6 Cara Sederhana Menghemat Baterai Asus Zenfone 5

Asus Zenfone 5 merupakan salah satu smartphone keluaran Asus yang cukup laris di pasaran karena memiliki spesifikasi tinggi dan harga yang cukup bersahabat. Beberapa keunggulan smartphone tersebut diantaranya adalah, menggunakan RAM sebesar 2GB, memiliki processor dengan tipe Dual-core berkecepatan 2.0 GHz dari intel, layar 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixel, serta sudah menggunakan sistem operasi Android versi 5.0 Lolipop.

Dari semua keunggulan yang dimiliki oleh Zenfone-5 ternyata tidak dibarengi dengan performa baterai non-removable Li-po 2110 mAh yang disematkan.

Saat digunakan, baterai tersebut ternyata cepat terkuras, terlebih apabila kita mengaktifkan jaringan 3G atau jaringan data mobile, Wi-Fi, dan mengaktifkan beberapa fitur lainnya.

Walaupun kelemahan tersebut bisa ditutupi dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh smartphone ini, namun tetap saja dalam penggunaan sehari-hari kita harus pandai-pandai memutar otak agar baterai bisa awet dan tahan lama.

Cara menghemat baterai Asus Zenfone 5


Karena menggunakan sistem operasi Android, tentu tidak sulit bagi kita untuk menerapkan beberapa tips android untuk menghemat baterai di smartphone ini.

Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa anda ikuti agar zenfone 5 yang anda miliki bisa bertahan lebih lama.

1. Tingkat Kecerahan Layar


Nonaktifkan Auto Mode pada tingkat kecerahan layar dan setting-lah dengan model paling rendah apabila anda tidak menggunakannya di tempat-tempat yang terang atau di luar ruangan. Namun apabila anda berpindah ke tempat yang terang seperti di luar ruangan dan di bawah sinar matahari, anda bisa mengaktifkannya kembali.

2. Nonaktifkan Location


Pada Setting, anda bisa menonaktifkan Location agar smartphone tidak melakukan tracking. Dengan menonaktifkan setingan Location, baterai bisa menjadi lebih awet dan lebih irit.

3. Disable Aplikasi Tidak Penting


Beberapa aplikasi bawaan smartphone Asus Zenfone 5 memang tidak bisa di-uninstall kecuali dengan di-root. Akan tetapi dengan melakukan root kita bisa merusak garansi yang ada. Oleh sebab itu, apabila tidak dibutuhkan atau tidak anda perlukan, anda bisa mendisable aplikasi aplikasi bawaan yang ada di smartphone.

4. Aktifkan Power Saver


Power Saver akan sangat membantu dalam menghemat daya. Terlebih, dengan adanya aplikasi ini beberapa aplikasi yang berjalan dibelakang layar tanpa kita ketahui bisa dinonaktifkan.

5. Manfaatkan Auto Start Manager


Ada beberapa aplikasi yang selalu aktif serta memberikan notifikasi setiap saat, seperti aplikasi berbasis game misalnya. Untuk menonaktifkan notifikasi atau pemberitahuan dari game atau beberapa aplikasi lain selain messenger, anda bisa menonaktifkannya di Auto Start Manager.

6. Matikan Fitur Sync


Apabila anda tidak terlalu sering membuka email, atau tidak sering bekerja dengan menggunakan email, anda bisa menonaktifkan sync sehingga data dan baterai telepon bisa lebih irit.

Cara menghemat baterai Asus Zenfone 5 ini bisa anda terapkan pada gadget yang anda miliki. Selain menggunakan tips di atas, anda juga bisa bereksperimen sendiri dengan menonaktifkan beberapa aplikasi secara manual melalui Menu Setting > Apps dan pilihlah aplikasi yang akan anda nonaktifkan. Kemudian, pada tap tombol Force Stop.