Review, Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S6

Galaxy dengan seri S adalah salah satu smartphone kelas atas (high-end) yang dikeluarkan oleh Samsung. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang luar biasa mulai dari desain dibagian luar, hingga spesifikasi yang ada di dalamnya.

Samsung Galaxy S6 diumumkan pada bulan Maret tahun 2015 dan dirilis 1 bulan setelahnya, yaitu pada bulan April di tahun yang sama. Dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Galaxy S5, Galaxy S6 memiliki banyak keunggulan. Diantaranya adalah, RAM yang lebih besar, bahan body yang lebih baik, kamera yang lebih bagus, dan tentunya teknologi baru seperti Finger Print Sensor untuk Paypal Certified dan Samsung Pay.

Kelemahan dan Kelebihan Samsung Galaxy S6


Smartphone pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Dan setiap orang mungkin menganggap kelemahan dan kelebihan sebuah gadget berbeda-beda. Jika patokannya adalah harga, maka smartphone ini sudah pasti memiliki banyak kelebihan walaupun kekurangan juga tidak bisa diindahkan.

Kelebihan


Kelebihan smartphone yang pertama adalah, bahan pelindung bodinya yang sudah menggunakan metal. Berbeda dengan seri sebelumnya yang masih menggunakan plastik. Penggunaan metal pada smartphone baru ini membuatnya tampil lebih elegan dan lebih berkelas. Selain itu, back panel atau bagian belakang, bahkan di lapisi dengan Corning Gorilla Glass 4 yang tahan terhadap goresan serta memberikan kesan lebih luxury.

Kelebihan lain adalah, munculnya teknologi fingerprint sensor dan Samsung Pay yang akan menjadi trend di masa depan. Dimana fitur keamanan menjadi lebih sensitif dan kemudahan dalam pembayaran (Samsung Pay) menjadi sesuatu yang akan sangat membantu.
Tersedia juga fitur wireless charging yang akan memudahkan kita untuk melakukan charger tanpa harus repot-repot mencolokkan kabel Micro USB. Tidak hanya itu, disertakan juga quick charging yang memungkinkan kita untuk melakukan charger dalam waktu singkat.

Kelemahan


Jika kita melihat beberapa pesaing smartphone dengan spesifikasi besar seperti Asus Zenfone 2 atau beberapa smartphone dari Xiaomi yang sudah menggunakan RAM 4 GB dan dijual dengan harga tidak lebih dari 5 juta, tentu akan membuat kita berpikir bahwa, smartphone keluaran Samsung ini sedikit overpriced.

Harga menjadi salah satu kelemahan smartphone ini. Jika anda ingin sebuah smartphone yang elegan dan berkelas maka harga bukan masalah. Namun apabila kita melihat spesifikasi yang diberikan, maka harga sudah pasti menjadi kelemahan utama.

Kelemahan selanjutnya dari smartphone ini adalah RAM-nya yang hanya 3 GB. Padahal jika melihat harga yang ditawarkan, seharusnya Samsung Galaxy S6 hadir dengan RAM 4 GB. Mengingat, pesaing sudah banyak yang menyematkan RAM sebesar itu.

Sebuah smartphone yang tampak elegan, memiliki spesifikasi mentereng dan tenaga monster tidak ada artinya apabila tidak dibekali dengan baterai besar. Begitu juga yang terjadi pada SGS6 ini. Desainnya yang tipis hanya 6.8 mm membuat ukuran baterai juga menciut. Baterai yang dibenamkan hanya 2555 mAh dan terasa sangat kecil apabila kita bandingkan dengan harganya. Hal tersebut bisa kita lihat dari talk time. Berbicara dengan menggunakan 3G hanya bisa bertahan 17 jam saja. Selain itu, apabila digunakan untuk memutar musik, hanya bertahan 49 jam.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S6


Berikut adalah review atau ulasan dan spesifikasi lengkap dari smartphone Samsung Galaxy S6.

1. Desain Body dan Dimensi


Body


Setiap smartphone kelas atas selalu didesain tidak biasa untuk memberikan kesan berbeda, elegan dan gaya. Begitu juga dengan smartphone ini. Apabila sebelumnya hanya menggunakan desain atau bahan plastik polikarbonat, maka peningkatan cukup signifikan terjadi pada smartphone ini. Dimana bahan utama casing-nya adalah metal. Kemudian dibagian back panel atau di bagian belakang, smartphone ini dilapisi dengan kaca dari Corning Gorilla Glass 4. Seperti yang kita tahu bahwa kaca dari Corning memiliki berbagai keunggulan mulai dari, tahan gores, sulit untuk dipecahkan, dan memiliki banyak keunggulan lain. Sehingga, smartphone akan terlindungi dengan baik.
Di bagian sisi smartphone ini didesain sedikit melengkung atau cembung, sehingga terasa nyaman saat digenggam, mudah untuk diambil saat diletakkan di atas meja. Dan, walaupun berbahan metal serta dilapisi dengan kaca smartphone ini tetap ringan.
Tidak ada perubahan tata letak tombol yang diberikan untuk smartphone ini. Semuanya sangat khas Samsung.

Di bagian depan kita masih bisa melihat tombol Home yang diapit 2 tombol kapasitif dibagian kiri dan kanan. Beralih ke bagian sisi sebelah kanan, kita akan menemukan tombol Power yang bisa dijangkau walaupun hanya dengan pengoperasian satu tangan. Sedikit di bawah tombol Power, kita akan menemukan SIM-Card tray. Kemudian di sisi yang berseberangan, kita akan menemukan tombol Volume Up dan Down.

Di bagian atas, kita tidak akan menemukan lubang apapun, karena lubang untuk headset 3.5 mm berada di bagian bawah sebelah kiri. Kemudian di bagian tengah Samsung S6 menyediakan slot untuk Micro SD yang bisa dimanfaatkan untuk charger atau bisa dimanfaatkan juga untuk mentransfer data. Masih dibagian bawah, sedikit ke bagian kanan, kita akan menemukan lubang-lubang kecil yang berjumlah sekitar 10 buah di mana speaker internal berada.

Kemudian di bagian belakang, seperti yang telah disebutkan sebelumnya sebelumnya bahwa Samsung melapisi bagian belakang smartphone ini menggunakan kaca dari Corning. Kaca yang digunakan adalah Gorilla Glass 4 yang sangat tipis, kuat dan memberikan kesan elegan serta berkelas untuk smartphone ini.

Smartphone ini hadir dengan desain bentuk kamera persegi empat yang memiliki sudut membulat, terkesan kurang berkelas. Di samping kamera terdapat LED Flash yang akan membantu memberikan cahaya saat kita mengambil foto atau mengambil video tempat-tempat yang minim cahaya.

Dimensi


Secara keseluruhan, dimensi SGS6 adalah, 143.4 x 70.5 x 6.8 mm. Mengingat layar yang dimiliki smartphone ini hanya 5.1 inchi, maka dimensi tersebut tergolong cukup proporsional. Terlebih, karena memiliki bazel di bagian kiri dan kanan serta atas dan bawah yang tidak terlalu tebal.
Walaupun menggunakan bahan metal dan dilapisi dengan kaca di bagian belakang maupun depan, smartphone ini memiliki bobot yang lumayan ringan, sekitar 138 gram. Desainnya yang langsing dan bobotnya yang ringan akan memudahkan kita untuk menyisipkannya di kantong, tidak repot dibawa kemana-mana dan mudah untuk digenggam menggunakan satu tangan.

Layar


Keunggulan lain dari smartphone ini adalah layarnya yang sangat cemerlang, memiliki resolusi sangat besar, bisa menampilkan foto sangat detail serta terlihat sangat jernih. Baik untuk menonton video, melihat gambar maupun saat kita gunakan untuk bermain game.

Tipe display yang digunakan adalah super AMOLED Capacitive Touchscreen 16 juta warna. Layar tersebut menggunakan proteksi dari Corning Gorilla Glass 4, dan memiliki bentang 5.1 inci serta resolusi 1440 x 2560 pixels. Kerapatan pixels yang mengisi layar smartphone ini 577 ppi. Dengan kepadatan pixels yang besar tersebut membuat gambar, video, maupun grafis yang tampil di layar semakin halus dan tidak menyakitkan dimata. Dengan begitu, layar terasa dingin dan nyaman untuk dipandang walaupun dalam waktu yang sangat lama.

User Interface


User interface yang digunakan adalah Touchwiz UI terbaru yang akan memudahkan kita untuk melakukan interaksi dengan smartphone, membuat multitasking menjadi lebih mudah dan konsumsi daya menjadi lebih sedikit.

Warna


Beberapa pilihan warna yang tersedia untuk seri ke-6 dari Galaxy S ini diantaranya adalah, White Pearl, Black Sapphire, Blue Topaz dan Gold Platinum. Semua warna tersebut terlihat sangat elegan. Terlebih, dengan munculnya warna baru berupa Gold Platinum yang digandrungi oleh banyak orang. Warna baru tersebut pada awalnya memang dipopulerkan oleh Apple sehingga terkesan sangat berkelas.

2. Hardware


Sebelum diumumkan, smartphone ini sebelumnya sudah diramalkan akan menggunakan chipset dari Qualcomm, akan tetapi beberapa isu yang berkembang belakangan seperti, chipset yang mudah panas menyebabkan Samsung beralih menggunakan chipset buatan sendiri yaitu, Exynos yang terkenal dingin serta memiliki tenaga dan kecepatan yang tidak jauh berbeda. Selain itu, penggunaan Exynos juga dimaksudkan untuk menekan biaya produksi.

Chipset


Chipset yang digunakan adalah Exynos 7420, memiliki kemampuan dan benchmark yang cukup baik. Hal tersebut bisa terlihat dari beberapa hasil pengujian yang memunculkan skor sangat tinggi untuk smartphone ini.

Processor


Tipe prosesor yang digunakan adalah Quad-core berkecepatan 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core berkecepatan 2.1 GHz Cortex-A57.

Dengan adanya prosesor empat inti tersebut, membuat smartphone ini bisa berpikir dan melakukan pemrosesan dengan lebih cepat. Hal tersebut bisa kita rasakan pada saat mengoperasikan smartphone. Terutama saat melakukan multitasking dan saat bermain game-game berat.

Grafis


Begitu juga dengan grafis yang dihadirkan, ditenagai oleh Mali T760MP8, sebuah mesin yang mampu menghadirkan detail cukup bagus saat digunakan menonton video maupun bermain game. Grafis yang dihasilkan sangat halus, animasinya pun lancar tanpa lag.

3. RAM dan Memori


Sayangnya, smartphone ini tidak dibekali dengan RAM 4 GB melainkan hanya 3 GB. RAM tersebut memang cukup besar untuk beberapa aplikasi dan game saat ini. Walau demikian, kemungkinan besar di masa yang akan datang kita membutuhkan RAM minimal 4 GB untuk melakukan berbagai aktivitas. Terutama saat bekerja dengan aplikasi-aplikasi besar di smartphone. Walau hanya berkapasitas 3 GB, RAM yang dibenamkan untuk smartphone ini terasa sudah cukup karena hampir semua kegiatan yang kita lakukan di smartphone bisa berjalan dengan lancar tanpa masalah.
Untuk memori internal, tersedia beberapa pilihan diantaranya adalah, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Seperti jajaran smartphone kelas atas yang rata-rata tidak menyematkan slot untuk Micro SD, membuat smartphone ini juga tidak disertakan slot untuk memori eksternal tersebut. Banyak orang menganggapnya sebagai sebuah kelemahan. Walau demikian, sebenarnya hal tersebut bukanlah sebuah kelemahan mengingat terkadang memori eksternal justru dapat mengurangi performa dari smartphone itu sendiri.

Apabila anda memiliki banyak data berukuran besar dan tidak mencukupi jika hanya menggunakan memori internal, sebaiknya anda beralih ke teknologi cloud yang memungkinkan anda untuk menyimpan data secara online dan bisa mengaksesnya dimanapun selama ada akses internet.

4. Jaringan dan Koneksi


Teknologi jaringan yang disematkan untuk Samsung Galaxy S6 adalah GSM, HSPA dan LTE untuk mobil datanya. Dengan kata lain, smartphone ini menggunakan jaringan 3G dan 4G untuk mengakses internet.

Untuk mengakses internet dengan jaringan 4G LTE, smartphone bisa menghasilkan speed hingga 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps. Dengan kecepatan upload dan download yang besar tersebut sebenarnya terasa masih mubazir mengingat jaringan di dalam negeri atau di Indonesia dari provider hanya menyediakan kecepatan download maksimal tanggal 11 MB jaringan 4G. Dan kecepatan maksimal tersebut masih dipegang oleh telkomsel. Sedangkan jaringan XL, dan Indosat masih berada dibawahnya.

Selain menggunakan jaringan dengan teknologi mobile data, kita juga bisa mengakses internet menggunakan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Dual Band, Wi-Fi direct dan disediakan juga fungsi Hotspot.
Selain itu, tersedia juga fitur berupa Bluetooth versi 4.1, A2DP, LE, APT-X. Kemudian GPS dengan teknologi GLONASS serta Beidou. Bagi anda yang sering mentransfer data, tersedia juga Near Field Communication dan Micro SD versi 2.0.

5. Kamera


Kamera Belakang


Untuk menangani fotografi dan pengambilan video, smartphone ini dibekali dengan kamera primer sebesar 16 Megapixels yang bisa digunakan untuk mengambil foto maksimal 2988 x 5312 pixels. Kamera tersebut terasa semakin canggih dengan adanya berbagai software yang menemaninya. Baik itu software untuk edit foto maupun untuk edit video. Kamera belakang ditemani: Autofocus, LED Flash, Optical Image Stabilizationilization, dan beberapa fitur umum seperti Geo-tagging, Face Detection, Auto HDR dan Panorama.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh smartphone ini boleh dibanggakan karena memang sangat bagus. Selain tajam, hasil foto juga terlihat sangat berbeda layaknya hasil seorang profesional.

Kamera Depan


Untuk kamera sekunder di bagian depan, resolusi yang digunakan adalah 5 Megapixels. Beberapa fitur dan teknologi yang disertakan untuk kamera selfie ini diantaranya adalah Wide Photo Selfie, yaitu, sebuah teknologi yang memungkinkan kita mengambil foto dengan jangkauan yang lebih lebar sekitar 120% (persen). Cara kerja teknologi tersebut kurang lebih sama dengan teknologi Panorama.

6. Sistem Operasi


Pada awal kemunculannya, smartphone ini menggunakan sistem operasi Android versi 5.0.2 Lollipop yang bisa diupgrade versi 5.1.1 Lollipop. Namun, hingga saat ini belum ada kabar apakah smartphone ini akan mendapatkan upgrade ke versi 6.0 Marsmallow. Walau demikian, kemungkinan besar, seperti jajaran smartphone lainnya yang termasuk kelas high-end, akan mendapatkan upgrade ke versi terbaru.

7. Baterai


Selain RAM-nya yang tidak terlalu besar, baterai juga menjadi isu atau kelemahan yang dibawa oleh smartphone ini. Baterai yang dibenamkan adalah Non-removable battery, tipe Li-ion 2550 mAh.
Baterai tersebut, untuk penggunaan standar tidak bisa bertahan terlalu lama. Bahkan untuk berbicara di jaringan 3G saja smartphone ini hanya bertahan sekitar 17 jam. Untuk memutar musik, smartphone hanya bisa bertahan sekitar 49 jam.

8. Fitur dan Sensor


Sebagai salah satu smartphone kelas atas, beberapa fitur berikut ini merupakan fitur unggulan yang kemungkinan besar tidak anda temukan pada smartphone kelas menengah ke bawah.
Fitur terbaru yang pertama adalah, Fingerprint Censor yang bisa dimanfaatkan untuk keamanan dan bisa juga digunakan untuk Paypal Certified. Selain itu, disematkan juga Samsung Pay yang support dan bisa digunakan untuk Mastercard dan Visa Certified.

Fitur lainnya adalah wireless charging, S-Voice Natural Language Command and Dictation, Smart Stay, One Drive yaitu cloud storage gratis yang diberikan oleh Samsung sebesar 115 GB.
Kemudian terdapat juga Active Noise Cancellation With Dedicated Mic yang akan memudahkan kita saat melakukan panggilan telepon walaupun pada situasi atau kondisi yang ramai dan berisik.
Untuk sensor, yang disertakan diantaranya adalah, Accelerometer, Proximity, Gyro, Compass, Barometer, dan SpO2.