Asus Zenfone 3 Max (ZC553KL) Review, Spesifikasi, dan Harga

Smartphone Asus Zenfone 3 Max ZC553KL
via deccanchronicle[dot]com

Smartphone Asus seri Zenfone ragamnya cukup banyak sehingga pilihan bisa disesuaikan dengan budget, selera, atau kebutuhan. Salah satu smartphone baru keluaran Asus yang diperkenalkan pada bulan November tahun 2016 lalu yang cocok bagi kamu, yang membutuhkan sebuah smartphone dengan daya tahan baterai yang lama, pilihannya bisa jatuh pada Zenfone Max dengan seri ZC553KL.

Perusahaan asal Taiwan ini telah meningkatkan beberapa fitur untuk desain dan body pada jajaran smartphone terbaru mereka tidak hanya meningkatkan spesifikasi hardware sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman premium dari sebuah smartphone.

Harga smartphone yang dijual oleh Asus boleh dibilang masih berada di rentang harga rata-rata dengan spesifikasi standar. Artinya tidak terlalu mahal, juga tidak terlalu murah. Hanya saja, smartphone berusaha untuk bersaing dengan menawarkan keunggulan kamera dan baterai.

Tahun 2015 adalah tahun di mana Asus pertama kali meluncurkan “Zenfone Max.” Sejak pertama kali diluncurkan, smartphone ini mengandalkan baterai besar. Hanya saja, smartphone tersebut memiliki banyak kelemahan seperti memori dan prosesor yang tidak terlalu besar dan bobot serta tebalnya yang terkesan tidak standar.

Di Zenfone 3 Max terbaru, Asus berusaha memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut agar pengalaman saat menggunakan smartphone ini tetap bisa menyenangkan. Tidak hanya itu, karena peduli dengan tampilan, Asus juga berusaha merombak sejumlah desain smartphone ini sehingga terlihat lebih premium.


Desain Asus Zenfone 3 Max


back Cover
via deccanchronicle[dot]com

Body Samping
via deccanchronicle[dot]com

Body bawah
via deccanchronicle[dot]com

Tidak seperti smartphone sebelumnya yang menggunakan bingkai dan body plastik, seri terbaru Zenfone 3 Max menggunakan body logam sehingga terkesan premium. Walaupun dibalut dengan body logam, namun smartphone ini tetap patok dengan harga yang bersahabat.

Dengan sasis aluminium, smartphone Asus ini terasa memiliki nuansa yang solid, tidak licin, walaupun mungkin bagi yang belum terbiasa memegang smartphone berbahan logam, ketika pertama kali akan merasakan smartphone yang lebih mudah slip dibandingkan dengan smartphone berbahan plastik.

Di bagian depan, bezel di bagian sisi maupun di atas dan bawah terasa lebih tipis, sehingga saat digenggam, smartphone ini tetap memberikan rasa nyaman di tangan. Walaupun sejatinya smartphone ini memiliki layar 5.5 inci.

Hal tersebut bisa dilihat dari screen-to-body ratio yang mencapai 72.3%.


Layar


Display
via bukalapak[dot]com

Display Zenfone 3 Max menggunakan layar 5.5 inci (full HD) dengan tipe IPS LCD kapasitif yang memiliki kepadatan pixel sebesar 401 ppi. Layarnya cukup tajam dengan kecerahan sangat baik mencapai 400 nits. Layar ini terasa cukup nyaman digunakan bahkan ketika berada di bawah sinar matahari siang.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan layar Amoled, tentu saja smartphone ini masih sedikit berada satu level dibawahnya. Walau demikian, sudut pandang boleh dibilang cukup luas dengan warna yang halus dan natural.


Hardware


Zenfone 3 Max
via taragis[dot]com

Dapur pacu Zenfone 3 Max ZC553KL didukung Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dan CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53. Untuk memaksimalkan fungsi grafis sama smartphone ini dibekali dengan GPU Adreno 505.

Sedangkan untuk RAM, Zenfone 3 Max menggunakan RAM 3GB yang menawarkan kemampuan multitasking mumpuni.

Dengan RAM besar tersebut, pengalaman saat mengoperasikan smartphone ini juga terasa lebih halus dan minim lag.

Lag hanya muncul apabila terlalu dipaksakan. Kadang-kadang smartphone ini menampilkan beberapa lag yang cukup bisa dimaklumi. Terutama ketika bermain game-game besar dengan grafis yang super detail.

Agar bisa bertahan lama, smartphone ini dibekali dengan baterai cukup besar berkapasitas 4100 mAh. Membuatnya mampu bertahan selama 2 hari dengan pemakaian biasa. Apalagi kalau kita ngaktifin fitur hemat daya, smartphone ini bahkan bisa bertahan jauh lebih lama.

Smartphone besutan Asus ini hadir dengan memori internal 32GB yang bisa di-upgrade dengan microSD up to 128 GB.


Jaringan dan konektivitas


Asus Zenfone 3 Max (ZC553KL) Telah dibekali dengan teknologi jaringan GSM dan jaringan 4G LTE untuk mengakses internet. Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps.

Smartphone berbobot 175 gram ini mendukung quick charging dan perangkat OTG. Beberapa konektivitas dan fitur yang dibawanya antara lain:
  • WiFi
  • Radio FM
  • GPS
  • MicroUSB v2.0, USB On-The-Go
  • Fingerprint
  • Accelerometer, gyro, proximity, compass


Kamera


Kamera belakang


Kamera Zenfone 3 Max di bagian belakang menggunakan 16 MP dengan f / 2.0 aperture. Yang didukung phase detection, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash, serta fitur 1/3" sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR.

Kamera tersebut mampu merekam video maksimal 1080p pada kecepatan 30fps.

Kamera belakang Zenfone 3 Max
via deccanchronicle[dot]com


Kamera depan


Sedangkan kamera di bagian depan untuk mengambil foto selfie dan untuk menunjang video call, Asus menyematkan kamera dengan sensor 8 MP f/2.2. Yang terasa cukup maksimal ketika digunakan mengambil gambar maupun video.

Baik kamera belakang maupun kamera depan mampu menghasilkan gambar mumpuni ketika dimanfaatkan pada siang hari maupun pada malam hari, atau di tempat-tempat yang minim cahaya.

Kamera depan misalnya, reproduksi warna yang dihasilkan cukup akurat, bebas noise, kromosomnya juga mengagumkan. Sehingga sangat sempurna apabila digunakan untuk mengabadikan moment.

Kamera selfie
via infinitetechinfo[dot]com


Sistem operasi dan software


Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dan telah didukung juga dengan dengan versi baru dari ZenUI (3.0).

Dengan sistem operasi dan antarmuka tersebut, smartphone ini mampu menghasilkan animasi yang cukup halus dengan transisi yang lembut.

Walau demikian, Asus tetap menyertakan berbagai aplikasi (bloatware) yang sebagiannya ada yang bisa dihapus atau dinonaktifkan, namun sebagian lainnya ada yang tidak bisa dihapus.

Sehingga bagi yang tidak terbiasa, beberapa software tersebut terasa memakan banyak tempat di memori. Walau demikian, beberapa aplikasi tersebut memang sebagian besarnya sangat dibutuhkan.


Harganya Asus Zenfone 3 Max (ZC553KL)


Harga smartphone Asus Zenfone 3 Max kode ZC553KL berada pada rentang Rp2,3 juta hingga Rp2,7 jutaan.

Beberapa smartphone alternatif yang bisa kamu beli dengan rentang harga tersebut diantaranya adalah:
  1. Samsung Galaxy J5 Prime - 2,5 juta
  2. Xiaomi MI Max 32GB - 2,4 juta
  3. Samsung Galaxy on 7 8GB - 2,6 juta
  4. Asus Zenfone selfie 32GB - 2,4 juta
  5. Lenovo Vibe K4 Note 3 GB RAM - 2,3 juta
  6. Xiaomi Redmi Note 4 4G 64GB - 2,5 juta
  7. Oppo A39 RAM 3GB-32GB - 2,5 juta
  8. Samsung Galaxy A3 2016 - 2,6 juta
Harga sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan