Rekomendasi Web Hosting Murah dan Berkualitas

Beberapa tahun belakangan ini, saya sengaja membeli beberapa domain untuk menambah penghasilan melalui internet (cari uang online), yang rencananya... Web/blog tersebut akan saya isi dengan berbagai macam artikel, mulai dari artikel kesehatan, artikel kecantikan, tips & trik, hingga artikel yang membahas seputar teknologi. Pada awalnya, saya lebih suka mengandalkan platform seperti blogger sebelum kemudian membeli domain berbayar di penyedia domain lokal atau internasional agar blog tampil lebih profesional. Setelah lama bergelut dengan dunia blogger dan website, saya mulai belajar banyak hal dan menemukan banyak kelemahan pada platform gratisan (Blogger). Itu jugalah yang mendasari mengapa saya tertarik untuk membuat artikel rekomendasi web hosting murah dan berkualitas ini.

Web hosting murah dan terbaik
Web hosting terbaik


Berangkat dari pengalaman di atas, perlahan saya mulai menyadari bahwa menggunakan platform yang lebih fleksibel seperti Wordpress (versi berbayar) atau memilih hosting murah dan berkualitas seperti yang ditawarkan oleh Hostinger adalah pilihan yang lebih baik.


Apa saja kelebihan menggunakan hosting berbayar?


  • Lebih murah. Kenapa saya katakan lebih murah, karena ketika kita menyewa hosting, kita pun akan ditawarkan domain gratis. Jadi daripada membeli domain secara terpisah, akan lebih hemat jika kita membeli hosting (plus gratis domain). Dengan harga yang tidak jauh berbeda, kita bisa mendapatkan kualitas website yang lebih baik dan lebih profesional.
  • Full support. Kelebihan yang tidak dimiliki oleh platform gratisan adalah fitur lengkap dan full support seperti yang terdapat pada hosting berbayar. Mulai dari sistem keamanan, manajemen bandwidth, kecepatan akses, hingga layanan (customer service) 24 jam/hari.
  • Bisa di customize sesuka hati. Point berikut ini adalah yang paling membuat saya kepincut dengan hosting berbayar. Jika menggunakan platform gratis seperti blogger, kustomisasi yang bisa kita lakukan sangat terbatas. Bahkan hampir tidak mungkin untuk menjalankan database (kompleks) yang sangat dibutuhkan ketika kita ingin menampilkan data-data dinamis.
  • Upgrade yang mudah. Kita bisa menyesuaikan kebutuhan bandwidth berdasarkan jumlah kunjungan. Ada banyak pilihan bandwidth dan kapasitas storage/space yang ditawarkan oleh hosting berbayar. Pilihan paket tersebut bisa kita tentukan sendiri berdasarkan kebutuhan. Jika kunjungan ke website tidak terlalu ramai, kita bisa memilih versi paling murah dan menyediakan bandwidth tidak terlalu besar. Sebaliknya, jika kunjungan mulai ramai, kita bisa meng-upgrade-nya dengan mudah.
  • Search Engine Optimization (SEO) yang lebih optimal. Ini adalah alasan yang saya rasa paling krusial. Karena, kita pasti tidak ingin artikel-artikel berkualitas dan sarat informasi yang sudah susah payah kita tulis mengendap begitu saja dan tidak dibaca oleh orang lain, hanya karena SEO web yang tidak optimal. Optimasi SEO akan semakin sempurna jika kita memanfaatkan hosting berbayar. Mengandalkan kemudahan ini, kita bisa bersaing untuk menduduki page 1 di mesin pencarian Google.
  • Platform-nya lebih maju dan canggih. Hosting berbayar atau paid version memungkinkan kita untuk melakukan penyesuaian lebih menyeluruh dan mendasar pada desain dan tampilan website. Sehingga, web akan terlihat lebih profesional dibandingkan dengan versi gratisan. Antarmuka modern, fasilitas yang lengkap, dan fitur-fitur canggih terasa sangat membantu dalam membangun tampilan web yang sempurna.
  • Bebas iklan. Tidak bisa dipungkiri bahwa “iklan” walaupun berukuran kecil, seringkali terasa sangat mengganggu. Nah, jika menggunakan paid hosting, pengunjung tidak akan lagi menemukan iklan-iklan yang sangat mengganggu. Apa lagi, saat ini semakin banyak orang yang merasa enggan datang ke website tertentu karena iklannya yang bejibun. Karena iklan dirasa sangat mengganggu maka banyak user yang akhirnya lebih suka menggunakan browser dengan dukungan Adblock.
  • Alamat email custom. Kita bisa memiliki email dengan alamat sesuai dengan nama domain. Punya email dengan alamat @gmail.com atau @yahoo.com sudah biasa (mainstream). Tapi kalau kamu ingin alamat emailmu terlihat lebih privat dan profesional, kamu wajib menggunakan hosting berbayar. Misalnya, kamu bisa memiliki alamat email seperti contoh berikut ini: herman@perusahaanku.com atau manager@idalestari.com. Gimana... lebih keren kan?


Hostinger, Web/VPS hosting berkualitas dan murah


Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak hosting berkualitas yang ditawarkan dengan harga murah. Tapi kalau kamu mau mencari yang benar-benar profesional, full support, dan terpercaya, saya pribadi merekomendasikan Hostinger.co.id. Mengapa?

1. Harganya ramah kantong

VPS Hosting Murah dan Cepat
VPS Hosting Murah dan Cepat


Kalau kamu baru merintis website dan masih coba-coba, kamu tentu tidak ingin menghabiskan uang hanya untuk membayar hosting saja bukan? Nah, kalau ada hosting murah yang bisa menawarkan fasilitas dan kualitas setara dengan hosting mahal, maka Hostinger adalah jawabannya.

Tidak hanya diperuntukkan bagi pemula, penyedia hosting ini juga cocok untuk profesional. Bahkan, popularitas server ini sudah diakui secara internasional sebagai salah satu penyedia layanan hosting/website terbaik/berkualitas. Setidaknya itulah yang diakui oleh: Huffpost, TechRadar, TrustPilot, Bloomberg, Medium, sampai Forbes.


2. Cinta produk dalam negeri


Oh ya, hampir kelupaan... Hostinger merupakan salah satu penyedia hosting lokal (dalam negeri) yang profesional dan terpercaya. Kalau kamu ingin menunjukkan cintamu pada negeri ini, kamu bisa berbuat lebih dengan cara, menggunakan produk-produk dalam negeri termasuk menggunakan hosting berbayar lokal seperti ini. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu pun turut serta memajukan dan mendukung anak bangsa untuk terus berkarya


3. Customer service 24 jam dalam sehari


Ketika menggunakan platform gratisan, setiap menemukan kesulitan, kita pasti akan berusaha mencari solusi di berbagai tempat (Googgling). Tidak hanya merepotkan, cara tersebut seringkali menyita waktu yang tidak sedikit. Padahal "waktu adalah uang" yang artinya, jika kita terlalu banyak membuang-buang waktu, kita akan tertinggal dan sulit bersaing.

Jika memilih hosting berbayar, customer service siap membantu kita apabila menemukan kesulitan. Dengan adanya fasilitas live chat, berbagai kendala yang kita hadapi akan semakin mudah terselesaikan.


4. Server yang super ngebut


Kecepatan server adalah salah satu hal yang dapat mempengaruhi tingkat kunjungan ke website yang kita miliki. Mengapa? Karena apabila website lambat di load, otomatis pengunjung pun segera pergi karena enggan menunggu. Tidak hanya enggan menunggu, kemunginan besar mereka pun akan enggan datang kembali.

Sebaliknya, jika website kita mudah dan cepat diakses, maka pengunjung pun akan merasa senang dan tidak ragu kembali lagi kapanpun.


5. Unlimited bandwidth


Ini adalah salah satu keunggulan lainnya yang patut dipertimbangkan. Unlimited bandwidth bisa kita dapatkan apabila menggunakan premium hosting. Selain itu, unlimited storage (space) juga akan kita miliki. Fasilitas ini sangat menguntungkan, mengingat dengan adanya storage dan bandwidth tak terbatas, kita bisa menaruh data dalam jumlah besar dan email yang tak terbatas serta tidak takut loading time yang lelet.


6. "Web hosting up tipe score" yang tinggi


Mungkin sebagian kamu masih ada yang belum familiar dengan istilah ini. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan bahwa “waktu” aktif website. Semakin tinggi nilainya, maka akan semakin jarang website tersebut down (tidak bisa diakses).

Apabila web hosting up time score”-nya rendah, maka bisa dipastikan website yang kita simpan di hosting akan sering down atau tidak bisa diakses. Ini akan sangat merugikan, mengingat ada banyak orang yang enggan datang kembali setelah mengetahui website yang mereka buka “pernah” tidak bisa diakses.


7. Dukungan fungsi website/data base yang lengkap


Alasan lain mengapa Hostinger sangat direkomendasikan adalah karena mereka menyediakan berbagai fungsi website/data base yang tergolong lengkap, mulai dari PHP, my SQL, HTaccess hingga FTP.


8. Garansi 100% uang kembali

Hosting garansi uang kembali
Garansi uang kembali


Bagi kamu yang ingin sekedar mencoba, untuk mengetahui sejauh mana performa website-mu saat menggunakan hosting berbayar, Hostinger telah menyediakan jaminan uang kembali 100% tanpa resiko apapun setelah penggunaan 30 hari.

Jadi, kalau kamu merasa tidak puas dan ingin berpindah ke hosting-an yang lain, kamu bisa menarik kembali uangmu tanpa dipotong sepeserpun. Hostinger berani memberikan fasilitas tersebut karena mereka sangat percaya diri pada layanan dan profesionalitas yang mereka tawarkan.


9. Domain gratis


Saya sudah menyinggung hal ini sebelumnya di atas, jadi kalau kita membeli hosting, secara otomatis kita pun akan mendapat 1 (nama) domain gratis.