Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Herbal jahe Merah

Jahe adalah salah satu jenis rempah yang biasa digunakan para ibu untuk bumbu masakan. Ada beberapa jenis jahe, salah satunya adalah jahe merah. Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri yang paling banyak di bandingkan dengan jenis jahe lainnya. Minyak inilah yang membuat jahe memiliki rasa yang pedas dan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat dan jamu tradisional.



Jahe merah juga beraroma sangat tajam. Rimpang jahe merah berukuran kecil dengan balutan kulit berwarna merah dan menyimpan serat lebih banyak dibanding jahe biasa. Jahe merah mudah tumbuh di tempat yang terbuka ataupun tempat yang agak ternaung, seperti pekarangan dan kebun. Selain itu juga bisa tumbuh di tanah kering atau gembur, dengan ketinggian mencapai 900 meter diatas permukaan laut. Dalam penggunaannya sebagai obat, jahe merah sering dikombinasikan dengan tanaman herbal lainnya. Herbal jahe merah memiliki manfaat yang lebih besar dibanding jenis jahe lainnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan.

Jahe merah telah terbukti efektif melawan nyeri otot akibat olahraga. Dalam satu penelitian, jika kita mengkonsumsi 2 gram jahe per hari, selama 11 hari, secara signifikan bisa mengurangi nyeri otot saat olahraga ataupun saat melakukan pekerjaan yang berat. Jahe merah memang tidak akan berdampak langsung pada saat kita konsumsi, namun dampaknya akan terasa ketika kita mengkonsumsinya setelah berhari-hari. Manfaat selanjutnya yaitu menurunkan panas.

 Herbal jahe merah berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan menjadikannya sebagai panas tubuh. Jahe mengandung sedikit kalori yang tidak akan menyebabkan berat badan naik meskipun dikonsumsi terus menerus. Manfaat herbal jahe merah selanjutnya bisa menghilangkan rasa sakit saat  nyeri haid. Dalam sebuah penelitian, 150 wanita diinstruksikan untuk mengambil 1 gram bubuk jahe per hari, untuk 3 hari pertama periode menstruasi, alhasil jahe terbukti efektif mengurangi rasa sakit saat keadaan haid.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari herbal jahe merah, melihat berbagai manfaat dari herbal jahe merah tersebut, anda bisa mendapatkanya di GoApotik. GoApotik adalah situs kesehatan atau apotik online yang menyediakan berbagai kebutuhan kesehatan anda.