Tips Memilih Smartphone Android Berkualitas

Ketika kita memilih sebuah smartphone, biasanya kita akan memilihnya berdasarkan merek atau vendor (perusahaan yang mengeluarkan smartphone tersebut), berdasarkan kualitas kamera, ukuran baterai, ukuran layar, hingga built in quality-nya.



Ketika membeli gadget khususnya smartphone, pastikan kamu tidak hanya tergiur karena spesifikasi bagus dan harga murah saja, melainkan, kamu perlu juga mempertimbangkan beberapa aspek yang kadang-kadang menjadi kelemahannya atau sesuai kebutuhanmu.

Kita sering mendengar cerita lucu dari teman soal smartphone yang mereka gunakan karena bermasalah di sinilah.. di situlah... Pokoknya macam-macam. Ada yang kapasitas baterainya besar tapi ternyata daya tahan baterainya jauh lebih lemah dibandingkan dengan smartphone lain yang menawarkan baterai lebih kecil namun memiliki management.


Kadangkala kita juga menemukan teman pun yang menawarkan kamera dengan sensor (megapixel) yang besar, tapi ternyata hasil jepretannya sangat mengecewakan, jauh dari yang diharapkan. Nah, agar tidak salah dalam memilih sebuah smartphone berikut adalah beberapa tips memilih hp yang sebaiknya kamu ingat.

Memilih smartphone berdasarkan sistem operasi


Sebelum kita membahas lebih jauh beberapa tips memilih smartphone Android berkualitas, terlebih dahulu kita akan mencoba membahas mengenai beberapa jenis smartphone yang dibedakan berdasarkan sistem operasi yang digunakan.

Hingga saat ini, setidaknya ada 7 jenis sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk smartphone yaitu :
  1. Android
  2. IOS dari Apple
  3. Windows dari Microsoft
  4. BlackBerry OS
  5. Tizen dari Samsung
  6. Mozilla Firefox OS, dan
  7. Ubuntu mobile OS

Secara khusus, smartphone berbasis Android, iOS, dan Windows, adalah yang paling banyak kita temukan di pasaran, mengingat ketiga sistem operasi tersebut memiliki dukungan aplikasi dan game paling banyak. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Yang pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

IOS dari Apple. Sistem operasi besutan Apple ini dikenal simpel dan mudah digunakan, memiliki keamanan yang sangat baik, serta terintegrasi langsung dengan berbagai perangkat Apple lainnya seperti MacBook, iPod, Apple TV, dan lain-lain.

Android. Ini adalah sistem operasi lainnya yang cukup populer karena terintegrasi dengan layanan Google, menawarkan banyak aplikasi dan game gratis, mudah di oprek dan dikustomisasi, serta harganya pun relatif terjangkau. Ada banyak vendor (Lenovo/Motorola, Asus, Xiaomi, HTC, Polytron, Google, LG, Sony, ZTE, dll) yang menawarkan smartphone berbasis Android sehingga pilihannya pun jadi lebih banyak.

Sistem operasi ketiga yang paling banyak digunakan untuk smartphone adalah Windows. Windows Phone adalah salah satu smartphone berkualitas yang memiliki sejumlah kelebihan seperti, terintegrasi dengan berbagai produk Microsoft seperti Microsoft Word, Excel, dan lain-lain, serta menawarkan kamera high end pada model-model tertentu. Namun sayangnya, dibandingkan dengan Android dan iOS, aplikasi maupun game yang ada di Microsoft masih kalau jauh.

Cara memilih hape Android berkualitas


Dewasa ini smartphone adalah bagian integral dari kehidupan kita. Kita menggunakannya untuk berkomunikasi, mengambil foto atau gambar, menyimpan dokumen di penyimpanan cloud, browsing internet, menggambar, merekam video, bermain game, bahkan beberapa smartphone yang memiliki ukuran baterai cukup bongsor umumnya bisa digunakan sebagai powerbank.

Walau demikian, tidak pernah mudah untuk memutuskan membeli sebuah smartphone karena di pasaran pilihannya sangat banyak. kadang-kadang kita menemukan sebuah smartphone dengan spesifikasi sama dan model yang hampir mirip namun dikeluarkan oleh vendor yang berbeda. Tidak jarang, kita bimbang dalam memilih vendor mana yang memiliki built in quality smartphone lebih baik.

Nah, agar kamu bisa memutuskan mana hape yang terbaik dan paling cocok untuk kamu, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Built in quality


Built in quality adalah faktor yang berkaitan dengan durability atau daya tahan sebuah smartphone. Kita sering beranggapan jika hape-hape jadul cenderung lebih kuat dibandingkan dengan hape modern. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena smartphone saat ini cenderung bekerja lebih keras dibandingkan dengan hp jadul yang sebagian besar hanya digunakan untuk menerima dan mengirim pesan (SMS) dan telepon saja.

Built in quality biasanya dibagi menjadi 3 bagian yaitu, ada yang dibangun dengan menggunakan bahan dasar plastik polikarbonat, logam, dan ada yang terbuat dari logam serta kaca. Walaupun yang ketiga ini jumlahnya sangat terbatas dan hanya dibuat untuk smartphone kelas atas.

Smartphone yang bodinya terbuat dari kaca umumnya lebih rentan ketika jatuh namun memiliki tampilan premium yang berkelas. Di bawahnya ada smartphone yang diliputi logam. Saat ini, smartphone kelas menengah sudah semakin banyak yang menggunakan body logam sehingga terkesan lebih premium.

Sedangkan untuk kelas menengah ke bawah, umumnya masih menggunakan bahan plastik sebagai pembalut bodinya. Kelebihan smartphone berbalut plastik adalah: cukup lentur sehingga tidak mudah bengkok. Umumnya memilih back cover yang bisa dibongkar pasang atau diganti-ganti.

Display (layar)


Ukuran layar dan resolusi layar juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan karena, ukuran layar sangat berpengaruh terhadap bagaimana dan untuk apa kamu menggunakan gadget ini. Kalau kamu sering menggunakannya untuk menonton video atau streaming video, mengedit foto dan video, mendownload film-film, maka layar smartphone berukuran 5,5 inci sampai 6 inci yang menawarkan resolusi full HD atau resolusi qHD sangat cocok untuk kamu.

Sedangkan smartphone dengan ukuran layar yang lebih besar, lebih dari 6 inci sangat cocok digunakan untuk browsing, memeriksa email, chatting, membaca, dan menggambar.

Sebaliknya, ukuran layar yang kurang dari 5,5 inci adalah jenis smartphone yang cocok digunakan untuk aktivitas sederhana seperti chatting, mendengarkan musik, menampilkan foto, atau cocok juga bagi kamu yang tidak suka direpotkan dengan gadget berukuran besar yang sulit masuk kantong.

Processor


Salah satu kekuatan smartphone terletak pada processor-nya. Walau demikian, ada beberapa faktor lain yang bisa menentukan kecepatan sebuah smartphone yaitu user interface, versi sistem operasi, bloatware, ukuran RAM dan lain-lain.

Kalau kamu sering menggunakan Smartphone untuk tugas-tugas berat seperti mengedit gambar atau video, membuat sketsa atau gambar, mengolah dokumen melalui media online, bermain game berat, streaming video hingga melakukan multitasking atau split layar, maka smartphone dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 652, Snapdragon 820 dan 821 adalah pilihan tepat.

Namun sayangnya, smartphone yang dibekali dengan processor berbasis Qualcomm umumnya dihargai dengan harga yang lumayan mahal. Bagi kamu yang ingin memiliki sebuah smartphone dengan kemampuan prosesor yang tidak kalah dibandingkan dengan Qualcomm, yang biasanya ditawarkan dengan harga lebih murah, kamu bisa memilih smartphone dengan prosesor MediaTek.

Kamera


Smartphone yang menawarkan megapixel tinggi tidak menjamin hasil foto yang diberikan pasti bagus. Ada beberapa istilah di dalam kamera smartphone yang sangat berpengaruh terhadap kualitas dan hasil foto yang diberikan oleh kamera smartphone itu sendiri. Diantaranya adalah:Aperture, ISO, ukuran pixel, hingga autofocus.

Sebuah kamera belakang smartphone berukuran 16 MP tidak terlalu berarti lebih baik dibandingkan dengan kamera smartphone berukuran 12 MP. Teori ini juga berlaku untuk kamera yang menghadap ke depan.

Megapixel yang tinggi artinya bahwa smartphone tersebut bisa mengambil gambar dengan ukuran besar. Sehingga akan terlihat lebih tajam Ketika dilihat pada layar yang kecil.

Seorang fotografer profesional yang mengerti teori fotografi biasanya menginginkan sebuah kamera smartphone dengan ukuran 12 atau 16 Megapixels yang dilengkapi sensor f/2.0 atau aperture yang lebih rendah untuk mengambil gambar bergerak atau objek di tempat-tempat yang minim cahaya.

Berbeda dengan fotografer profesional yang menginginkan hasil tembakan berkualitas Pro, fotografer casual umumnya sudah puas dengan sebuah kamera smartphone berukuran 8 megapixel atau 12 megapixel yang menawarkan bukaan atau aperture f/2.0-f/2.2.

Baterai


Penggunaan baterai sebuah smartphone berbeda antara pengguna yang satu dengan pengguna yang lainnya. Tergantung Bagaimana caranya menggunakan smartphone. Bahkan untuk penggunaan yang hampir sama, kadang-kadang daya tahan baterai masih bisa berbeda-beda tergantung dari intensitas kecerahan layar yang digunakan. Karena bukan rahasia apabila, beberapa orang cenderung lebih suka ketika layar smartphone yang terlihat sangat terang dan cerah.

Kalau kamu suka menggunakan Smartphone untuk membuka aplikasi berat, bermain game melakukan streaming video, maka kamu membutuhkan sebuah smartphone yang paling tidak, memiliki baterai berukuran 3500 mAh atau lebih. Sebaliknya, kalau kamu tidak terlalu sering menggunakan Smartphone untuk berbagai kegiatan di atas, smartphone dengan baterai berukuran 3000mAh akan cukup untuk penggunaan sehari-hari.

User interface dan versi sistem operasi


User interface (UI) dan versi sistem operasi yang digunakan pada sebuah smartphone Android adalah hal lain yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli sebuah smartphone baru. Karena UI yang digunakan akan mempengaruhi cara kamu berinteraksi dengan smartphone. Walaupun sama-sama menggunakan sistem operasi Android, namun user interface yang ditawarkan oleh Samsung, Asus, dan juga Oppo sangat berbeda.

Misalnya, ketika memilih gambar menggunakan smartphone Oppo kita terlebih dahulu harus mengklik (tap) pada menu seleksi. Sangat berbeda dengan ketika kita menggunakan Asus, di mana kita hanya perlu melakukan tap yang lebih lama (beberapa detik) pada gambar untuk memunculkan opsi/menu seleksi.

Semakin baru versi sistem operasi yang disertakan pada sebuah smartphone Android, maka akan semakin baik. Mengingat, semakin banyak aplikasi atau game-game yang sudah tidak mendukung versi lawas dari Android.

Umumnya, versi terbaru membawa berbagai perbaikan dan menawarkan sejumlah fitur-fitur anyar untuk mempermudah atau untuk memenuhi kebutuhan user yang semakin kompleks.

Beberapa smartphone ada yang membawa bloatware atau aplikasi bawaan yang kadang-kadang tidak kita butuhkan dan tidak bisa dihapus.Ini juga bisa menjadi pertimbangan jika ternyata smartphone tersebut menawarkan kapasitas memori internal yang kecil. Dengan adanya beberapa aplikasi bawaan, maka sudah pasti kapasitas memori kosong yang tersedia akan jauh berkurang.

Keamanan dan fitur tambahan

Smartphone Android saat ini sebagian besar sudah membawa fitur keamanan tambahan seperti pemindai sidik jari atau iris censor. Manfaat pengaman ini tidak hanya untuk mengunci atau membuka handset melainkan juga berfungsi sebagai password untuk mengakses file tertentu, dokumen, hingga aplikasi.

Audio dan speaker


Kualitas speaker dan kualitas audio adalah parameter lain yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli sebuah smartphone. Bagi kamu yang suka mendengarkan musik dengan menggunakan headset, kamu juga perlu mempertimbangkan smartphone yang punya kualitas suara mumpuni selain tentunya dengan membeli headset yang sesuai dengan karakter musik yang sering kamu dengar.

Jika kamu senang mendengar hiburan secara langsung, ada baiknya kamu memilih smartphone yang menawarkan speaker menghadap ke depan. Karena suara yang dihasilkan akan terdengar lebih jelas ketika kamu memainkan video, mendengarkan musik, atau bermain game.

Headphone Jack atau port USB


Beberapa smartphone keluaran terbaru ada yang mulai menghilangkan lubang jack 3,5 mm dan diganti dengan port USB type C yang berfungsi sebagai colokan untuk charging, transfer data melalui kabel, dan sekaligus sebagai colokan untuk headset.

Port USB type C adalah teknologi masa depan yang kemungkinan besar akan diadopsi oleh sebagian besar smartphone nantinya.

Perlindungan lebih


Bagi kamu yang sering terjun langsung ke lapangan untuk bekerja, Kamu mungkin perlu mempertimbangkan beberapa jenis smartphone yang memiliki durability sekelas perangkat militer yang tahan banting, anti air, dan tetap pakai diajak kotor-kotoran.

Walau demikian, ada banyak smartphone modern saat ini yang dilengkapi dengan kemampuan tahan air sehingga tetap bisa bertahan ketika direndam hingga kedalaman 1,5 meter sekalipun dalam jangka waktu tertentu (30 menit). Smartphone jenis ini sangat cocok bagi kamu yang sering berkomunikasi di luar ruangan ketika musim hujan sekalipun.

Itulah beberapa pertimbangan yang sebaiknya kamu ingat ketika memilih smartphone Android sebelum memutuskan untuk membeli.