Ulasan Asus Zenfone 3 Max ZC520TL (Asus_X008D), Harga dan Spesifikasi

Zenfone 3 Max ZC520TL
via notebookcheck[dot]net

Asus mulai meningkatkan level smartphone mereka dengan menjangkau kelas premium menggunakan Zenfone 3. Meski demikian, Asus tetap memperkirakan kebutuhan pasar sehingga mereka tidak melupakan kelas menengah.

Terbukti dengan dikeluarkannya Zenfone 3 Max yang diberi kode ZC520TL. Smartphone ini merupakan smartphone budgetdengan target pasar kelas menengah yang ingin memanfaatkan smartphone mereka tanpa harus bolak-balik ngecas.

Tapi kamu harus tahu, smartphone Zenfone 3 Max hadir dengan dua varian yaitu, ZC520TL memiliki layar berukuran 5.2 inci dan ZC553KL dengan layar 5.5 inchi.

Pada ulasan kali ini, saya hanya akan me-reviewAsus Zenfone 3 Max dengan kode ZC520TL.


Asus Zenfone 3 Max review



Desain


Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, pada Zenfone 3, Asus benar-benar meninggalkan bahan plastik untuk body smartphone mereka. Begitu juga dengan Zenfone 3 Max yang hadir dengan unibody logam.

Asus_X008D
via musicphotolife[dot]com

Namun tidak seperti Zenfone 3 Deluxe, smartphone ini masih menyisakan garis antena yang walaupun cukup tipis namun tetap terlihat di bagian atas maupun bawah cover belakang.

Secara keseluruhan, body smartphone ini terasa cukup premium dan berkelas. Dimensi bodi smartphone 149.5 x 73.7 x 8.6 mm dengan berat 148 gram.

Bezel bagian depan smartphone ini cukup tipis sehingga saat digenggam, terasa cukup nyaman di tangan. Layar smartphone ini memakan tempat sekitar 67.7% dari keseluruhan body.

Di bagian depan, kita tidak akan lagi menemukan tombol kapasitif seperti seri Zenfone sebelumnya. Karena saat ini, Asus memindahkan tombol kapasitif tersebut ke dalam layar sehingga tetap bisa terlihat bahkan di tempat-tempat gelap.

Praktis, di bagian depan, hanya logo Asus yang tersisa di bagian bawah.

Pada bagian belakang, terdapat kamera yang didesain dengan bentuk persegi empat menggunakan sudut membulat yang juga berbentuk serta berukuran kurang lebih sama dengan sensor sidik jari yang berada di bagian bawahnya.

Kamera tersebut didampingi oleh LED flash. Kemudian di bagian bawah terdapat lubang-lubang speaker yang diatasnya ada logo Asus.

Seperti pada smartphone Asus lainnya, tombol volume dan tombol power berada di sisi sebelah kanan.

Tombol fisik Zenfone
via musicphotolife[dot]com


Hardware dan software



Layar


Layar smartphone ini berukuran 5.2 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixel. Memiliki kepadatan pixel sebesar 282 ppi pixel density. Layar tersebut sayangnya tidak dilindungi dengan Corning Gorilla Glass. Dan tidak menggunakan teknologi AMOLED. Praktis, display smartphone ini hanya mengandalkan teknologi IPS LCD kapasitif.

Asuz Zenfone Display
via musicphotolife[dot]com

Walau demikian, layer tersebut terasa cukup mumpuni saat digunakan untuk melihat gambar maupun video. Mampu menghasilkan detail dan gambar tajam serta warna warna natural yang lembut dipandang. Begitu juga dengan sudut pandangnya yang lumayan luas.


Platform


Di bagian dalam, smartphone ini mengandalkan chipset besutan MediaTek MT6737M. Didukung dengan prosesor Quad-core 1.25 GHz Cortex-A53 serta pengolah grafis Mali-T720MP2.

Sedangkan untuk memori, tersedia dua varian. Yang pertama menggunakan memori internal 16 GB dan RAM 2 GB. Sedangkan yang kedua menggunakan memory internal 32GB dengan RAM 3GB.

Jika memori internal masih kurang, kamu bisa mengekspansinya menggunakan microSD up to 256 GB. microSD tersebut bisa kamu letakkan di slot simcard yang ke-2.

Performa smartphone ini sebenarnya tidak terlalu istimewa. Hanya saja kamu jika kita memilih yang menggunakan RAM 3GB, kemampuannya sedikit meningkat. Cukup terasa ketika kita menggunakan smartphone tersebut untuk multitasking, membuka aplikasi dan ketika menjalankan game-game 3D dengan detail medium atau high.


Kamera



Kamera utama


Kamera belakang smartphone ini mengandalkan sensor 13 MP dengan aperture f/2.2. Beberapa fitur yang tersedia di antaranya adalah: autofocus, panorama, geo-tagging, touch focus, LED flash, face detection, HDR.

Kamera belakang ini bisa menghadirkan gambar dan video yang cukup baik. Untuk melihat kualitas foto hasil jepretan smartphone Ini, kamu bisa melihatnya di bawah ini.
Hasil kamera belakang Zenfone
via musicphotolife[dot]com

hasil kamera Zenfone dalam ruangan
via musicphotolife[dot]com


Kamera depan


Kamera depan Asus Zenfone 3 Max menggunakan sensor 5 megapiksel dengan aperture f/2.0. Kamera tersebut juga tidak terlalu istimewa saat digunakan untuk mengambil foto selfie di tempat-tempat yang minim cahaya. Namun jika cahaya cukup, kamera ini lumayan bisa diandalkan.


Jaringan dan konektivitas


Teknologi jaringan yang disematkan untuk zenfone 3 Max adalah jaringan GSM yang didukung HSPA serta LTE 4G.

Jenis singkat yang digunakan adalah micro-SIM dan NanoSIM.

Beberapa konektivitas yang tersedia yang bisa kita manfaatkan untuk internetan dan transfer data diantaranya adalah: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, bluetooth v4.0, GPS, radio FM, microUSB v2.0 (USB on-the-go).

Beberapa fitur yang tersedia di antaranya adalah: fingerprintdi bagian belakang, accelerometer, proximity, compass dan tersedia Cloud storage sebesar 100 GB di Google Drive.

Smartphone ini hadir dengan baterai berukuran besar berjenis Non removable Li-Po 4130 mAh.

Baterai tersebut bisa bertahan hingga 720 jam ketika stand-by. Apabila digunakan untuk berbicara, bisa bertahan hingga 20 jam dalam kondisi penuh.


Sistem operasi dan harga


Sistem operasi yang di bawah ketika pertama kali di lepas adalah Android OS, v6.0.1 (Marshmallow). Yang sayangnya, belum ada informasi apakah smartphone ini akan mendapatkan upgrade ke versi Android 7.0 atau tidak.

Harga Asus Zenfone 3 Max ZC520TL 32GB sekitar Rp.2,3 jutaan. (harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan, dan harga juga bervariasi antara satu penjual dengan penjual lainnya.