Cara Memaksimalkan Fungsi Smartphone Agar Kamu Lebih Produktif

Sesuai dengan namanya, smartphone adalah ponsel cerdas yang bisa diandalkan untuk melakukan banyak hal, tidak hanya sekedar telepon, berkirim pesan, atau exist sibuk di sosial media, tapi, smartphone juga bisa melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari hingga pekerjaan kita. Contohnya, smartphone bisa membantu kita saat berolahraga untuk menghitung dekat jantung, bisa digunakan untuk mengetik tugas dari dosen, bisa digunakan untuk analisis pasar, menganalisis kesehatan, dan masih banyak hal-hal lainnya yang bisa dilakukan dengan ponsel pintar.

Tapi sayangnya, tidak banyak orang yang bisa memaksimalkan fungsi smartphone sehingga kesannya jadi mubazir (sia-sia). Padahal, kadang-kadang harga smartphone yang mereka tenteng enggak bisa dikatakan murah. Begitu juga dengan spesifikasi dan fiturnya yang lengkap dan mumpuni. Semuanya terasa sia-sia karena gadget tersebut tidak digunakan secara maksimal.

Agar gadget yang sudah kamu beli dengan harga mahal nggak hanya buat gaya-gayaan, enggak cuma kamu pakai untuk chatting, facebookan, dan nonton Youtube saja, berikut adalah beberapa cara memaksimalkan fungsi smartphone agar kamu jadi lebih produktif.


1. Bidang commerce

e-commerce
Dewasa ini, semakin banyak pedagang-pedagang konvensional yang beralih ke toko online untuk menjajakan produk mereka. hal tersebut dipicu oleh perubahan kebiasaan di masyarakat yang memindahkan kegiatan belanja mereka dari toko-toko konvesional ke online shop (olshop).

Tidak mengherankan, karena banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan jika berbelanja secara online. Mulai dari harga yang kompetitif, tidak perlu menawar, banyak pilihannya, beberapa di antaranya menawarkan gratis ongkos kirim, bisa berbelanja dari mana saja, metode pembayarannya pun lengkap dan mudah.

Di olshop, sudah tersedia aneka rupa kebutuhan rumah tangga hingga perlengkapan fashion dan gadget. Bahkan, cek tiket kereta api promo dan beli pulsa juga bisa kita lakukan secara online.

Bahkan saat ini, sudah ada toko online yang menawarkan tiket event. Jadi, kalau kamu mau nonton konser musik, mau menikmati hiburan, dateng ke teater, seminar, hingga event-event olahraga macam sepak bola dan MotoGp, kamu tinggal berkunjung ke salah satu toko online favoritmu.

Kamu juga enggak perlu lagi repot ngantri, dan perlu khawatir kacaunya refund seperti yang sering terjadi karena manajemen event organizer yang buruk saat event batal digelar. Karena online shop punya management yang profesional.

Nah, kalau kamu tertarik beli tiket event, salah satu olshop yang saya rekomendasikan adalah Tokopedia.

Kenapa Tiket Event beli di Tokopedia?

Selain bisa ngecek berbagai event yang akan segera hadir, beli tiket di sana juga terasa jauh lebih mudah dan murah. Bisa dapat murah karena mereka (toped) sering menawarkan cash back. Dan, tentunya berbagai promo serta diskon (potongan harga).


A. Jadi pedangan

Jualan online
Di toko online tidak hanya pedagang besar yang bisa bermain, orang-orang yang nggak punya produk sekalipun juga bisa ikutan jualan online dengan metode drop shipper. Seru kan?! Kamu juga enggak harus jual barang baru, kamu yang punya barang bekas dan cuma satu-satunya sekalipun!! tetap bisa ikut jualan.

Nah, bagi kamu yang ingin jadi penjual, kamu bisa memanfaatkan smartphone dan menginstal berbagai aplikasi toko online untuk berjualan. Dengan aplikasi tersebut, kamu tidak perlu menungguin dan mantengin toko online-mu sepanjang waktu. Karena apabila ada orang yang menawar produkmu, aplikasi akan secara otomatis langsung memberikan notifikasi. Kamu jadi bisa berjualan dan berkomunikasi dengan calon pembeli dari mana saja dan kapan saja.


B. Jadi pembeli

Online shopping
Adanya toko online atau e-commerce juga bisa jadi berkah tersendiri bagi para pedagang konvensional dan retailer. Bagi kamu yang tinggal di kota-kota kecil atau di desa-desa, kamu bisa berbelanja di toko online dengan harga murah dan kemudian menjualnya dengan harga normal.

Biasanya, toko online banyak yang menawarkan diskon hingga voucher yang bisa kamu manfaatkan untuk berbelanja semurah mungkin sehingga nanti bisa meningkatkan keuntungan hasil penjualan barang-barang yang kamu beli tadi.

Ada banyak momen di mana toko online menawarkan promo dan diskon besar-besaran. Seperti pada saat 17 Agustus, di hari pahlawan, mother's day, harbolnas, hingga Natal dan tahun baru.


2. Multimedia

Movile video editor 
Tidak hanya enak digunakan untuk mendengarkan musik dan menonton film, namun smartphone yang punya layar lebar juga bisa dimanfaatkan untuk bekerja di bidang multimedia seperti: recording dan editing suara, video, hingga gambar. Walaupun kemampuan aplikasi aplikasi mobile masih sangat terbatas namun itu sudah cukup untuk menghasilkan berbagai macam multimedia standar dengan hasil memuaskan.

Apalagi, kamera smartphone saat ini semakin bagus dan jernih. Tidak hanya itu, resolusi dan frame ratenya dalam merekam video juga terus meningkat. Tidak heran apabila banyak Youtubers yang memanfaatkan smartphone untuk membuat video-video review, Vlog, dll.

Soal hasil, jangan tanya, mereka para Yutubers terkenal dan populer bisa berpenghasilan lebih banyak dibandingkan dengan PNS. Jadi, jangan ragu-ragu untuk memaksimalkan smartphonemu untuk nambah uang saku atau bahkan bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan tetap.


3. Media promosi dan marketing

Mobile marketing
Teknologi mobile telah membawa iklan dan pemasaran ke dalam dimensi baru. Alasannya, saat ini semakin banyak masyarakat yang menggunakan smartphone. Sehingga, semakin banyak orang yang melihat iklan di smartphone daripada di televisi atau media lain seperti majalah dan koran.

Peluang pun semakin terbuka lebar karena iklan bisa disusupi hampir di semua tempat. Mulai dari pesan singkat atau SMS, situs/blog/website, aplikasi, media sosial, dan lain-lain.

Yang membuat smartphone menjadi media pemasaran dan promosi yang lebih efektif dibandingkan dengan televisi adalah karena kemampuan yang dimiliki oleh teknologi mobile marketing untuk menyesuaikan iklan dengan kebutuhan atau kebiasaan pengguna gadget. Sehingga, target iklan pun bisa lebih spesifik. Dengan begitu, iklan tersebut jadi jauh lebih efektif dan mengena.

Contohnya, kalau kamu hari ini searching produk tertentu menggunakan browser, maka rekam jejakmu akan dibaca oleh perangkat lunak. Info tersebut akan diteruskan kepada mesin/algoritma penyedia iklan. Berbekal info tersebut, penyedia iklan akan menampilkan iklan yang berkaitan dengan apa yang kamu cari/lihat di browser.

Misalnya, kalau kamu mencari smartphone dengan merek tertentu, kemungkinan besar ketika membuka aplikasi yang memuat iklan, iklan yang akan muncul di sana akan menampilkan promo smartphone yang kamu cari sebelumnya. Lengkap dengan harga dan tawaran potongan harga. Yang akan bikin kamu terpancing buat ngeklik (tap) dan kemudian akan menggiringmu ke salah satu toko online.


4. Kalau kamu punya smartphone, kamu sebagai pemiliknya juga harusnya enggak kalah smart dong

Baca dan beli buku di smartphone
Agar kamu cerdas dan pintar, kamu perlu banyak belajar. Ada banyak media di smartphone yang bisa kamu gunakan untuk belajar. Mulai dari aplikasi hingga buku-buku lokal maupun internasional. Semua itu bisa download dan beli langsung dari gadget.

Kalau kamu pengguna Android misalnya, kamu bisa menginstal Google Play Books untuk mencari dan membeli buku-buku yang kamu butuhkan, atau buku-buku yang bisa menambah wawasanmu. Buku-buku tersebut bisa kamu baca di mana saja dan kapan saja karena saya yakin, smartphone-mu pasti ikut kemanapun kamu pergi.

Nggak hanya buku-buku berbayar, disana juga tesedia banyak buku-buku gratis yang berkualitas dan bisa kamu andalkan untuk update ilmu.


5. Mengetik dan mengarang

Wattpad aplikasi menulis dan baca gratis
Nggak hanya bisa membaca buku-buku favorit, di gadget kamu juga bisa mengetik apapun yang menjadi imajinasimu, untuk kamu jadikan sebagai buku, novel, buku cerita, dll. Bahkan, saat ini sudah ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk bikin komik dan gambar kalau kebetulan kamu hobi buat sketsa atau komik.

Kalau kamu suka menulis cerita-cerita seru, komik, pengalaman, dll, kamu bisa bergabung di Wattpad. Di sana, ada ribuan bahkan jutaan pengguna yang menulis berbagai fantasi mereka. Selain penulis, tidak sedikit juga di antara pengguna Wattpad yang datang sebagai pembaca. Mereka bisa membaca buku apapun yang mereka inginkan secara gratis


6. Jadi fotografer profesional berbekal smartphone

Photographer profesioanl
Kehadiran sosial media terutama Instagram dan Pinterest membuat banyak pengguna smartphone yang tergila-gila terhadap dunia fotografi. Selain foto selfie, banyak fotografer amatir yang mampu menghasilkan foto-foto keren hanya dengan berbekal kamera dan aplikasi photo editor smartphone.

Bahkan fotografer profesional yang meliput event sekelas Olimpiade sekalipun, banyak yang menggunakan smartphone untuk mendukung kerja mereka.


Ciptakan aplikasi sendiri

Bikin aplikasi Android
Kalau kamu pandai coding dan bisa bikin aplikasi, kamu wajib ikut nimbrung bikin aplikasi mobile untuk menyalurkan hobi dan bakatmu, sekaligus untuk menghasilkan uang. Saat ini, sudah ada banyak aplikasi atau software (online/offline) yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat aplikasi berbasis Android, iOS, Blackberry, dll. Seperti:
  • Andromo
  • TheAppBuilder
  • AppMachine
  • Mobile Roadie
  • Good Barber
  • Netbeans
  • Appery.io
  • Appy Pie
  • GameSalad
  • Eclipse, dan lain-lain.
Tidak hanya menawarkan kemudahan, melainkan, berbagi aplikasi tersebut juga banyak yang menawarkan tutorial (panduan) cara membuat aplikasi dan game berbasis mobile. Jadi, bagi kamu seorang pemula sekalipun, akan tetap bisa belajar membuat aplikasi mobile hanya dalam waktu singkat.