Asus Zenfone 3 Deluxe 5.5 Review, spesifikasi, dan harga

Asus Zenfone 3 Deluxe 5.5
via techmerry[dot]com

Asus menelurkan tiga varian Zenfone 3 Deluxe pada tahun 2016. Pada bulan Mei mereka mengumumkannya kehadiran Zenfone 3 Deluxe dengan kode ZS570KL yang memiliki layar 5.7 inci. Smartphone tersebut hadir dengan dua pilihan yaitu RAM 4GB dan RAM 6GB.

Setelahnya, pada bulan Oktober di tahun yang sama, Asus kembali mengeluarkan Zenfone 3 Delux, namun kali ini dengan layar yang lebih kecil berukuran 5.5 inci.

Pada reviewsmartphone kali ini, saya akan membahas khusus Zenfone 3 Deluxe 5.5 saja.

ReviewZenfone 3 Deluxe 5.5


Zenfone 3 Deluxe dihadirkan oleh Asus dengan spesifikasi yang mumpuni, yang sulit ditemukan pada smartphone vendorpesaing. Berbagai kelebihan Zenfone 3 Deluxe bisa dilihat diantaranya adalah pada: prosesornya yang menggunakan Octa-core 2.0 GHz, RAM 4GB, memori internal luas, kamera besar, fingerprintdan baterai yang tahan lama.

Jika melihat spesifikasi yang ditawarkan, rasanya sulit untuk mencari kelemahan yang dimiliki oleh Asus Zenfone 3 Deluxe. Hampir semua yang dibutuhkan dari sebuah smartphone ada pada gadget ini.


Desain


Zenfone 3 Delux
via engadget[dot]com

Zenfone 3 Deluxe dari Asus adalah flagship dengan harga terjangkau. Seluruh body smartphone ini dibalut dengan logam. Dan tidak seperti smartphone kebanyakan, kamu tidak akan menemukan garis-garis antena di bagian belakang smartphone ini.

Jadi boleh dibilang, smartphone ini tampil lebih cantik dan elegant. Di bagian belakang, Asus mendesain kamera dan fingerprintsensor dengan bentuk persegi empat. Mulai dari dual tone LED Flash, kamera utama, hingga fingerprintsensornya juga didesain berbentuk persegi panjang.

Hanya saja, yang sedikit mengganggu pemandangan adalah kamera utamanya yang sedikit menonjol ke arah luar. Namun hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah mengingat penjualannya hanya hanya dalam hitungan milimeter.

Sedangkan di bagian depan, bezel yang dimiliki oleh smartphone ini terasa jauh lebih tipis dibandingkan dengan beberapa Zenfone pendahulunya. Baik di bagian bawah dan atas, serta di bagian sisi samping kiri dan kanan.

Sehingga, ketika digenggam, smartphone ini walaupun memiliki layar 5.5 inci tetap terasa tidak jauh berbeda dengan saat kita menggenggam smartphone berlayar 5 inci.

Untuk tombol volume dan tombol power berada di sisi sebelah kanan cukup mudah diakses saat kita mengoperasikannya dengan menggunakan satu tangan. Sedangkan di sisi sebelah kanan, terdapat slot SIM card dan SDcard tray.

Mengadopsi gaya smartphone modern, loudspeaker ada di bagian bawah bersama dengan slot charger. Namun, lubang speaker tersebut hanya ada di satu sisi. Sangat mudah tertutup ketika kita menggunakan smartphone ini dengan model landscape.

Sedangkan di bagian atas, hanya ada lubang untuk headset 3,5 mm.

Secara keseluruhan, body di bagian belakang tetap melengkung seperti kebanyakan smartphone pada umumnya hanya saja kau mau lengkungannya cukup halus sehingga nyaman saat digenggam.


Dimensi dan bobot smartphone


Dimensi Zenfone 3 Deluxe 5.5 inchi adalah: 151.5 x 76.7 x 7.8 mm. Bobotnya hanya 151 gram. Tidak terlalu berat untuk sebuah smartphone yang keseluruhan bodinya dibalut dengan logam.


Display


Di bagian layar smartphone ini menggunakan display type IPS LCD capacitive touchscreen dengan ukuran 5.5 inci yang memiliki screen-to-body ratio sekitar 71,8%.

Resolusi maksimal yang mampu ditampilkan oleh layar ini adalah 1080 X 1920 pixel (~401 ppi pixel density). Support multitouch hingga 10 jari dan dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 4.


Hardware


Di bagian dalam, Asus membenamkan spesifikasi cukup mumpuni untuk smartphone ini. Chipset yang digunakan adalah Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 dipaduan dengan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 peserta GPU Adreno 506.

Kemudian untuk memori, tersedia RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Jika memori internal dirasa masih kurang, kamu tetap bisa mengekspansinya dengan microSD up to 256 GB menggunakan slot simcard yang ke-2.

Melihat spesifikasi tersebut, tidak sulit untuk menebak jika smartphone ini akan mampu menjalankan game-game berat dengan detil yang baik sekalipun.

Kalau game-game berat saja bisa ditangani dengan baik, tentu saja hardware ini juga akan bekerja jauh lebih baik ketika menjalankan berbagai aplikasi sekalipun kita melakukan multitasking.


Kamera



Kamera belakang


Dibagian belakang, kamera utama menggunakan sensor sebesar 16 MP dengan aperture f/2.0. Kamera tersebut dilengkapi berbagai fitur mulai dari laser/phase detection autofocus, OIS, dual-LED (dual tone) flash, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, hingga fitur panorama.

Jika digunakan untuk mengambil video, resolusi maksimal yang bisa dihadirkan 2160p dengan kecepatan 30 FPS.


Kamera depan


Kamera depan smartphone ini mengandalkan sensor 8 MP dengan aperture f/2.0. Kamera tersebut mampu merekam video hingga 1080p.

Baik kamera depan maupun kamera belakang kedua-duanya mampu menghasilkan foto dengan warna-warna natural dan tajam. Tidak hanya di luar ruangan dengan kondisi cahaya yang mumpuni, namun ketika dimanfaatkan untuk mengambil gambar di tempat-tempat yang minim cahaya bahkan di malam hari, kamera tersebut mampu bekerja dengan cukup baik.


Jaringan dan koneksi


Untuk jaringan, lima phone ini mengandalkan teknologi GSM yang didukung HSPA dan LTE 4G. Berbagi koneksi lainnya yang tersedia di antaranya adalah Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot koma bluetooth v4.2 (A2DP, EDR, LE), GPS dengan A-GPS, GLONASS, dan BDS.

Smartphone ini juga sudah menyediakan near field communication (NFC), infrared port USB v2.0 USB type-C 1.0 reversible connector (USB on-the-go).


Sistem operasi dan fitur


Ketika pertama kali dikeluarkan, smartphone ini sudah membawa sistem operasi Android v6.0.1 (Marshmallow) dengan dukungan beberapa aplikasi bawaan dari Asus yang sebagiannya bisa dinonaktifkan atau di uninstal dan sebagian lagi Tidak bisa.

Sistem operasi ini, berjalan cukup baik dengan lag dan bug yang minim. Tampilannya semakin cantik karena sudah didukung Asus ZenUI 3.0.

Beberapa fitur unggulan yang disertakan pada Asus Zenfone 3 Deluxe 5.5 diantaranya adalah fingerprintsensor yang berada di bagian belakang, accelerometer gyro, compass dan proximity. Selain itu tersedia juga fast battery charging (Quick Charge 3.0) yang mampu mengisi baterai hingga 60% ketika dicas selama kurang lebih 40 menit.

Smartphone ini hadir dengan non-removable Li-Ion berkapasitas 3000 mAh. Yang mampu bertahan dengan cukup baik. Untuk penggunaan standar, smartphone ini mampu bertahan antara 1 hingga 2 hari.


Harga Asus Zenfone 3 Deluxe


Di pasaran Kauman Zenfone 3 Delux dilepas dengan harga sekitar $ 369 .