Harga, Spesifikasi, dan Review Smartphone Asus Zenfone 3 Delux

Tidak seperti awal-awal ketika pertama kali memunculkan smartphone (Zenfone 4 dan 5), Asus perlahan namun pasti mulai merambah kelas menengah ke atas. Hal tersebut ditandai dengan meluncurnya seri Zenfone 2 dan kemudian diikuti Zenfone 3. Salah satu yang paling menarik untuk dibahas adalah Asus Zenfone 3 Deluxe yang dianggap sebagai salah satu pesaing Galaxy Note 7 dan iPhone 7. Namun seperti yang kita tahu bahwa, Samsung Galaxy Note 7 saat ini nasibnya cukup mengenaskan karena adanya kasus baterai yang seringkali meledak.

from asus.com


Untuk mengetahui lebih detail kelebihan dan kekurangan Zenfone 3 Deluxe, kamu bisa melihat review-nya berikut ini.


Unboxing Asus Zenfone 3 Deluxe

Di dalam kemasan Asus Zenfone 3 Deluxe terdapat speaker mini Zenear, adaptor quick charging versi 3.0, kabel USB type-C, dan beberapa buku panduan.


Desain dan kualitas cover Zenfone 3 Delux

Tidak seperti desain Zenfone pada umumnya, Zenfone 3 Deluxe menggunakan bahan metal dan frame yang sangat tipis di bagian sisi atas, bawah, dan samping kiri-kanan. Benar-benar terlihat sangat elegan dan menarik. Sehingga, tidak hanya spesifikasi di bagian dalamnya saja yang menjadi daya tarik, melainkan desain di bagian luarnya juga cukup menggoda.

Keseluruhan body smartphone dilapisi dengan logam berbahan aluminium yang halus dengan tepian mengkilat.

Di bagian belakang cover-nya terasa cukup mantap saat digenggam walaupun menggunakan finishing mengkilat yang seringkali meninggalkan sidik jari. Smartphone ini memiliki kamera belakang yang sedikit terlihat menonjol. Secara keseluruhan, smartphone terasa tidak begitu licin, berbodi ramping dan sedikit runcing di bagian sisinya.

Panel di bagian depan smartphone ini terkesan kokoh dan mahal. Sehingga membuat penampilannya secara keseluruhan terlihat elegan dengan pelindung berupa Corning Gorilla Glass 4. Tombol kapasitif-nya juga sudah dilengkapi backlit.

Beberapa hal lain yang perlu kamu tahu diantaranya adalah, smartphone ini memiliki beberapa fitur eksterior seperti lampu LED, USB type-C, USB versi 3.0, dan tetap menghadirkan slot untuk audio jack 3,5 mm tidak seperti iPhone 7 yang sudah meniadakan fitur ini (slot audio jack 3.5 mm).

Smartphone ini juga hadir dengan garis-garis antena, hanya saja garisnya yang sangat tipis membuat garis antena tersebut hampir tidak terlihat di pinggir body. Jadi kamu tidak akan melihat garis-garis antena yang sangat seperti pada HTC 10 atau iPhone 7.

Kualitas layar Asus Zenfone 3 Deluxe 100 smartphone ini membawa layar quad HD dengan resolusi 1080p. Bentang layar yang dimilikinya adalah 5,7 inci dengan teknologi Super AMOLED. Akan tetapi, jika melihat pixel density atau dpi yang dimilikinya, smartphone tidaklah begitu spektakuler. Tingkat kejelasan dan kecerahan layar saat digunakan di luar ruangan sangat khas AMOLED, terang dan jernih.


Kualitas kamera Zenfone 3 Deluxe

Sebagai smartphone kelas atas, wajar apabila smartphone ini dibekali dengan kamera yang cukup bagus yaitu 23 megapiksel di bagian belakang. Dilengkapi dengan face detection, laser focus, OIS, phase detection, dan mampu merekam video dengan resolusi 4K.


Menggunakan kamera ini di luar ruangan maupun di dalam ruangan, sama-sama bagus. Kualitas foto yang dihasilkan jauh di atas rata-rata dengan sensor yang sangat dinamis, warna yang dihasilkan secara keseluruhan memuaskan dan tajam.

Sedangkan di bagian depan, kamera yang disematkan hanya 8 megapixels dengan sudut yang cukup luas dan kualitas memuaskan. Asus membekali kamera depan smartphone ini dengan berbagai fitur menarik seperti: soft skin toning forcing, beauty mode, dan lain-lain.

Hasil kamera depan Zenfone 3 Deluxe


Performa Asus Zenfone 3 Deluxe

Di bagian dalam, smartphone ini dibekali dengan chipset Snapdragon 820, RAM 6 GB dan memori internal 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Skor AnTuTu Asus Zenfone 3 Deluxe


Baterai dan charger

Asus Zenfone 3 Deluxe memiliki baterai 3000 mAh berjenis non-removable. Untuk penggunaan biasa, smartphone mampu bertahan hingga 28 jam dalam kondisi jaringan Wifi dan jaringan data seluler hidup. Dalam pengujian, Zenfone 3 Delux bisa mengisi baterai dari 0% hingga 100% dalam waktu sekitar 1 jam 20 menit.


Kualitas audio

Zenfone 3 Deluxe dibekali dengan speaker mono memiliki suara bass yang sangat renyah dan enak didengar serta suara vokal yang jelas. Saat volumenya di naikkan, suara yang dihasilkan cukup keras dan tetap jelas. Sedangkan untuk suara internal, audio high-res yang dimiliki adalah 24bit.


Kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 3 Delux

Smartphone ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah: di bangun dengan bahan yang solid dan memiliki desain yang premium. Memiliki kinerja yang luar biasa (kenceng). Serta, memiliki audio resolusi tinggi yang mengagumkan. Namun hadir juga dengan kekurangan berupa: software dan kamera yang rasanya masih perlu ditingkatkan.


Spesifikasi Asus Zenfone 3 Deluxe

  • Display: 5.7 inci, resolusi 1080p, dilengkapi dengan layar Super AMOLED.
  • Desain: body dibalut dengan logam, layar dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 4
  • Chipset: Snapdragon 820 dan pilihan lain menggunakan Snapdragon 821
  • CPU: quad-core
  • GPU: Adreno 530
  • RAM: 6 GB
  • Memori internal: 64GB / 256 GB (microSD 128GB)
  • Kamera: belakang 23 megapixels; kamera depan 8 megapixels
  • Konektivitas: 4g LTE (dual simcard), GPS, bluetooth v4:, WiFi, near field communication
  • Port: USB type-c, USB 3.0
  • Sensor sidik jari: Ya
  • Baterai: 3000 mAh (quick charge versi 3.0 dari Qualcomm)
  • Sistem operasi: Android 6.0 Marshmallow, antarmuka ZenUI 3.0


Harga Asus Zenfone 3 Deluxe

Di pasaran, harga Harga Zenfone 3 Deluxe sekitar $700 untuk model 64GB dan $950 untuk model 256 GB.