Apa Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy On7

Jika kamu tertarik untuk mencari smartphone kelas menengah dari Samsung yang harganya sekitar dua setengah (2,5) jutaan atau hape Samsung dibawah 3 juta, kamu bisa memilih smartphone Galaxy on series. Yang saya rekomendasikan adalah Samsung Galaxy On7 yang memiliki layar HD berukuran 5,5 inci dan dilengkapi dengan jaringan LTE serta hardware berupa Snapdragon 410 dan RAM 1,5 GB. smartphone ini sudah menggunakan sistem operasi Android v5.0 (Lollipop).

Di pasaran, harga Galaxy On7 sekitar 2,6 jutaan. smartphone ini memiliki desain yang cukup baik dengan layar TFT berukuran 5.5 inci. Layar tersebut mampu menampilkan resolusi maksimal 1280 x 720 pixels dengan kepadatan 267ppi. Secara keseluruhan, layar ini memiliki sudut pandang yang cukup lebar dan mampu menampilkan kualitas gambar yang baik.



Untuk desainnya sendiri, smartphone ini tidak jauh berbeda dengan smartphone keluaran Samsung pada umumnya. Di bagian depan terdapat kamera 5 Megapixel yang dilengkapi dengan beberapa sensor. Sedangkan tombol-tombol fisik lainnya secara umum berada di tempat yang sama dan tidak jauh berbeda dengan smartphone Samsung yang lainnya. Di sebelah kanan terdapat tombol pisik untuk power dan lock sedangkan di sebelah kiri terdapat tombol fisik untuk volume. Di bagian bawah terdapat lubang jack 3,5 mm dan port untuk mengisi ulang.

Di bagian belakang terdapat kamera dengan sudut membulat yang memiliki sensor 13 megapixel dan ditemani LED flash serta loudspeaker di sebelah kanan.

Cover penutup panel bagian belakang menggunakan plastik yang diberikan tekstur kulit imitasi ditambah faux-leather sehingga terasa cukup nyaman saat digenggam. Di bagian sisinya terdapat frame berwarna chrome mengkilat terasa sangat halus ketika disentuh.

Kualitas layar dan multimedia Galaxy On7

smartphone ini apabila dimanfaatkan untuk menonton video rasanya cukup nyaman mengingat layarnya yang lebar berukuran 5,5 inci, serta tampilan HD yang dimilikinya juga merupakan nilai lebih. Saat dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, layar smartphone ini tetap bisa menampilkan warna yang cukup baik. Walaupun terjadi penurunan kualitas ketika dilihat dari sudut pandang yang lebih extreme.

Walaupun memiliki sejumlah kelebihan di bagian tampilan layar, bukan berarti smartphone ini tidak datang dengan kekurangan. Salah satu yang saya catat sebagai kekurangan Samsung Galaxy On7 adalah tidak adanya fitur “auto brightness.” Tentu ketidakhadiran fitur yang sangat penting ini terasa mengecewakan karena smartphone ini dikeluarkan pada tahun 2016, lebih-lebih dengan harga 2,5 jutaan.

Selain mampu menampilkan gambar yang memukau, sebenarnya smartphone ini juga hadir dengan speaker yang cukup baik. Suara treble dan bass yang dihasilkan cukup keras dan maksimal.

User interface dan aplikasi

Sistem operasi yang digunakan oleh Galaxy On7 adalah Android v5.1.1 (Lollipop) . Tidak lupa antarmuka khas Samsung (TouchWiz) yang sangat mudah untuk dioperasikan. Walaupun saya yakin bahwa tidak semua orang akan menyukainya. Namun seperti kebanyakan smartphone yang menggunakan sistem operasi Android lainnya, antarmuka ini bisa diganti dengan menginstal launcher dari Playstore.

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang disematkan pada smartphone ini ketika pertama kali dihadirkan diantaranya adalah, Planner S, Smart Manager, dan lain-lain.
Kelemahan Samsung Galaxy On7 lainnya adalah kurangnya kapasitas penyimpanan internal yang tersedia. Samsung Galaxy On7 hanya hadir dengan memori internal 8 GB. Jika dikurangi dengan sistem operasi, maka ruang yang tersedia untuk digunakan hanya 4,54 GB. Tentu saja ini merupakan jumlah yang terlalu kecil bagi kamu yang suka merekam video atau mengambil gambar dengan menggunakan kamera.

Untungnya, smartphone ini sudah dibekali dengan dukungan kartu microSD dan USB on the go.

Kamera Samsung Galaxy on 7

Kualitas kamera smartphone Samsung Galaxy On7 baik di bagian belakang maupun di bagian depan mampu menghasilkan foto yang tajam dan memuaskan. Begitu juga dengan kualitas rekaman yang diberikan.

Hasil Kamera Samsung Galaxy On7


Namun disamping kualitasnya yang cukup bagus ketika mengambil foto di luar ruangan, kamera Galaxy On7 terasa kurang maksimal saat digunakan di ruangan yang minim cahaya. Begitu juga dengan auto fokusnya yang terkesan lambat.

Beberapa fitur menarik yang disertakan untuk kamera Galaxy On7 diantaranya adalah: fitur auto, panorama, continuous, beauty face, dan lain-lain.

Nilai benchmark Galaxy On7

Mengandalkan chipset besutan Qualcomm Snapdragon 410 dengan clock 1.2 GHz yang dipadukan dengan grafis Adreno 306 membuat smartphone ini mampu bekerja maksimal untuk menjalankan berbagai aplikasi berat walaupun RAM-nya tidak terlalu besar. Hasil benchmark dari Galaxy On 7 adalah:
  • Galaxy On7 di AnTuTu: 27.812
  • 3D mark: 52
  • Kuadran standar: 14.860
  • PC mark: 3.927

Daya tahan baterai Galaxy On7

Smartphone ini hadir dengan baterai 3000 mAh. Dengan penggunaan standar, smartphone mampu bertahan cukup lama antara satu hingga satu setengah hari. Untuk memutar video tanpa mengaktifkan jaringan internet, dengan brightnes 50%, smartphone mampu bertahan hingga 11 jam lebih.

Kesimpulan Galaxy On7

Jika anda mencari sebuah smartphone kelas menengah kebawah, rasanya Galaxy On7 cukup bisa diandalkan. Mulai dari layar, kamera, termasuk juga konektivitas LTE yang dimilikinya. smartphone ini dibekali dengan dual-SIM kartu. Harganya berkisar antara 2,5 juta hingga 2,7 jutaan. Jika anda tidak menyukai smartphone ini, alternatif lain yang bisa anda beli adalah Asus Zenfone 2 Laser 5.5S (ze550kl) tentunya dengan ruang penyimpanan dan memori yang lebih besar. Saingan terberat lainnya adalah infinix Note 2 dengan layar 6 inci, RAM 2GB dan memori internal 16GB. Perlu di catatat, Infinix Note 2 hadir dengan baterai berukuran 4000 mAh.

Spesifikasi Samsung Galaxy On7

  • Layar: 5.5 inci berjenis TFT HD 720 x 1280 pixels
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 410 1.2 GHz
  • RAM: 1.5 GB
  • GPU: Adreno 306
  • Memori internal: 8GB (tersedia slot untuk microSD up to 256GB
  • Kamera belakang: 13 megapixel
  • Kamera depan:5 megapixel
  • Jaringan LTE: Ya (dual sim card standby)
  • WiFi: 802.11 b / g / n
  • Bluetooth: 4.1
  • Sistem operasi: Android 5.1.1 Lollipop
  • Baterai: 3000 mAh
  • Dimensi: 151.8 x 77.5 x 8.2 mm (172 gram)
.