Review, Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 (WIFI)

 Selain mengeluarkan versi LTE, Samsung juga mengeluarkan Tab yang memiliki bentang layar 9.7 inci dalam versi Wi-Fi only. Versi Wi-Fi only tentu saja akan sangat membantu bagi anda yang tidak memiliki banyak budget, banyak serta tidak membutuhkan fungsi telepon pada tablet.
Tablet keluaran tahun 2015 ini memang sedikit berbeda dibandingkan dengan tablet Samsung lainnya yang memiliki layar lebar. Aspek rasio layar Tablet 9.7 Wi-Fi adalah 4:3 dan memiliki resolusi 768 x 1024 pixels.

Dibandingkan dengan kompetitor, sebenarnya tablet ini boleh dikatakan sedikit overpriced. Hal tersebut bisa kita lihat dari spesifikasi yang diberikan, resolusi layar yang masih rendah serta bahan kontruksi body yang masih menggunakan plastik.

Namun bagi anda yang gemar membaca, sering browsing di internet dan sering mengetik, anda bisa memanfaatkan tablet ini. Ukuran layarnya yang cukup lebar, membuat kita nyaman menggunakannya. Selain itu Tab dari Samsung ini juga memiliki sudut pandang yang luas.
Saat digunakan untuk menonton video maupun menyaksikan foto, tablet ini sangat menyenangkan. Tidak hanya itu, tampaknya Samsung juga mencoba menjejali tablet ini dengan beberapa aplikasi agar bisa digunakan oleh anak-anak. Hal tersebut diketahui karena di dalam tablet ini sudah disertakan beberapa aplikasi khusus untuk anak-anak. Termasuk juga game.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy Tab A 9.7 (WIFI)

Kelebihan
l Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh tablet ini diantaranya adalah, menggunakan baterai dengan kapasitas 6000 mAh.
l Terasa ringan karena memiliki bobot hanya 450 gram.
l Memiliki layar yang cukup lebar, cocok digunakan untuk bekerja, baik mengetik atau membaca.
l Sudah menggunakan prosesor dengan jenis Quad-core berkecepatan 1.2 GHz.
l Sistem operasi-nya menggunakan versi terbaru dari Google yaitu Android versi 5.0 (Lollipop).
l Menyediakan slot untuk microSD up to 128 GB.
l Desain yang sangat tipis hanya 7.5 mm.

Kekurangan atau Kelemahan
Selain membawa beberapa keunggulan, tablet ini juga datang dengan beberapa kekurangan atau kelemahan seperti:
l Hanya menyediakan RAM 1.5 GB.
l Resolusi layar masih terlalu rendah.
l Begitu juga dengan kepadatan atau kerapatan pixels layar yang hanya 132 ppi.
l Tidak menyertakan Near Field Communication.
l Tidak ada fungsi telepon dan SMS.

Spesifikasi lengkap Galaxy Tab A 9.7 (WIFI)

1. Desain Body

Bahan yang digunakan untuk melapisi body tablet ini adalah plastik. Walaupun terlihat stylish dan menarik, namun saat dipegang, tablet ini terasa kurang kokoh dan murahan.
Tersedia beberapa pilihan warna seperti, Smoky Titanium, Smoky Blue dan White.
Secara estetika, semua tombol, baik tombol fisik maupun tombol kapasitif sangat mencarikan Samsung. Di bagian depan kita akan menemukan tombol Home di bagian bawah layar yang diapit dua tombol kapasitif yaitu Option dan Back. Beralih ke sebelah kanan, di sisi sebelah kanan kita akan menemukan tombol Power yang berada dibagian atas, kemudian dibawahnya ada tombol volume. Sedikit dibawah tombol volume, kita akan menemukan slot microSD.
Di bagian bawah, kita akan menemukan slot microUSB, speaker internal dan lubang untuk earphone jack 3.5mm.

Di bagian belakang, tablet ini menggunakan bahan yang memiliki finishing cukup baik sehingga ketika digenggam terasa oke dan memiliki grip yang bagus. Masih di bagian belakang, kita akan menemukan kamera berbentuk persegi dengan sudut membulat yang tidak ditemani dengan LED flash.
Dimensi Tablet
Ukuran tablet ini adalah, 242.5 x 166.8 x 7.5 mm. Beratnya hanya 450 gram. Dimensi body tablet ini tidak jauh berbeda dengan versi LTE. Namun beratnya hanya berbeda 3 gram lebih ringan dibandingkan LTE.

2. Layar Tablet

Bentang layar yang dimiliki 9.7 inci dengan resolusi 768 x 1024 pixels. Layar tersebut memiliki kerapatan pixels sebesar 132 ppi. Dengan resolusi dan kerapatan pixels yang tidak terlalu tinggi tersebut menyebabkan tablet ini tidak bisa dimasukkan ke dalam kategori tablet kelas menengah. Walaupun, sejatinya harga yang ditawarkan adalah untuk kelas menengah.

Layar tersebut juga tidak dilapisi dengan kaca dari Corning Gorilla Glass sehingga rawan tergores. Bagi anda yang berencana untuk membeli, sebaiknya menyertakan juga pembelian untuk plastik pelindung layar agar lebih aman.

Layar tablet ini memiliki aspek rasio 4:3 yang mungkin menjadi beberapa kelebihannya, terutama saat digunakan untuk membaca dan browsing. Namun, sekaligus sebagai kekurangannya saat digunakan untuk melihat foto dan gambar atau video untuk layar lebar.
Sudut pandang layar sudah cukup luas namun tidak memiliki kontras yang baik saat digunakan di bawah sinar matahari. Teknologi layar menggunakan TFT Capacitive Touchscreen dan terasa cukup responsif saat disentuh.

3. Spesifikasi Hardware

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jeroan untuk tablet ini tidak terlalu spesial mengingat tablet ini hanya dibenamkan prosesor Quad core yang memiliki kecepatan 1.2 GHz. Lebih parah lagi, tablet ini hanya dibekali RAM 1.5 GB.
Secara keseluruhan performa tablet tidak bisa diandalkan untuk menjalankan aplikasi berat atau game-game besar. Namun untuk penggunaan standar seperti membuka aplikasi ringan, baik itu Microsoft Word, browser dan lain-lain masih lancar-lancar saja. Begitu juga saat digunakan untuk multitasking, tablet ini memberikan respon yang sedikit lambat.

4. Memori Internal dan Eksternal

Untuk memori internal, versi Wi-Fi hanya diberikan 16 GB. Namun bagi anda yang merasa kurang dengan memori internal tersebut, bisa menambahakan microSD. Samsung telah menyediakan slot untuk microSD up to 128 GB.
Jika melihat spesifikasi memori internal tersebut, space yang diberikan sudah cukup luas untuk menyimpan berbagai aplikasi, data, foto, video dan juga audio.

5. Jaringan dan Koneksi

Sangat disayangkan memang apabila tablet ini tidak menyertakan teknologi jaringan GSM yang memungkinkan kita untuk menggunakannya di berbagai tempat. Walau demikian, mengingat harga yang ditawarkan serta fungsi tablet ini yang lebih ke arah multimedia dan untuk membaca, hal tersebut masih bisa dimaklumi.
Jadi, untuk mengakses internet, tersedia jaringan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dan beberapa konektivitas lain seperti Bluetooth versi 4.1, microUSB yang bisa digunakan untuk mentransfer data. Serta, tersedia juga GPS.

6. Kamera

Ukuran kamera dibagian belakang dan depan memiliki pixsel yang masih dalam batas-batas wajar atau standar. Kamera belakang menggunakan resolusi 5 MP (Megapixels) dan kamera depan hanya 2 MP (Megapixels).

Kamera belakang bisa digunakan untuk mengambil foto dan video. Apabila digunakan untuk mengambil foto, gambar yang dihasilkan maksimal memiliki resolusi 2592 x 1944 pixels. Kamera tersebut dilengkapi dengan Autofocus dan fitur Geo-tagging yang sayangnya tidak didukung dengan LED flash. Padahal, untuk mengambil gambar-gambar di ruangan yang minim cahaya kita sangat membutuhkan bantuan LED flash agar bisa menghasilkan foto dan video yang maksimal.
Kamera sekunder di bagian depan yang memanfaatkan resolusi 2 MP bisa digunakan untuk melakukan panggilan video menggunakan Skype atau beberapa aplikasi telepon yang support video, serta bisa juga digunakan untuk mengambil foto selfie.

Walaupun hasil yang diberikan tidak bisa dikatakan baik, namun kamera ini bisa diandalkan apabila digunakan di tempat-tempat yang terang, seperti di luar ruangan.

7. Sistem Operasi

Untungnya, tablet ini sudah hadir dengan sistem operasi terbaru dari Google yaitu Android versi 5.0 (Lollipop). Sistem operasi tersebut terasa sangat intuitif dan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan versi dibawahnya.
Kemampuan multitasking versi 5.0 sudah teruji dan memiliki manajemen memori yang baik. Belum ada kabar apakah tablet ini akan mendapatkan upgrade ke versi yang lebih tinggi seperti versi 5.1 atau versi 6.0 marshmallow.

8. Baterai

Khusus untuk baterai, Samsung patut diacungi jempol karena menyebabkan baterai non-removable Li-ion berukuran 6000 mAh.
Tentu saja dengan baterai sebesar itu tablet ini bisa digunakan untuk mendengarkan musik hingga 160 jam. Tidak hanya itu, apabila digunakan untuk melakukan panggilan video dan terkoneksi dengan internet, tablet ini bahkan bisa bertahan lebih dari 15 jam.
Apabila digunakan untuk menonton film, tablet ini bisa bertahan hingga 14 jam.

9. Harga Galaxy Tab A 9.7 (WIFI)

Melihat spesifikasi yang diberikan, tablet ini memang terasa sedikit mahal. Walau demikian, beberapa kelebihan lainnya juga patut dihargai. Di pasaran, tablet ini dilepas dengan harga $219.99. Atau setara dengan Rp. 3 jutaan.