7 Tempat Wisata di Malang yang paling populer

Sejak zaman dahulu Malang memang sudah menjadi tempat wisata bagi kaum kolonial. Sementara pribumi tidak diperbolehkan untuk berwisata di daerah Malang. Apalagi Malang memiliki udara yang mirip-mirip dengan kesejukan udara di Bandung.

image source: jtp.id


Hingga kini, Malang memang tetap menjadi primadona wisata di propinsi Jawa Timur. Apalagi Malang dikenal dengan sentra apel dan keripik buahnya yang cocok dibawa sebagai oleh-oleh khas Malang. Lalu, apa saja tempat wisata di Malang yang paling populer dan wajib dikunjungi saat liburan? Berikut ulasannya.

1. Jatim Park I

Inilah Ancolnya kota Malang. Semua wahana terbaik di kota Malang ada di Jatim Park I. Selain tiket masuknya murah dan terjangkau. Jatim Park I punya wahana yang kelewat lengkap. Rasanya tidak cukup sehari saja untuk berkeliling mencoba satu persatu semua wahana yang ada di Jatim Park I.

Luasnya yang mencapai 11 hektar akan membuat kamu kelelahan berjalan dan mencoba mengeksplorasi semua wahana yang disediakan. Jangan lupa menggunakan pakaian yang menyerap keringat, alas kaki yang nyaman dan selalu membawa botol minum agar tidak dehidrasi saat bermain.

2. Jatim Park II


Jatim Park II lebih dikenal dengan Batu Secreet Zoo dan Museum Satwanya. Bahkan di juga terdapat Hotel yang berkamuflase seperti sebuah Pohon dan Hutan di Jatim Park II.

Jatim Park II lebih mengedepankan wisata edukasi karena pengunjung bisa melihat aneka ragam satwa yang diawetkan yang berasal dari berbagai negara lintas benua. Tak berbeda dengan Museum Geologi di Bandung, di tempat ini juga terdapat sebuah kerangka dinosaurus. Meskipun hanya sebuah replika, namun dinosaurus ini termasuk yang paling favorit bagi pengunjung diantara satwa lainnya.

Bukan hanya bisa melihat satwa yang sudah diawetkan, pengunjung juga bisa melihat dan bercengkerama langsung dengan satwa-satwa lucu di Batu Secret Zoo. Jangan lupa kunjungi kolam kuda nil yang menjadi salah satu atraksi terfavorit atau ingin memacu sedikit adrenalin dengan menaiki perahu arus di Batu Secret Zoo.

3. Eco Green Park


Tempat bermain anak di Malang yang wajib dikunjungi selain Jatim Park ada juga Eco Green Park. Dari namanya saja sudah bisa dikenali bahwa tempa wisata ini memang menjadi tempat wisata yang mendaur ulang limbang menjadi karya seni.

Jangan khawatir karena tidak semuanya berisi limbah daur ulang karena ada juga wahana lain yang lebih canggih dan modern seperti penyewaan e-bike. Belum cukup sampai disitu, kamu juga bisa mencoba Jungle Adventure dan wisata rumah terbalik yang pas buat update liminasa kamu di Instagram.

4. Museum Angkut


Jika ingin mencari spot selfie paling fenomenal di Malang tidak salah jika yang kamu datangi adalah Museum Angkut Malang. Semua jenis transportasi dari yang paling jadul hingga yang paling unik bisa kamu lihat langsung di tempat ini.

Hebatnya lagi tata letak mobil dan kendaraan-kendaraan ditata sedemikian rupa sehingga bisa digunakan sebagai lokasi instagrammable terbaik di Malang. Dengan area seluas 3.7 hektar, pastikan kamu menggunakan sepatu atau alas kaki yang nyaman untuk berkeliling ke 10 zona yang tersedia.


5. Batu Night Spectacular


Bagi yang baru datang sore hari menggunakan kereta api, jangan kecewa dulu. Soalnya kamu masih tetap bisa berwiata ke Batu Night Spectacular. Jadi, suasana Malangnya masih bisa sangat terasa di tempat ini.

Tak perlu menunggu perayaan Imlek tiba, karena sepanjang hari kamu bisa melihat aneka lampion berbentuk binatang atau hewan yang lucu. Selain itu juga tempat wisata ini sudah memiliki beberapa permainan wahan untuk anak-anak. Jadi, tepat juga disebut sebagai tempat wisata di Malang yang cocok untuk keluarga dan bermain anak-anak.

6. Pantai Balekembang


Jika Bali memiliki Tanah Lot, Malang punya pantai Balekembang. Salah satu keistimewaannya karena terdapat karang di tengah laut dan berdiri sebuah pura di atasnya. Menurut sejarah, Pantai Balekembang memang dirancang sebagai miniatur Tanah Lot Bali.

Saat ini pantai Balekembang masih tetap menjadi salah satu primadona bagi warga Malang. Kamu bisa berenang, bermain air atau sekadar menikmati sajian kuliner khas pinggir laut di beberapa warung di pinggir pantai.


7. Coban Pelangi


Air terjun setinggi 30 meter ini memang disebut sebagai salah satu tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Butiran-butiran air yang jatuh dari ketinggian inilah yang membentuk pelangi yang indah. Wajar jika air terjun ini disebut dengan coban pelangi karena pengunjung kerap dapat melihat pelangi saat ada cahaya matahari.

Tempat yang bagus biasanya memang tidak mudah untuk dicapai. Begitulan jika kamu ingin berkunjung ke Coban Pelangi. Kamu harus siap dengan jalan yang berbukit bahkan melewati hutan. Jadi, sebaiknya persiapkan pakaian yang tepat dan gunakan sandal gunung agar tidak terpeleset dan bisa tetap bermain basah-basahan tanpa khawatir kedinginan setelahnya.

Untuk bisa mengunjungi Malang dengan biaya murah kamu tinggal cek harga tiket Lion Air ke Malang lewat Reservasi.com. Ada banyak promo tiket pesawat dari Jakarta ke Malang hampir setiap harinya di Reservasi.com.