Redmi K30 4G/5G Spesifikasinya Bikin Mupeng

Beberapa tahun belakangan ini industri smartphone seolah-olah stagnan atau tidak mengalami kemajuan. Sekalipun beberapa vendor handphone tetap meluncurkan berbagai macam produk, namun produk-produk tersebut sayangnya tidak banyak yang sangat menarik.

Spesifikasi Redmi K30 5G
Redmi K30 5G

Terlebih apabila kita berbicara soal smartphone untuk kelas menengah (mid range). Akan tetapi, beberapa bulan belakangan ini pasar smartphone tampaknya mulai bergairah kembali dengan kehadiran beberapa smartphone yang memiliki kemampuan luar biasa karena dibekali dengan fitur fitur mutakhir.

Sebut saja Huawei P30 yang dibekali kamera berukuran 48MP yang bisa di zoom hingga 50X, Realme X50 Pro dengan 4 kamera yang salah satunya bisa digunakan untuk Zoom 20X, hingga Samsung Galaxy Z Flip yang menurut saya sedikit aneh tapi juga unik.

Namun bukanlah beberapa smartphone yang telah saya sebutkan di atas yang akan saya bahas di sini melainkan, ini tentang Redmi K30 4G dan 5G yang sebenarnya sudah diluncurkan beberapa waktu yang lalu di negeri asalnya (Cina).

Tentu saja, di Indonesia Smartphone Ini belum resmi diluncurkan. Beberapa review Redmi K30 menunjukkan bahwa produk-produk tersebut dibeli atau diimpor langsung dari China untuk diulas kelebihan maupun kekurangannya.

Dari beberapa video review yang saya tonton di YouTube dan beberapa artikel yang mengulas smartphone ini membuat saya ya sangat tertarik untuk memilikinya. Betapa tidak, baik versi 4G ataupun 5G Redmi K30 kedua-duanya sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang yang sangat luar biasa, terutama di sektor kamera yang melebihi ekspektasi saya untuk smartphone kelas menengah sekelas Redmi.


Spesifikasi singkat Redmi K30


Kita mulai dari bagian luar. Smartphone Ini menggunakan frame berbahan plastik yang dilindungi kaca Corning Gorilla Glass 5 di bagian depan maupun belakang.

Layarnya yang luas mencapai 6.67 inci serta baterainya yang besar (berukuran 4500 mAh) membuat smartphone ini jadi lumayan berat, bobotnya sendiri mencapai 208 gram.

Pada body bagian belakang, kita akan menjumpai 4 buah kamera yang dilengkapi dengan lampu LED Flash. Penempatannya sendiri berada di bagian tengah atas.

Menurut pengalaman, smartphone dengan kamera belakang yang penempatannya berada di bagian tengah cukup efektif digunakan untuk mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih baik Apabila dibandingkan dengan kamera yang ditempatkan di sudut sebelah kiri atau kanan.

Kamera Redmi K30 ini memiliki performa yang cukup baik saat digunakan mengambil gambar maupun video. Performa yang baik tersebut disebabkan karena kualitas kamera serta teknologi yang di bawahnya.

Ada 4 buah kamera yang memiliki fungsi-fungsi tertentu pada bagian belakang smartphone ini. Di bagian paling atas, terdapat sebuah kamera berukuran 2 MP yang berfungsi untuk mengambil foto makro. Kemudian di bawahnya terdapat kamera 8 MP yang digunakan atau berfungsi untuk mengambil foto dan video ultra wide. Lalu kamera ketiga adalah kamera 2 MP yang fungsinya untuk menghasilkan depth sensor. Dan yang terakhir, yaitu kamera di bagian paling bawah merupakan sebuah kamera utama berukuran 64 MP.

Performa kamera belakang smartphone ini lumayan impresif apalagi jika kita mengambil foto menggunakan resolusi full 64MP. Gambar yang dihasilkannya sangat bagus dan tajam. sayangnya, gambar yang bagus dan tajam tersebut harus kita bayar dengan penggunaan storage yang lebih banyak. Ya, Sekali mengambil foto dengan menggunakan resolusi kamera 64 MP file foto yang dihasilkan besarnya mencapai 40 - 50 MB.

Kamera bagian belakang smartphone ini juga dilengkapi dengan kemampuan zoom 2x, yang meskipun sangat terbatas namun sudah lebih dari cukup Apabila dibandingkan dengan kamera smartphone dengan budget sama.

Tidak hanya menawarkan performa yang menakjubkan saat digunakan mengambil foto-foto di siang hari atau di tempat-tempat yang cahayanya cukup, kamera smartphone Redmi K30 juga cukup impresif ketika digunakan mengambil gambar di malam hari atau di tempat-tempat yang minim cahaya.

Noise-level yang biasanya hadir ketika kita mengambil gambar di tempat-tempat gelap tidak terlalu kentara. Performa tersebut tentu saja sangat memuaskan mengingat harga smartphone ini yang relatif terjangkau, yang berada di angka 3 jutaan untuk varian paling murah.

Di bagian depan, smartphone ini mengingatkan kita pada desain Samsung Galaxy S10 yang menggunakan punch hole untuk mendapatkan kamera depan, yang berjumlah 2 buah.

Meskipun sebagian orang tidak menyukai desain seperti ini, namun bagi saya ini merupakan daya tarik tersendiri yang membuat smartphone murah ini jadi terlihat lebih premium.

Bagaimana dengan performa kamera selfie Redmi K30?

Selfie kamera Redmi K30 mengandalkan dua buah kamera yang masing-masing berukuran 20 MP dan 2 MP. Fungsi kamera 2 MP adalah sebagai pengatur depth sensor untuk menghasilkan kamera selfie yang lebih baik dan lebih fokus dengan latar belakang blur.

Secara garis besar, kamera 20 MP di bagian depan yang dimiliki oleh smartphone ini dapat menghasilkan foto yang cukup bagus dan detail. Begitu juga dengan warnanya yang mendekati warna asli serta kontras yang menurut saya cukup bagus.

A. Spesifikasi hardware Redmi K30


Spesifikasi di bagian dalam jam.hp ini cukup mengesankan berkat kehadiran chipset Snapdragon 730 g pabrikan 8 nm yang didukung memori sebesar 6 GB atau 8 GB. Di ruang penyimpanan, tersedia 3 pilihan yaitu 64 GB 128 GB serta 256 GB. Jika ruang penyimpanan tersebut masih kurang, kamu bisa menambahkan kartu micro SD dengan mengorbankan salah satu sim card karena slot yang tersedia berjenis hybrid.

Untuk konektivitas, selain tersedia dua slot SIM card yang dapat terkoneksi ke jaringan 4G atau 5G, terdapat juga Bluetooth 5.0, NFC (near field communication ), IR Blaster atau infrared yang salah satu fungsinya adalah untuk remote berbagai macam elektronik mulai dari TV hingga AC. Lalu ada juga Dual Band GPS serta USB-C.

Oh ya, bagi kamu yang suka mendengarkan musik melalui headset, smartphone ini tetap menyediakan slot audio Jack 3.5 mm. Sehingga, kamu tetap bisa memanfaatkan headset atau headphone lawas yang kamu miliki.

Melihat spesifikasi hardware Xiaomi Redmi K30 di atas, tidak sulit bagi kita untuk membayangkan bahwa Smartphone Ini bisa melakukan banyak hal apabila digunakan untuk bermain game atau multitasking sekalipun.

Dibekali dengan MIUI 11 yang berbasis Android 10, Xiaomi Redmi K30 merupakan salah satu smartphone terbaik harga 3 jutaan yang game-game berat. Performa Smartphone Ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan saudaranya yaitu Redmi k20. Jadi, kamu kamu pernah menggunakan atau meminjam Redmi K20 punya temanmu, maka performa Smartphone Ini tidak jauh berbeda dengan performa pendahulunya tersebut.

Karena dibangun di atas pabrikan 8 nm, chipset Qualcomm 730 yang ada pada smartphone ini terasa sangat efisien dalam menggunakan energi. Sehingga, baterai yang sudah berukuran besar jadi terasa lebih awet dan tahan lama.

Dari uji GeekBench 4.1 menunjukkan bahwa Xiaomi Redmi K30 memiliki performa yang paling tinggi jika dibandingkan dengan Redmi Note 8 Pro, Realme X2, atau Xiaomi MI 9T sekalipun. Walau demikian, hasil AnTuTu 7 dan 8 menunjukkan bahwa Redmi Note 8 Pro memiliki performa yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan Redmi K30. Meskipun keunggulan skor Redmi Note 8 Pro hanya selisih sedikit saja.


Harga Redmi K30 Pro 4G dan 5G


Jika melihat nilai tawar atau harga Redmi K30 tarian 6gb/64 GB yang dipatok mulai Rp 3,3 jutaan atau setara dengan $ 243, saya pribadi menganggap harga tersebut sangat murah. Terlebih, setelah mengetahui kemampuan kamera dan juga hardware Smartphone Ini serta berbagai fitur yang disertakan di dalamnya termasuk sejumlah kelebihan yang dimilikinya, harga 3 jutaan membuat smartphone ini worth to buy alias layak untuk diperjuangkan.



0 Response to "Redmi K30 4G/5G Spesifikasinya Bikin Mupeng"