Smartphone Terbaik Harga 2 Jutaan dengan Baterai Besar 4000mAh

Ketika menginginkan sebuah smartphone sebagai gadget untuk dibawa sehari-hari dan diandalkan dalam berbagai situasi, sudah pasti kamu menginginkan sebuah gadget yang bagus, terlihat menarik, nyaman untuk digenggam, dan bisa diandalkan.

Sejak pertama kali smartphone dikeluarkan, satu hal yang membuat kita begitu gemas saat menggunakannya adalah karena baterainya yang begitu cepat terkuras, tidak seperti feature phone yang baterainya cukup awet dan bisa bertahan berhari-hari.

Xiaomi Redmi 3 Pro - Image source GSMarena.com


Sebenarnya, hal tersebut tidak lepas dari adanya layar besar yang dimiliki oleh smartphone, karena layar tresebut adalah salah satu komponen yang paling banyak membutuhkan energi selain karena spesifikasi hardware yang dibawa oleh smartphone itu sendiri.

Ukuran baterai yang biasa-biasa saja atau tergolong kecil membuat banyak smartphone hanya mampu bertahan beberapa jam apabila digunakan terus-menerus, apalagi jika harus dipaksa bermain game.

Kelemahan tersebut perlahan namun pasti mulai diantisipasi oleh sebagian besar vendor dengan memberikan baterai berukuran besar pada smartphone mereka.

Yang terbaru, saat ini rata-rata smartphone berlayar 5 inci, 5,5 inci, dan 6 inci ditawarkan dengan baterai berukuran minimal 3000mAh hingga 4000mAh. Bahkan ada yang lebih.

Dengan baterai yang lumayan besar, tentu kita tidak akan lagi harus terpaksa mengikuti beberapa tips menghemat baterai smartphone dengan mematikan beberapa fitur. Padahal, fitur-fitur tersebut merupakan fitur-fitur yang seharusnya tetap hidup dan memang dibutuhkan. Apabila fitur-fitur tersebut mati, maka smartphone akan tidak jauh berbeda dengan featurphone, nggak asik banget kan?

Ya, mematikan berbagai fitur pada smartphone seperti GPS, WiFi, dan menurunkan tingkat kecerahan layar hingga ke yang paling rendah kadangkala sangat mengganggu dan terasa tidak nyaman. Apalagi jika harus dipaksa mematikan jaringan internet (data) yang seringkali membuat kita mati gaya karena tidak bisa online.

Menenteng powerbank kemana-mana bukan solusi yang menarik mengingat sebagian besar powerbank bobotnya berat dan ukurannya tidak bisa dikatakan kecil, benar-benar merepotkan dan enggak gaya sama sekali.

Tentu kejadian-kejadian tersebut akan sangat menyebalkan jika harus dilakukan saat kita sendang asyik-asyiknya main atau pas lagi online. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mencari smartphone berharga murah namun yang memiliki baterai cukup besar, ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba. Diantaranya adalah:

Asus Zenfone 3 Max

Smartphone dengan baterai besar berharga murah sekitar 2 jutaan adalah Asus Zenfone 3 Max yang diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2016. Smartphone ini bisa kamu andalkan karena spesifikasinya cukup mumpuni selain memiliki desain yang menggoda, mengingat smartphone ini sudah dibalut dengan cover berbahan metal.

Selain itu, smartphone ini memiliki kamera yang lumayan bisa diandalkan yaitu 13 megapiksel di bagian belakang dan 5 megapixel untuk kamera selfie di bagian depan.

Berikut adalah spesifikasi singkat smartphone Asus Zenfone 3 Max ZC520TL.
  • Jaringan: GSM garis miring LTE
  • Tebal body: 8.6 mm dengan berat 148 gram
  • Ukuran layar: 5.2 inchi tanpa pelindung Corning Gorilla Glass
  • Resolusi layar: 720 x 1280 pixels (282 ppi pixel density)
  • Sistem operasi: Android versi 6.0.1 (Marshmallow) Chipset: Mediatek MT6737M
  • Cpu: Quadcore 1.25 GHz Cortex-A53
  • Gpu: Mali-T720mp2
  • Memori internal: 16 dan 32 GB
  • RAM: 2 GB atau 3 GB
  • Kamera: Belakang 13 megapixel, kamera depan 5 megapixel
  • Fingerprint sensor: Ya
  • Baterai: 4130 mAh

Xiaomi Redmi Note 3

Xiaomi Redmi Note 3 adalah smartphone lain berharga dua jutaan yang mengandalkan baterai besar 4050 mAh. Smartphone ini tidak hanya memiliki baterai yang besar namun juga dibekali kamera yang cukup mumpuni. Kamera di bagian belakang sebesar 16 megapiksel dan kamera depan 5 megapixel.

Hal menarik lainnya yang dibawa oleh Xiaomi Redmi Note 3 adalah ukuran RAM yang mencapai 3 GB. Namun ada juga mode standar yang dilepas dengan memori 2 GB yang dipadukan dengan memori internal sebesar 16 GB. Kemudian chipset yang digunakan adalah Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650. Tidak tanggung-tanggung, processor yang disematkan pada smartphone ini memiliki 6 inti (hexacore).

Fitur unggulan yang dibawa oleh smartphone ini diantaranya adalah: fingerprint sensor, fast battery charging, dan usb on the go.

Dibandingkan dengan Asus Zenfone Max, Xiaomi Redmi Note 3 memiliki layar dan resolusi yang lebih besar yaitu berukuran 5.5 inchi dengan resolusi 1080 x 1920 pixels.

Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android versi 5.1.1 (Lolipop). Smartphone ini sedikit lebih berat dibandingkan dengan Zenfone 3 Max. Berat Xiaomi Redmi Note 3 mencapai 164 gram. Tampaknya masih wajar mengingat smartphone ini berukuran lebih besar dibanding Zenfone 3 Max. Namun ketebalannya tidak jauh berbeda dengan Asus Zenfone 3 Max.

Selain kedua smartphone di atas, sebenarnya masih ada beberapa smartphone lainnya yang memiliki baterai 4000mAh dengan harga 2 jutaan bahkan ada yang kurang dari 2 juta. Salah satunya adalah Xiaomi Redmi 3.
Itulah 2 smartphone terbaik berharga 2 jutaan yang saat ini bisa kamu beli di tokoh-tokoh yang menjual gadget (smartphone) baik offline maupun online.

Tips Membeli Smartphone

Yang perlu kamu tahu, kadangkala, ada beberapa toko baik konvensional maupun yang online yang menjual produk tanpa garansi resmi sehingga harganya jauh lebih miring. Biasanya perbedaannya mencapai Rp.500 ribuan. Walaupun dihargai jauh lebih murah, ada beberapa keuntungan dan kerugian membeli smartphone yang tidak memiliki garansi resmi.

Kerugiannya adalah, apabila smartphone tersebut rusak atau memiliki masalah, kamu tidak akan bisa mengklaim garansi untuk digantikan dengan smartphone baru. Sedangkan smartphone dengan garansi resmi memungkinkan kamu untuk menukarnya apabila terjadi masalah atau kerusakan.

Keuntungan membeli yang tidak resmi adalah harganya yang sangat miring. Namun pada intinya, kedua smartphone tersebut dikeluarkan oleh vendor yang sama dan memiliki kualitas yang juga setara.