Xiaomi Mi Notebook Air Penantang baru MacBook Air

Beberapa waktu sebelumnya, ada beberapa bocoran dan isu mengenai Xiaomi yang akan menggarap sebuah laptop. Tampaknya saat ini, rumor tersebut sudah berubah menjadi kenyataan. Laptop pertama Xiaomi diberi nama, “Xiaomi Mi Notebook Air” yang tampangnya sangat mirip dengan laptop andalan Apple yaitu MacBook Air. Desainnya terlihat sangat premium. Begitu juga dengan spesifikasinya yang tergolong gahar.

Laptop pertama Xiaomi diluncurkan bersamaan dengan smartphone Redmi Pro. Tidak hanya satu model, Xiaomi meluncurkan dua model untuk laptop dengan desain tipis tersebut. Laptop yang pertama menggunakan layar dengan ukuran 12.5 inches. Sedangkan laptop yang kedua memiliki ukuran layar yang sama persis dengan laptop milik Apple yaitu 13.3 inci.

Kedua laptop besutan Xiaomi tersebut menggunakan pelindung untuk layar berupa kaca 7H hard glass. Kedua laptop ini menghadirkan resolusi yang sama persis yaitu full HD 1080p.

Desain dan spesifikasi Xiaomi Mi Notebook Air

Melihat tampilan laptop ini pertama kali sudah memberikan kesan yang sangat menarik. Terlihat elegant dan mewah. Bodinya diliputi material berbahan metal. Di bagian layar, bazel di kiri, kanan, dan atas terlihat sangat tipis sehingga laptop tampil lebih kompak. Tebal laptop hanya 12.9 mm dengan berat 1,07 kg.

Di bagian dalam, jeroan yang dibenamkan pada Mi Notebook Air diantaranya adalah, processor Intel Core M3 untuk model pertama yang menggunakan layar 12.5 inches. Sedangkan yang menggunakan layar 13 inci menggunakan prosesor Intel Core i5. Model pertama menggunakan RAM sebesar 4 GB dan memori penyimpanan menggunakan SSD berkapasitas 128 GB. Sedangkan model yang lebih tinggi, menggunakan RAM sebesar 8 GB. Yang menempatkannya pada salah satu laptop gaming.

Sedangkan di bagian grafis, laptop kelas atas dari Xiaomi ini mengandalkan Nvidia GeForce 940MX yang terkenal kencang dan mampu menghadirkan grafis dengan kualitas tinggi.
Kemampuan baterai dari laptop ini juga bisa diandalkan. Untuk pengisian penuh, tablet bisa diajak bermain hingga 9.5 jam (versi 13.3 inches). Dan 11.5 jam untuk versi 12.5 inci.

Laptop pertama besutan Xiaomi ini semakin menunjukkan kelasnya dengan kehadiran USB-Type C, speaker dengan teknologi Dolby Digital Surround Sound, USB 3.0, dan kehadiran fully laminated display yang bisa diandalkan untuk mengurangi glare. Sehingga, pada saat kita memandang layar laptop ini, mata kita tidak akan mudah lelah dan akan terasa nyaman.

Harga Xiaomi Mi Notebook Air

Model pertama dengan layar 12 inci akan dilepas dengan harga sekitar $ 525, apabila dirupiahkan setara dengan Rp. 6,9 juta. Sedangkan harga Mi Notebook Air model kedua sekitar $ 750 atau jika dikonversi menjadi rupiah mencapai Rp. 9,9 juta.

Kedua laptop ini akan menggunakan sistem operasi Windows 10. Kelebihan Mi Notebook Air salah satunya adalah, kemampuan pengisian baterai dalam waktu yang sangat cepat. Dengan adanya USB-Type C akan memungkinkan kita mengisi baterai dalam waktu 30 menit hingga 50%.

Kedua laptop ini akan tersedia mulai dari 2 Agustus 2016. Kemungkinan besar laptop tersebut akan dijual pertama kali di Cina. Bisa dikatakan ini adalah kabar gembira dan alternatif lain untuk kamu yang menginginkan laptop berkelas, elegan, dan memiliki spesifikasi mumpuni namun berharga murah.