10 Antivirus Terbaik Tahun 2015

Antivirus terbaik sering diperdebatkan oleh banyak orang termasuk kita yang tinggal di Indonesia. Seringkali kita mengganggap bahwa antivirus terbaik yang banyak digembar-gemborkan ternyata tidak sesuai dengan apa yang diinginkan sehingga dianggap tidak baik. Namun sebaliknya, terkadang ada antivirus lokal atau antivirus tidak terkenal yang ternyata sesuai dengan selera serta bisa dipercaya dan tampak bisa diandalkan.

Pada dasarnya kebanyakan antivirus memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Dan banyak antivirus yang dikatakan terbaik sebenarnya juga biasa-biasa saja apabila tidak rajin di update, begitu juga sebaliknya, banyak antivirus yang biasa-biasa saja namun apabila sering di update atau menggunakan update terbaru akan menjadi luar biasa.



Mengapa kita membutuhkan antivirus?


Perangkat lunak antivirus atau software antivirus dapat mendeteksi, kemudian mencegah, dan menghapus program jahat baik itu malware atau virus. Walau demikian perlu anda ketahui bahwa semua antivirus tidak menawarkan solusi sempurna untuk masalah malware atau virus. Kebanyakan antivirus merupakan langkah pertama yang sangat penting untuk mengamankan PC atau laptop dari serangan virus. Antivirus akan membantu mencegah virus menginfeksi PC serta harus diinstal terlebih dahulu sebelum terinfeksi. Biasanya apabila terlambat menginstal setelah terinfeksi, anti virus akan sulit untuk dihapus.

Cara memilih antivirus terbaik


Malware berkembang lebih cepat daripada sebelumnya. Namun, untungnya generasi antivirus terbaru juga berkembang cukup pesat dalam menangani berbagai ancaman.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi software berubah secara dramatis. Banyak paket antivirus yang bisa dibeli beberapa tahun belakangan ini mampu menghentikan virus yang dikenal berbahaya sekalipun. Walau demikian, tentu saja terkadang antivirus juga tidak mampu mengenali beberapa virus baru yang lebih kuat. Itulah sebabnya dibutuhkan update setidaknya setiap hari atau seminggu sekali.

Untuk test antivirus, biasanya antivirus tersebut akan diuji apakah mampu untuk mendeteksi semua malware atau virus yang didatangkan dari database?, serta apakah antivirus tersebut mampu untuk memblokir virus-virus dan serangan baru yang tidak diketahui? Antivirus juga dilihat dari kemampuannya dalam membersihkan virus setelah menginfeksi sebuah PC atau komputer.

Jadi sangat penting untuk selalu memilih antivirus yang memiliki kemampuan untuk memblok virus baru, serta membersihkan PC dari infeksi virus hingga bersih dan tak tersisa.


10 antivirus terbaik tahun 2015


Dan berdasarkan dari hasil beberapa test, antivirus dinyatakan baik apabila mampu mendeteksi virus lama dan baru, mencegah ancaman baik yang datang dari web maupun dari drive lokal seperti flashdisk, serta kemampuannya untuk membersihkan virus dari komputer setelah terinfeksi.

Berikut adalah 10 antivirus terbaik 2015 yang bisa anda andalkan untuk menjaga komputer tetap aman.



 1.     Symantec norton security

 2.     Bitdefender internet security 2015

 3.     Avast free antivirus 2015

 4.     Bitdefender total security 2015

 5.     Trend micro internet security 2015

 6.     Qihoo 360 internet security 4.3

 7.     Bullguard internet security 2014

 8.     Mcafee livesafe 2015

 9.     Kaspersky total security 2015

10.   G-data internet security 2015


Antivirus berbayar atau gratis?


Pada dasarnya, antivirus berbayar atau gratis memiliki keunggulannya masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kondisi anda. Antivirus berbayar masih tetap lebih baik dibandingkan dengan antivirus gratisan, kecuali Avast Free Antivirus 2015.

Kebanyakan dari kita yang tinggal di Indonesia seringkali menggunakan antivirus terbaik atau salah satu antivirus terbaik yang ada, namun, datang dari hasil pembajakan sehingga membuat seseorang yang menggunakannya kesulitan untuk melakukan update.

Dengan tidak adanya update, maka kemungkinan untuk terserang virus baru lebih besar dibandingkan dengan apabila kita menggunakan antivirus gratisan yang selalu diupdate setiap hari. Jadi bagi anda yang tidak bisa membeli antivirus, disarankan untuk menggunakan antivirus yang gratis namun bisa diupdate setiap hari.