Xiaomi Redmi 3, Smartphone Murah Tapi Tidak Murahan

Xiaomi Redmi 3 adalah smartphone yang boleh dikatakan cukup murah namun tidak murahan karena dilengkapi dengan unibody aluminium serta layar IPS LCD capacitive touchscreen 5 inchi. Smartphone ini juga dibekali dengan prosesor octa-core dan kamera belakang 13 megapixels. Menilik baterainya yang yang cukup bertenaga karena disematkan baterai berukuran 4100 mah, smartphone ini merupakan pilihan tepat bagi kamu yang ingin berhemat namun tetap menginginkan smartphone dengan fitur yang lengkap.

Berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 3, versi Redmi 3 merupakan upgrade besar-besaran dari seri pendahulunya terutama dari segi layar serta casing body yang dahulunya hanya menggunakan plastik glossy kini menggunakan bahan logam sehingga tampak lebih premium dan berkelas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, smartphone ini juga mengandalkan hardware yang tidak biasa-biasa saja. Itu bisa dilihat dari adanya chipset Snapdragon 616 serta peningkatan RAM 2 kali lipat.

Berikut adalah spesifikasi dan fitur utama serta beberapa kelemahan dari Xiaomi Redmi 3

Smartphone ini memiliki spesifikasi yang cukup mentereng terlihat dengan adanya fitur utama seperti tersedia hybrid dual-SIM yang salah satunya bisa dimanfaatkan untuk digantikan dengan Micro-SD. Micro-SD yang bisa ditanamkan untuk mengekspansi memori internal bisa mencapai 128 GB.

Sedangkan di bagian layar, smartphone ini memang tidak memiliki resolusi yang terlalu tinggi. Resolusi yang dimilikinya hanya 720 x 1280 pixels yang dipadukan dengan antarmuka MIUI 7.0 dan sistem operasi Android versi 5.1 (Lollipop).

Berbicara mengenai teknologi jaringan, smartphone ini menggunakan jaringan GSM, CDMA, HSPA, EV-DO dan LTE. Konektivitas lain yang tersemat adalah bluetooth versi 4.1, tersedia juga infrared port, radio FM, Micro-SD versi 2.0 dan GPS.

Kemampuan smartphone ini melahap berbagai aplikasi termasuk multitasking yang semakin mulus tidak lepas dari adanya dukungan chipset Qualcomm MSM8939 V2 Snapdragon 616 dan dukungan CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Sedangkan untuk mendukung pengolahan grafis agar lebih maksimal, smartphone ini dibekali dengan Adreno 405 serta RAM 2GB. Tersedia memori internal hingga 16 GB dengan option kita bisa mengekspansinya menggunakan Micro-SD di salah satu slot sim-card yang tersedia.

Smartphone yang sudah dirilis pada bulan Januari tahun 2016 ini mengandalkan kamera belakang 13 megapixels dan kamera depan 5 megapixels. Beberapa fitur menarik yang lengkapi kehadiran Xiaomi Redmi 3 diantaranya adalah fast battery charging dan active noise cancellation with dedicated mic.

Harga Xiaomi Redmi 3 saat ini sekitar Rp. 2.1 jutaan.