Spesifikasi, Desain, harga dan review Samsung Galaxy A7 2016

Samsung Galaxy A7 adalah smartphone kelas menengah yang memiliki desain cukup memuaskan namun dijual dengan harga yang tidak masuk akal. Samsung Galaxy A7 versi tahun 2016 merupakan salah satu flashgrip Samsung yang dilengkapi dengan pemindai sidik jari, layar berteknologi Super AMOLED, kamera 13 megapixel, prosesor Qualcom-Snapdragon/Exynos Octa-core, RAM 3GB, baterai yang cukup besar, berkapasitas 3300 mAh, dan menggunakan body berbahan metal.

 Secara garis besar, Galaxy A7 versi tahun 2016 memiliki beberapa keunggulan. Diantara kelebihan Galaxy A7 adalah, dibangun dengan bahan premium berupa logam dan kaca. Layarnya mampu menampilkan warna-warna natural yang tajam dan dengan kontras tinggi. Tersedia mode fast battery charging yang memungkinkan kita untuk mengisi baterai dalam waktu singkat.

Baterainya juga sangat besar sehingga mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama. Selain itu, bloatware (software bawaannya) juga hanya sedikit jadi tidak terlalu banyak makan memori internal. Disediakan juga slot microSD yang bisa kita manfaatkan untuk memperluas memori internal, tidak tanggung-tanggung maksimal hingga 64GB. Namun di samping kelebihan yang dimiliki oleh smartphone ini, ada juga beberapa kekurangannya.

Contohnya, kekurangan Samsung Galaxy A7 yang pertama adalah, kadangkala kinerjanya terasa sangat lambat terutama apabila kita melakukan multitasking dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus. Walaupun kameranya memiliki megapixel yang cukup besar, jika melihat harga yang ditawarkan untuk smartphone ini yang berkisar antara 5,9 hingga 6,4 jutaan, kamera tersebut masuk kelas medioker. Begitu juga dengan memori internal yang ditawarkan, hanya 16 GB saja. Jika melihat harganya, Kita patut berharap Samsung akan memberikan memori internal sebesar 32GB.

Kelemahan yang sudah pasti adalah harganya yang overprice. Secara sederhana, smartphone ini sebenarnya menawarkan desain dengan kualitas mumpuni yang terlihat sangat elegan dan berkelas serta sangat sulit. Namun jika melihat beberapa smartphone pesaing, apa yang ditawarkan oleh Samsung terkesan mengecewakan. Mengingat banyak pesaing yang saat ini sudah menggunakan desain logam di seluruh body smartphone serta berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan kinerja yang memuaskan terutama karena dibekali dengan hardware yang besar.

Desain Galaxy A7 2016


Berbicara mengenai desain, tidak diragukan lagi apabila smartphone ini memang sangat menggoda. Terlihat berkelas dan elegant. Desainnya mirip-mirip dengan Galaxy S6. Yang memiliki sudut membulat serta tampilan yang premium. Di bagian depan maupun belakang, smartphone ini dilapisi dengan kaca yang sangat halus dan dibingkai dengan logam. Karena di desain dan dilindungi dengan lapisan kaca baik di depan maupun belakang, smartphone ini jadi sedikit licin lebih-lebih jika kita menganggapnya dengan tangan yang berkeringat.

Namun keunggulannya, dengan adanya pelindung kaca tersebut, smartphone ini tidak akan mudah kotor dan tidak mudah meninggalkan sidik jari. Tidak ada perubahan yang berarti pada smartphone ini dibandingkan dengan ponsel-ponsel keluaran Samsung lainnya. Tombol power dan tombol volume diletakkan di sebelah kanan dan kiri. Tombol-tombol tersebut menggunakan logam yang terasa mantap saat ditekan. Di bagian depan, terdapat pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol home. Kemudian di bagian bawah, terdapat jack 3,5 mm untuk handphone dan port microUSB serta speaker tunggal.

 Samsung Galaxy A7 tahun 2016 menggunakan layar berukuran 5,5 inci. Beratnya mencapai 172 gram. Terasa sangat berat apabila kita menggunakannya dalam waktu yang sangat lama. Berbicara mengenai layar, smartphone ini menggunakan teknologi Super AMOLED dengan resolusi 1920 x 1080 pixel. kepadatan pixelsnya mencapai 401 ppi. Dengan layar Super AMOLED, kepuasan dalam menonton film maupun melihat gambar Begitu Terasa. Gambar yang dihadirkan sangat tajam terlihat natural dan memiliki sudut pandang yang luas. Tidak heran apabila smartphone ini cukup nyaman dimata saat digunakan membaca teks, menonton video bermain game, atau browsing di web.

Spesifikasi Galaxy A7 2016


Dibalik casing-nya, tersimpan chipset Octa-core Qualcomm Snapdragon 615. Prosesornya memiliki kecepatan 1,5 GHz yang didukung pengolah grafis dari Adreno 405. Di bagian penyimpanan sementara, tersemat RAM 3GB. Dengan hardware yang mumpuni tersebut, smartphone ini mampu menghadirkan pengalaman menggunakan smartphone yang memuaskan. Digunakan untuk browsing, multitasking, bermain game-game berat terasa tanpa kendala. Walaupun sesekali akan kita temukan lag pada animasi antarmuka smartphone ini.


Kamera


Masih belum bisa menghilangkan tonjolan kamera pada smartphone mereka, Samsung juga masih menampilkan hal yang sama di Galaxy A7. Kamera di bagian belakang yang menonjol tersebut memiliki resolusi 13 megapixel. Kamera tersebut mampu merekam video 4K. Namun sayangnya tidak disertakan fitur seperti YouTube streaming dan Auto HDR. Sayang sekali, camera ini tidak mampu menghasilkan gambar maksimal. Kamera tersebut tampaknya biasa-biasa saja. Sedangkan di bagian depan, Samsung memberikan kamera 5 megapixel f/2.2 23mm. Yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil video dengan resolusi maksimal 1080p.


Konektivitas dan fitur


Galaxy A7 hadir dengan beberapa konektivitas seperti near field communication, mendukung jaringan 4G LTE, HSPA +, bluetooth v4.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, GPS, radio FM, microUSB v2.0, fitur sensor seperti accelerometer, compass, dan lain-lain.


Harga Samsung Galaxy A7 2016


Di Indonesia saat ini, harga Samsung Galaxy A7 berkisar antara 5,9 juta hingga 6,4 jutaan.