan bagi Smartphone Androi yang anda pakai.

4. Matikanlah Live Wallpaper

 Sebenarnya fungsi dari Live Wallpaper hanya untuk memrindah pada tampilan layar Smartphone, hal itu tidak masalah jika Smartphone yang anda pakai mempunyai Processor dan RAM yang cukup besar.

Tetapi akan menjadi masalah jika Smartphone anda tidak support untuk menggunakan fitur Live Wallpaper, tidak hanya memperlambat kinerja namun juga memperboros penggunaan daya baterai.

5. Hapuslah secara berkala cache pada memori

Apa itu cache ? Cache adalah file sampah yang muncul dikarenakan keseringan pengguna berselancar didunia maya, setiap pengguna mengungjungi satu situs dan situs yang lainnya browser pada Smartphone akan menyimpan alamat-alamat url situs yang pernah di kunjungi, memang file sampah ini tidak terlalu besar ukurannya tetapi kalau pengguna sudah sangat lama tidak menghapus file-file tersebut nah hal ini akan memenuhi ruang penyimpanan memori dan dapat memperlambat kinerja Smartphone pengguna.

Cara terbaik untuk mengatasi android lemot ini adalah dengan menghapus cache pada Smartphone secara berkala, supaya cache tidak menumpuk dan terlalu banyak.

6. Hapuslah SMS secara berkala

Jangan pernah anda meremehkan jumlah SMS yang sudah menunpak pada kotak masuk Smartphone yang anda pakai, karena semua SMS tersebut disimpan didalam memori internal. Jika hal ini anda biarkan dalam kurun waktu yang lama dampaknya adalah menurunan kinerja dari Smartphone anda. Jangan biasakan untuk tidak menghapus SMS yang masuk, jika dirasa jumlahnya sudah cukup banyak, langsung hapus supaya ruang penyimpanan memori anda tidak lagi penuh oleh file-file sampah yang tidak berguna.

7. Melakukan restart pada Samrtphone

Kenapa harus direstart untuk atasi android lemot? Selain cukup sederhana untuk dipraktekan, dengan cara merestart Smartphone dapat mengembalikan kinerja dari Smartphone menjadi normal kembali.

Itulah beberapa tips trik agar android tidak lemot yang bisa anda coba untuk mengembalikan performa Smartpone seperti di awal-awal penggunaanya. Yang patut anda perhatikan adalah jika langkah-langkah diatas masih tidak berhasil mengembalikan performa Smartphone anda solusi trakhir adalah anda ganti Sistem Operasi Android pada Smartphone anda dengan versi terbaru. Sekian semoga bermanfaat.