Apa Kelebihan Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL (Ulasan, Harga, dan Spesifikasi)

Zenfone 3 Deluxe ZS570KL
via onlinelo[dot]com

Kelebihan Asus Zenfone 3 Deluxe bisa dilihat pada bodinya yang seluruh bagian menggunakan logam, tidak ada garis-garis antena sehingga terasa mulus, terlihat elegan dan cantik. Selain itu, ini juga memiliki display 1080p vibrant yang terlihat sangat excellent dalam menghadirkan warna-warna natural dan tajam.

Kinerjanya yang mumpuni dengan hardware besar, tersedia RAM 4 GB dan 6 GB sehingga membuat smartphone ini mampu melibas game-game besar sekalipun.

Fitur yang lengkap dan dukungan software juga membuat smartphone ini terasa murah jika dilihat dan dibandingkan dengan smartphone dari vendorsebelah yang menawarkan spesifikasi sama.

Walaupun hadir dengan berbagai kelebihan, bukan berarti smartphone ini tidak memiliki kelemahan. Kelemahan Asus Zenfone 3 Delux diantaranya adalah terletak pada: daya tahan baterai yang rasanya masih kurang, ZenUI yang masih gitu-gitu aja, serta kamera yang walaupun memiliki resolusi besar, namun sayangnya kurang mampu menghadirkan gambar dengan detil yang baik ketika di manfaatkan di tempat-tempat yang minim cahaya.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai smartphone Ini, kamu bisa melihat ulasannya berikut ini.


Asus Zenfone 3 Deluxe review



Desain


Zenfone 3 Deluxe
via digitalcitizen[dot]life

Smartphone Asus Zenfone 3 Deluxe merupakan edisi high-end koma menawarkan berbagai kelebihan seperti yang telah disebutkan di atas untuk bisa bersaing dengan vendorlainnya.

Jika melihat embel-embel “Delux” yang dibenamkan pada nama smartphone ini, tentu kita berharap smartphone ini hadir dengan desain yang elegan dan berkelas.

Dan lama Asus mampu menjawab itu semua dengan menghadirkan sebuah smartphone yang keseluruhan bodinya dibalut logam tanpa garis-garis antena. Baik di bagian depan maupun belakang, konstruksinya terasa berkelas dengan perpaduan logam dan kaca.

Dengan body melengkung di bagian belakang dan dengan finishingyang halus di bagian sisi, membuat smartphone ini terasa nyaman di tangan.

Yang tidak kalah menarik, smartphone ini tebal maksimalnya hanya 7,5 mm. Terasa sangat ramping dan mengesankan.

Ngomong-ngomong soal tombol dan berbagai fitur yang dibawa, smartphone ini tetap menghadirkan tombol fisik berupa tombol power dan volume yang diletakkan di sisi sebelah kanan.

Kemudian di bagian bawah terdapat USB type-C yang bisa dimanfaatkan untuk transfer data (OTG) dan charging.

Masih di bagian bawah, smartphone ini juga hadir kekinian dengan menyematkan lubang-lubang speaker yang sayangnya hanya berada disatu sisi saja. Sehingga, cukup merepotkan ketika kita manfaatkan untuk bermain game dengan model landscape.

Loadspeaker di bagian bawah tersebut seringkali tertutup oleh tangan.

Di bagian atas, hanya tersedia satu lubang yaitu untuk jack 3,5 mm. Sedangkan di sisi sebelah kiri, kita akan menemukan slot untuk microSD dan simcard.

Sedangkan tombol navigasi kapasitif yang ada di bagian depan dilengkapi dengan backlight sehingga tidak membingungkan saat digunakan di tempat-tempat yang gelap.

Di bagian belakang, terdapat kamera utama dan sensor sidik jari.

Kamera, sensor sidik jari dan LED Flash di desain dengan bentuk persegi empat. Sekadar informasi, kamera smartphone ini sedikit menonjol. Walau demikian, tonjolan kamera tersebut tidak terlalu mengganggu saat digunakan maupun saat dimasukkan ke kantong.


Layar


Zenfone display
via digitalcitizen[dot]life

Display Zenfone 3 Deluxe terasa sukup luas karena menyediakan layar berukuran 5.7 inchi dengan teknologi Super AMOLED yang mampu menghadirkan resolusi maksimal 1080 X 1920 pixels dengan kepadatan piksel sebesar 386 ppi pixel density.

Screen-to-body ratio mencapai 74.0%. Dilindungi Corning Gorilla Glass 4 yang terkenal lentur, tahan gores, dan cukup kuat.

Layar ini support multi touch hingga 5 jari.


Sistem operasi dan antarmuka


ZenUI 3.0
via digitalcitizen[dot]life

Antarmuka yang digunakan adalah Asus ZenUI 3.0 yang terasa masih monoton dan tidak mengalami perkembangan signifikan dari versi-versi sebelumnya.

Walaupun dianggap sebagai sebuah kelemahan, namun bagi banyak penggunaan, terutama yang menginginkan sebuah smartphone dengan tampilan simple dan mudah dioperasikan, Asus Zenfone dengan antarmuka ZenUI 3.0 terasa cukup menyenangkan.

Sistem operasi yang di bawah adalah Android OS, v6.0.1 (Marshmallow) yang terasa cukup halus saat digunakan untuk multitasking, memiliki transisi yang cukup halus, dan manajemen baterai serta memori yang baik.


Hardware


Hardware Zenfone 3 Deluxe mengandalkan chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 dan CPU Quad-core (2x2.15 GHz Kryo & 2x1.6 GHz Kryo). Hardware tersebut dipadukan dengan GPU Adreno 53, RAM 4 GB dan pilihan memori internal 64, 128, dan 256 GB.

Pilihan kedua menggunakan chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 dan CPU Quad-core (2x2.4 GHz Kryo & 2x2.0 GHz Kryo), GPU Adreno 530. Sedangkan untuk memori, versi yang kedua ini menggunakan memori RAM 6 GB dan memori internal 64/128/256 GB.

Melihat spesifikasi di atas, rasanya tidak mengejutkan apabila smartphone ini mampu melakukan tugasnya dengan baik untuk membuka berbagai aplikasi dalam waktu singkat, bermain game tanpa hambatan, dan bahkan ketika digunakan untuk multitasking, smartphone ini tetap asyik-asyik aja.


Kamera



Kamera belakang


Kamera bagian belakang menggunakan sensor sebesar 23 MP aparture f/2.0. didukung dengan fitur berupa laser/phase detection autofocus, OIS (4-axis), dual-LED (dual tone) flash. Serta 1/2.6" sensor size, 1 ┬Ám pixel size, geo-tagging, face detection, touch focus, HDR, dan panorama.

Kamera tersebut seperti yang telah disampaikan di atas, sayangnya tidak bisa menghadirkan gambar detil ketika digunakan di tempat-tempat yang minim cahaya. Namun ketika digunakan di tempat-tempat yang cukup cahaya, seperti di luar ruangan pada siang hari, smartphone ini mampu menghadirkan gambar yang maksimal.

Warna yang ditampilkan cukup natural dan tajam.


Kamera depan


Kamera di bagian depan, cukup bisa diandalkan untuk mengambil foto selfie maupun untuk melakukan video callkarena sensor yang disematkan cukup besar yaitu 8 MB dengan aperture f/2.0. Saat digunakan mengambil video, kamera depan bahkan mampu menghadirkan resolusi maksimal hingga 1080p.


Jaringan dan konektivitas


Jaringan yang digunakan berteknologi GSM dengan dukungan LTE 4G serta HSPA. (HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (3CA) Cat12 600/150 Mbps).

Konektivitas yang tersedia yang bisa kita manfaatkan diantaranya adalah Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, bluetooth v4.2, GPS, near field communication, tidak ada infrared port dan radio, USB versi 3.0 (Type-C 1.0 reversible connector).


Sensor dan fitur


Zenfone 3 Deluxe membawa beberapa fitur menarik mulai dari sensor berupa: Fingerprint (rear-mounted), gyro, accelerometer, proximity, dan compass. Kemudian tersedia fitur fast baterai charging (quick charge 3.0) yang bisa mengisi baterai hingga 60% hanya dalam waktu 40 menit.

Sayangnya, smartphone ini hanya hadir dengan baterai berkapasitas 3000 mAh berjenis non removable yang terasa masih cepat terkuras karena layar yang besar.


Harga


Harga Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL yang menggunakan chipset Snapdragon 820 sekitar $499. sedangkan versi Senam Dragon 821 dijual dengan harga $799.