Yuk Ikuti 3 Cara Ini agar Kamar Mandi Bersih Terawat

“Kebersihan merupakan Sebagian dari Iman” begitulah ungkapan yang sering kita dengar. Memang betul, kebersihan bisa menjadi cerminan kepribadian seseorang apalagi kebersihan hunian sendiri. Kamar mandi adalah salah satu bagian dari rumah yang bisa dibilang paling kotor setelah gudang dan dapur. Di dalam kamar mandi sendiri, setidaknya ada 3 titik yang rawan terhadap tumbuhnya bakteri dan kuman. 3 titik tersebut adalah, bagian toilet, peralatan kamar mandi, dan lantai yang biasanya dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri seperti E-Coli, Salmonella, Streptococcus yang dapat menyebabkan kram perut, diare, infeksi dan radang. Menakutkan, ya!



Tapi tenang, jika Anda membersihkan kamar mandi secara teratur setidaknya seminggu 2 kali, dijamin bakteri-bakteri tersebut akan hilang kamar mandi Anda pun nyaman untuk digunakan. Kadang membersihkan kamar mandi memerlukan waktu yang lama dan tenaga ekstra, tapi membersihkan kamar mandi pun dapat menjadi hal yang mudah, cepat, dan tidak melelahkan loh! Berikut ini solusi tiga  cara ampuh agar kamar mandi bersih rerawat.


Cara Pertama: Jaga Toilet Selalu Bersih dan Higienis


Toilet kamar mandi terbaru biasanya masih bersih jauh dari kuman. Tapi jika toilet Anda sudah sering digunakan, sudah pasti akan terlihat kotor baik dipermukaan maupun di bagian detailnya. Saat membersihkan toilet, Anda bisa mulai dari bagian luar terlebih dulu. Gosok seluruh bagian luar dengan spons dan bagian dalam toilet bisa disikat menggunakan penggosok khusus toilet.


Cara Kedua: Perhatikan Kebersihan Perlengkapan Kamar Mandi


Perhatikan juga perlengkapan kamar mandi seperti shower, wastafel, cermin, dan keran. Seringkali shower dan keran cepat berkarat karena air. Untuk perlengkapan mandi yang berkarat, Anda bisa mengjhilangkannya dengan menggunakan campuran cuka dan air perasana lemon.

Cara Ketiga: Jangan Lupakan Kebersihan Lantai


Jangan lupa kebersihan lantai kamar mandi. Sebelum mulai menggosok lantai, Anda bisa mencampurkan setengah cangkir baking soda ke dalam ember berisi air kemudian bilas lantai dengan cairan tersebut. Lalu untuk membersihkan bagian-bagian sulit seperti pojokan, sudut, dan nat ubin, Anda bisa gunakan sikat sudut dan gosoknya dengan tenaga yang lebih besar.