Review, Spesifikasi, dan Harga Xiaomi Redmi Note 3

Kelebihan Xiaomi Redmi 3 diantaranya adalah memiliki desain yang elegant karena sudah dibalut dengan metal walaupun tidak di keseluruhan bodynya. Terdapat baterai yang cukup besar dan bisa bertahan hingga berhari-hari. Bahkan jika kita mengaktifkan semua sosial media dan Messenger mulai dari Facebook, Twitter, Path, Instagram, BBM, WhatsApp, dan lain-lain, smartphone ini akan mampu bertahan hingga seharian penuh. Selain itu, keunggulan Xiaomi Redmi 3 Pro terletak pada pemindai Sidik jarinya yang sangat cepat.

Namun disamping kelebihannya tersebut, tentu saja ada beberapa kelemahan yang dimilikinya. Diantara kekurangan Xiaomi Redmi 3 adalah, tidak ada near field communication, kameranya biasa-biasa saja walaupun memiliki megapixel yang cukup besar yaitu 13 megapixel, dan tidak ada yang spesial di bagian layar.

Fitur utama smartphone ini diantaranya adalah, layar dengan ukuran 5.5 inches, didukung Dual SIM card, pilihan ruang penyimpanan 16 dan 32GB, pemindai sidik jari, RAM 2GB, sistem operasi Android 5.0 dan harga Xiaomi Redmi Note yang murah sekitar 2,2jt hingga 3 jutaan.


Review dan spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3



Xiaomi Redmi Note 3 memiliki layar yang cukup lega, merupakan sebuah smartphone murah dan diproduksi oleh salah satu vendor dari China. Perusahaan tersebut dikenal dengan julukan Apple dari timur karena kemiripan produk-produk yang mereka keluarkan dengan produk Apple. Tidak hanya menawarkan smartphone dengan harga murah, namun vendor Xiaomi juga menawarkan smartphone dengan kualitas yang baik serta fitur yang cukup lengkap.

Pada awalnya, vendor asal China ini menawarkan smartphone yang fokus pada kelas low-end. Namun akhir-akhir ini, smartphone yang dikeluarkan oleh Xiaomi sudah mulai merambah ke kelas menengah dan kelas atas. Walau demikian, harga yang ditawarkan tetap sangat murah.

Xiaomi Redmi Note 3 adalah salah satu smartphone low-end yang memiliki spesifikasi mumpuni dan Harga sangat murah. Smartphone ini memiliki tampilan yang elegan dengan fitur-fitur premium. Sebut saja body logam, pemindai sidik jari, layar IPS 5,5 inches, prosesor Octa-core MediaTek helio x10 yang terkenal sangat cepat, dan lain-lain.


Desain Xiaomi Redmi Note 3



Saya sendiri pernah menggunakan Xiaomi Redmi Note 2. Smartphone tersebut memiliki kualitas yang cukup memadai untuk disandingkan dengan smartphone kelas menengah lainnya. Smartphone tersebut masih dibalut bahan plastik yang membuatnya tampak murahan. Namun tetap memiliki desain yang ramping dan menarik. Jika dibandingkan dengan adiknya, Xiaomi Redmi Note 3, tentu desain yang dimiliki jauh lebih baik karena balutan metal walaupun tidak di seluruh bodynya terutama di bagian atas dan bawah yang masih dibalut dengan bahan plastik namun terlihat cukup menyatu.

Xiaomi Redmi Note 3 memiliki desain yang unik, di bagian sisinya didesain secara membulat sehingga cukup nyaman saat digenggam. Begitu juga dengan penempatan tombol-tombol yang sangat tepat yang secara alami akan membuat tangan kita berada di sana sehingga tidak terkesan terlalu dipaksakan.

Tombol power berada di sisi sebelah kanan bersama dengan tombol volume. namun tombol power diletakkan di bagian bawah dari tombol volume atau tepatnya di tengah-tengah sehingga cukup mudah untuk dijangkau terutama dengan jari bagian tengah. Begitu juga dengan pemindai sidik jari (finger scanner), yang diletakkan dibagian belakang tepat di bawah kamera 13 megapixel. Lokasi penempatan fingerprint tersebut sama seperti yang kita temukan pada Smartphone LG G5 dan Nexus 5X, lokasinya sangat strategis dan hampir tidak membutuhkan usaha untuk meletakkan jari dengan tepat.

Saat kita mengambil telepon di atas meja atau dari kantong, secara alami jari kita akan langsung berada di bagian atas fingerprint sensor tersebut. Pemindai tersebut bisa kita manfaatkan untuk membuka telepon tanpa harus memasukkan PIN, menggambar pola dan lain-lain. Satu-satunya kelemahan dari fingerprint scanner yang diletakkan di bagian belakang adalah, tentu saja kita tidak bisa mengaktifkan smartphone pada saat diletakkan diatas meja terutama ketika smartphone menghadap ke atas. Jadi, satu-satunya cara untuk mengaktifkan telepon ketika menghadap ke atas dan saat diletakkan di atas meja adalah dengan menekan tombol power dan memasukkan PIN atau pola tertentu sesuai dengan settingan kita.

Smartphone ini menyertakan lubang handphone 3,5 mm, menyertakan infrared blaster yang bisa kita manfaatkan untuk banyak hal seperti, untuk mengganti channel televisi dan lain-lain.

Di sisi yang berlawanan, kita akan menemukan sim-tray. Slot simcard tersebut bisa dikeluarkan dengan alat khusus. Dua slot simcard yang tersedia, salah satunya bisa diisi dengan SD-card

Di bagian bawah, terdapat USB-Type C yang bisa kita manfaatkan untuk mentransfer data dengan kabel ke komputer, sekaligus sebagai untuk charging.


Display Xiaomi Redmi Note 3



Xiaomi Redmi Note 3, sesuai dengan namanya merupakan phablet yang memiliki layar 5.5 inches berjenis IPS dengan resolusi 1920 x 1080 pixels. Kepadatan pixel-nya mencapai 403 ppi. Replika warna yang ditampilkan beserta kontraksi yang dimiliki oleh layar smartphone ini sangat baik. Hanya saja pada saat layar di setting dengan kecerahan yang tinggi, warna yang ditampilkan tampak tidak maksimal. Layar ini juga sangat sulit diandalkan ketika kita menggunakannya di bawah sinar matahari terik terutama pada siang hari.

Kelemahan lain yang dimiliki oleh layar smartphone ini adalah, tidak dilindungi dengan Corning Gorilla Glass. Namun tampaknya, Xiaomi sudah membekali smartphone ini dengan perlindungan tertentu yang memiliki kualitas tidak jauh berbeda dengan Corning Gorilla Glass. Hal tersebut dibuktikan dari beberapa pengujian yang dilakukan oleh beberapa orang yang mencoba menggores layar smartphone tersebut dengan menggunakan benda benda keras dan benda tajam.


Kinerja, speaker dan kualitas panggilan Xiaomi Redmi Note 3



Redmi Note 3 hadir dalam dua versi. versi yang pertama menggunakan prosesor MediaTek Helio X10 dan yang kedua menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 650. Sedangkan di sini kita mereveiw Xiaomi Redmi Note 3 dengan chipset MediaTek. Smartphone ini hadir dengan dua pilihan ruang penyimpanan yaitu 16GB dengan RAM 2GB serta memori internal 32GB yang dipadukan dengan RAM 3GB.

Antarmuka yang digunakan pada home screen adalah MIUI. User interface tersebut terkenal sangat cepat. Baik processor dan software bisa bekerja sama dengan cukup memuaskan. Sebagai pengujian, dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus (multitasking) smartphone ini hampir tidak memiliki kendala apapun. Semuanya tampak berjalan cukup lancar tanpa adanya lag.

Seperti kebanyakan perangkat keluaran Xiaomi, smartphone ini juga hadir dengan beberapa pengaturan untuk menghemat daya, untuk meningkatkan performa dan lain-lain.

Benchmark yang dimiliki oleh smartphone ini juga cukup memuaskan. Menurut Geekbench 3 Benchmark, Xiaomi Redmi Note 3 memiliki performa yang menjanjikan dengan skor 4658. Sangat mirip dengan Samsung Galaxy S6 yang memiliki skor 4108. Resolusi layar yang tidak terlalu tinggi tentu saja membuat smartphone ini berlari lebih kencang.

Speaker yang dimiliki oleh smartphone Xiaomi Redmi Note 3 cukup menjanjikan. Speaker tersebut mampu mengeluarkan suara yang cukup nyaring Sekalipun kita berada di tempat yang ramai. Namun kelemahannya, stiker tersebut kurang 4. Cenderung cempreng karena mengeluarkan suara treble yang keras. Namun menurut saya, kualitasnya cukup baik.

Saat melakukan panggilan, kualitas audio yang diberikan juga sangat jernih. Tidak heran karena smartphone ini dibekali dengan Mic Noise Cancellation.

Bagian akhir dari review ini, Saya ingin berbicara mengenai beberapa kemampuan yang dimiliki oleh smartphone ini dan beberapa fitur yang disertakan.


Review fitur dan dukungan jaringan Xiaomi Redmi Note 3



Redmi Note 3 mendukung jaringan 4G. Menggunakan SIM card berjenis Nano-SIM.

Ponsel Xiaomi ini menggunakan sistem operasi Android yang sudah dicustomisasi. Tampilannya sangat mirip dengan iOS milik Apple. MIUI yang digunakan adalah versi 7.

Harga Xiaomi Redmi Note 3 16GB paling murah sekitar Rp. 2,2 jutaan. Sedangkan versi 32GB ada yang dilepas dengan harga paling murah Rp. 2,3 jutaan. Namun secara umum, harga Xiaomi Redmi 3 berkisar antara 2,2 juta hingga Rp. 3.000.000 tergantung dari besarnya memori internal dan chipset yang digunakan.