Asus Zenfone Go ZB500KL Review, Spesifikasi, dan Harga

Zenfone Go (ZB500KL)
via 11street[dot]my

Asus Zenfone Go ZB500KL pertama kali diperkenalkan di Nusa Dua Bali tepatnya pada tahun 2016 lalu. Pada perhelatan tersebut, sebenarnya Asus juga memperkenalkan beberapa smartphone Zenfone lainnya. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah zenfon Go dengan kode ZB500KL. Smartphone ini merupakan generasi baru di Zenfone Go. Diantara beberapa fitur dan keunggulan yang diusung adalah: layar 5 inci jaringan 4G LTE, dan kamera utama 13 MP.

Berikut review Asus Zenfone Go ZB500KL agar kamu bisa tahu lebih jauh mengenai spesifikasi serta berbagai kelebihan dan kelemahannya.


Desain body


Desain Zenfone Go ZB500KL
via Asus[dot]com

Smartphone ini hadir dengan rupa yang sangat khas. Desainnya tidak jauh berbeda dengan seri Zenfone lainnya. Body smartphone ini masih menggunakan plastik polikarbonat dengan finishing matte.

Di bagian belakang, kita akan tetap menemukan cover melengkung yang membuatnya terasa tipis dan nyaman saat digenggam.

Di bagian cover belakang, selain kamera, kita akan menemukan tombol volume di bagian bawahnya. Sangat disayangkan, smartphone dari Asus ini belum menyertakan fingerprint sensor.

Sedangkan di bagian depan, tidak ada perubahan berarti yang diberikan oleh Asus dibandingkan dengan Zenfone lainnya. Smartphone ini juga tidak dilengkapi dengan backlight pada tombol kapasitifnya.


Dimensi body dan berat


Panjang Asus Zenfone Go 143.7 mm dengan lebar 70.9 mm. Karena smartphone ini melengkung dibagian cover belakang, sisi paling tebal mencapai 11.3 mm.

Jika melihat lebar smartphone yang mencapai 70.9 mm dan screen-to-body ratio yang mencapai 67.6%, maka bisa disimpulkan jika smartphone ini tergolong lebar dengan bezel yang tebal.

Walau demikian, smartphone ini tetap nyaman digenggam dan masih dalam batas-batas yang wajar.

Bobot smartphone ini mencapai 150 gram. Beberapa gram lebih berat dibandingkan dengan kompetitor yang menawarkan ukuran layar sama, yang biasanya memiliki berat maksimal hanya 140-an gram.


Warna yang tersedia


Pilihan warna Asus Zenfone Go
via beam[dot]pk

Cover bagian belakang bisa di bongkar pasang sehingga sebenarnya, kita bisa menggonta-ganti warna cover. Sedangkan untuk body bagian depan, semua smartphone Asus Zenfone Go ZB500KL menggunakan clear hitam.

Walau demikian, Asus tetap menyertakan berbagai pilihan warna untuk smartphone ini mulai dari: Glacier Gray, Silver Blue, Glamour Red, Charcoal Black, Pearl White, dan Sheer Gold.

Dengan adanya pilihan warna yang sangat banyak tersebut, tentu kamu akan lebih bisa menyesuaikan dengan selera.


Layar


Telah disebutkan di atas bahwa smartphone ini menggunakan layar 5 inci. Layar tersebut memiliki rasio ke body sekitar 67.6%.

Resolusi maksimal yang mampu ditampilkan sekitar 720 x 1280 piksel dengan kepadatan piksel mencapai 294 ppi. Tipe display yang digunakan adalah IPS LCD capacitive touchscreen yang sayangnya tidak dilindungi dengan Corning Gorilla Glass.

Jadi bagi yang kamu berniat beli dan khawatir layar tergores, sebaiknya membeli pelindung layar (screen guard).

Walau demikian, layar smartphone ini secara keseluruhan mampu menampilkan warna-warna yang natural dan tajam.

Melihat fakta-fakta di atas, kita pun bisa menyimpulkan bahwa layar smartphone ini tergolong standar dan tidak ada hal hal istimewa yang dibawanya.


User interface


ZenUI
via Asus[dot]com

User interface adalah salah satu bagian penting dari sebuah smartphone. Walaupun smartphone tersebut memiliki sistem operasi yang sama dengan hape dari vendor lainnya, namun kadangkala, user interface adalah salah satu yang membedakan mereka.

Untuk Zenfone Go, smartphone ini menggunakan antarmuka ZenUI yang terkenal mudah dioperasikan dan mudah dipelajari. Namun jika kamu tidak suka dengan user interface bawaan smartphone ini, kamu tetap bisa menginstal aplikasi Launcher lainnya yang sesuai dengan seleramu.


Hardware


Di bagian platform, Asus Zenfone Go ZB500KL mengandalkan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang dipadukan dengan CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 serta GPU Adreno 306.

Untuk meningkatkan kinerja smartphone agar lebih smooth saat digunakan, Asus telah membenamkan RAM sebesar 2 GB dan menyediakan ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB.

Dengan ruang penyimpanan yang tidak terlalu besar tersebut, kamu yang suka menyimpan lagu, foto, atau video pasti akan merasa kurang. Namun jangan khawatir karena telah tersedia slot microSD yang bisa kamu gunakan untuk mengekspansi memori internal hingga maksimal 256 GB.

Melihat spesifikasi hardware yang dimiliki oleh smartphone ini, chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang memanfaatkan dukungan prosesor 64-bit dengan kecepatan 1.2 GHz bisa diajak untuk melakukan tugas-tugas berat seperti bermain game 3D hingga multitasking.

Walau demikian, di beberapa game, terutama game-game 3D seperti Asphalt 8, kita harus menurunkan kualitas gambar untuk mendapatkan frame rate (fps) yang lebih tinggi.


Kamera


Kamera adalah salah satu kelebihan Asus Zenfone Go. Dengan kamera 13 megapiksel di bagian belakang, smartphone ini mampu mengambil gambar dengan cukup baik. Kamera tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur seperti: Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama.

Fitur lainnya yang disematkan untuk mendukung agar smartphone ini mampu menghasilkan foto maupun video yang maksimal adalah auto focus dan LED Flash.

Hasil kamera Asus Zenfone Go
via Asus[dot]com

Di bagian depan, smartphone ini dibekali Kamera 5 megapiksel f/2.0, yang juga dilengkapi dengan autofocus.

Gambar yang mampu ditampilkan masuk dalam kategori standar. Tidak terlalu istimewa namun juga tidak terlalu buruk.

Hasil kamera depan Zenfone Go
via Asus[dot]com

Untuk mengambil foto selfie atau untuk melakukan video call, kamera depan bisa bekerja cukup baik walaupun digunakan di tempat-tempat yang minim cahaya.


Sistem operasi


Sejak diperkenalkan dan diluncurkan pada bulan Oktober tahun 2016 lalu, smartphone ini sudah dibekali dengan sistem operasi Android v6.0 (Marshmallow). Walaupun ini bukan sistem operasi terbaru dari Google, namun tetap saja, berbagai fitur dan teknologi yang diusung sudah cukup modern.

Berbagai keunggulannya seperti, multitasking yang lebih mudah, lebih hemat daya, dan lebih sedikit bug membuat sistem operasi ini rasa cukup stabil saat dioperasikan.


Jaringan dan koneksi


Seperti kebanyakan smartphone saat ini, Asus Zenfone Go juga menyediakan dua slot simcard yang sudah mendukung jaringan HSPA dan LTE 4G. (HSPA 21.1/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps)


Baterai


Untuk mendukung kinerja smartphone, Asus membenamkan baterai removable Li-Ion 2600 mAh yang bisa bertahan selama 440 jam apabila stand-by sambil mengaktifkan jaringan 3G. Smartphone ini juga bisa digunakan untuk internetan atau berbicara (telepon) selama maksimal 9 jam.


Fitur yang dibawa


Smartphone ini sesudah menyertakan berbagai fitur dan konektivitas seperti:
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi direct, hotspot
  • Bluetooth v4.2 GPS
  • Radio FM
  • MicroUSB v2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: accelerometer, compass dan proximity
  • Penyimpanan Cloud berupa Google Drive hingga 100 GB


Harga Asus Zenfone Go ZB500KL


Saat ini, harga Zenfone Go dengan kode ZB500KL sekitar 1,6 jutaan.

Beberapa smartphone pilihan smartphone lain yang memiliki harga kurang lebih sama, yang bisa menjadi opsi diantaranya adalah:
  1. Xiaomi Redmi 4 16 GB dengan RAM 2GB
  2. Xiaomi Redmi 3X dengan memori internal 32GB
  3. Xiaomi Redmi 3S dengan memori 16 GB dan jaringan 4G
  4. Samsung Galaxy J2 Prime dengan RAM 8GB
  5. Asus Zenfone Go ZB500KL - 16GB - RAM 2GB
  6. Refurbished Apple iPhone 4s - 64 GB
  7. Xiaomi Redmi Note 2 Prime 32 GB
  8. Sharp Aquos Crystal - 8GB
  9. Huawei Y6 II - 4G LTE - 2GB RAM - 8GB
  10. Polytron Zap 6 Power 4G502 - 16GB
  11. Oppo Neo 7 - 16 Gb , dan lain-lain

Smartphone-smartphone diatas rata-rata harganya sekitar 1,6 jutaan. Harga sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan