Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hemat Servis Motor dengan Hasil Maksimal

Saya pernah punya pengalaman yang tidak menyenangkan saat servis motor. Waktu itu, saya hanya berencana untuk sekedar ganti oli dan servis ringan. Tapi nyatanya, saya harus menunggu selama berjam-jam sampai motor saya benar-benar dikerjakan dan selesai diservis.

Sudah nunggu lama, biayanya pun tidak murah. Total biaya yang harus saya keluarkan untuk servis dan ganti oli mencapai Rp 150.000 lebih. Bagi saya, biaya tersebut tidak murah, mengingat saya bukan orang yang berada.

Setelah sempat mencoba beberapa bengkel untuk servis motor, belakangan saya menemukan salah satu bengkel yang menurut saya service-nya bagus, cepat, menyeluruh, dan biayanya murah.

Bengkel yang saya maksud ini sebenarnya cukup populer, karena sudah punya lebih dari 1000 cabang di Indonesia. Bahkan, di daerah saya saja, setidaknya ada 2 cabang bengkel ini yang saya tahu.

Nama bengkel tersebut adalah Planet Ban. Apakah kalian pernah mendengar atau melihat bengkel yang namanya Planet Ban?

Meski namanya Planet Ban, bengkel ini tidak hanya menjual ban dan menawarkan jasa ganti ban saja. Mereka juga menawarkan jasa service motor hingga ganti oli.

Bagian-bagian Motor yang Wajib Rutin Diservis

Kita semua sudah tahu bahwa motor pasti akan lebih awet kalau di-service secara rutin. Tapi masalahnya, biaya service seringkali tidak murah. Inilah yang membuat kita seringkali enggan untuk servis motor sering-sering.

Bahkan, tidak sedikit pemilik motor yang sengaja melewatkan waktu ganti oli karena ogah mengeluarkan uang.

Sayangnya, banyak pemilik motor yang tidak menyadari bahwa ada beberapa bagian dari motor yang sangat vital dan perlu diganti atau diservis secara berkala. Tujuannya adalah untuk menjaga agar mesin lebih awet dan untuk menjaga agar tetap nyaman dikendarai. Bagian-bagian tersebut diantaranya adalah.

1. Oli Mesin Harus Diganti Setiap 2 Bulan Sekali

Harga oli sebenarnya tidak terlalu mahal. Begitu juga dengan biaya penggantiannya yang relatif murah. Tapi tetap saja, banyak orang yang mengabaikannya, dan menganggap harga oli motor dan ongkos ganti oli di bengkel mahal.

Kalau kita memakai oli standar, umumnya kita harus mengganti oli setiap 2 bulan sekali atau setelah motor menempuh jarak 2000 s/d 4000 km.

Tapi karena enggan mengeluarkan biaya untuk ganti oli, tidak jarang pemilik motor sengaja melewatkan batas yang direkomendasikan tersebut.

Akibatnya, selain tarikan motor jadi kurang enak, mesin motor pun jadi lebih cepat rusak. Enggak cuma bikin motor jadi kurang nyaman untuk dikendarai, oli yang jarang diganti juga bisa membuat performa mesin menurun dan bisa menyebabkan konsumsi BBM-nya jadi lebih boros.

Kalau mau ganti oli motor, ganti saja ke bengkel Planet Ban, dan mintalah oli yang bagus. Setahu saya, Planet Ban menyediakan oli dengan teknologi Ester yang bisa diganti setiap 4 hingga 6 bulan sekali atau setiap 5000 km.

Oli yang menggunakan teknologi Ester memang bisa digunakan lebih lama karena menggunakan base oil terbaik di kelasnya. Meski harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan oli standar, tapi kita justru akan lebih hemat.

Jarak tempuh dan interval penggantiannya jadi lebih lama. Tidak hanya itu, oli dengan teknologi Ester juga dikenal bisa membuat mesin lebih dingin dan lebih awet serta bikin tarikan motor jadi lebih ringan.

2. Semua Lampu Motor Harus Menyala dan Berfungsi

Dalam peraturan berkendara di Jalan Raya, saat ini setiap motor wajib menyalakan lampu utama di siang hari maupun malam hari.

Oleh sebab itu, lampu utama tidak boleh mati. Jika mati, kita harus segera menggantinya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan pengendara lain sehingga, resiko kecelakaan bisa diminimalisir.

Tapi selain lampu depan, lampu pada motor yang perlu diperhatikan adalah lampu belakang dan lampu rem serta lampu sein.

Lampu belakang dan lampu rem adalah 2 lampu pada motor yang paling sering mati dan paling jarang diganti apabila mati.

Padahal, lampu belakang sangat penting. Fungsinya adalah sebagai tanda bagi pengendara lain yang berjalan di belakang kita. Dengan adanya lampu belakang, pengendara di belakang akan menyadari kehadiran kita, khususnya ketika suasana gelap seperti di malam hari.

Begitu juga dengan lampu rem, lampu ini sangat penting kehadirannya sebagai pemberi aba-aba apabila kita akan berhenti atau mengurangi kecepatan. Dengan adanya lampu rem, pengendara lain yang ada di belakang akan lebih mudah mengantisipasi pergerakan motor yang kita kendarai.

Lampu sein yang kerap kita gunakan untuk memberi tanda apabila kita akan berbelok ke kiri atau ke kanan juga harus segera diganti apabila mati.

3. Ganti Oli Gardan Setelah Menempuh Jarak Minimal 8000 km

Selain oli mesin, oli yang perlu diganti secara teratur pada motor adalah oli gardan. Perannya sangat penting dalam menjaga performa transmisi dan bearing pada motor matic yang menggunakan CVT.

Pada umumnya, oli gardan direkomendasikan untuk diganti minimal setelah motor menempuh jarak kurang lebih 8000 km atau maksimal setelah motor menempuh jarak 10000 km.

4. Kampas Rem Depan dan Belakang

Kamu pasti sering menemukan motor yang mengeluarkan bunyi bising saat direm. Bunyi yang keluar dari rem motor tersebut disebabkan karena kampas remnya sudah habis.

Kampas rem yang sudah habis, selain bikin rem jadi tidak pakem, juga bisa bikin rem jadi gampang blong. Kedua kondisi tersebut tentu saja berpotensi membahayakan kita maupun pengendara lain.

Karena itulah, kampas rem belakang maupun rem depan harus dicek secara berkala dan segera diganti apabila sudah tipis.

5. Lakukan Tune Up Motor Secara Berkala

“Tune Up” adalah istilah yang sering digunakan oleh mekanik untuk servis motor rutin yang meliputi pemeriksaan komponen vital pada kendaraan. Mulai dari, komponen utama seperti saringan udara (pada motor matic), karburator pada motor lawas, rantai, rem, tekanan ban, kondisi lampu, klakson, hingga kondisi oli mesin.

Selain oli mesin, mekanik juga akan mengecek oli gardan, dan sejumlah part motor, khususnya yang ada di dalam blok CVT.

Jika mekanik menemukan bagian-bagian yang perlu diganti atau diservis, mekanik Planet Ban akan segera memberitahu kita tentang hal tersebut untuk meminta pertimbangan.

Jika kita bersedia, bagian-bagian yang perlu diganti tersebut akan langsung diganti pada saat tune up motor. Tapi jika budget kita terbatas, atau jika kita tidak ingin mengganti pada saat itu, kita bisa meminta mekanik untuk membuatkan daftar bagian-bagian yang perlu diganti atau segera diperbaiki. Dengan begitu, kita bisa menyiapkan dananya atau segera menggantinya jika sudah sangat mendesak.

Planet Ban: Bengkel Service Motor Terbaik

Setelah mencoba beberapa bengkel motor, menurut saya, Planet Ban adalah salah satu bengkel servis motor terbaik yang bisa kita datangi kalau mau servis motor dengan biaya hemat dan hasil maksimal.

Servis motor di Planet Ban akan bikin motor terasa seperti baru lagi, karena servis yang dilakukan mekanik di Planet Ban sangat maksimal.

Berdasarkan pengalaman, mekanik di Planet Ban tidak hanya menservis bagian-bagian yang gampang dilihat, tapi juga akan memeriksa bagian-bagian yang tersembunyi dan jarang di service di bengkel-bengkel lain.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dan di Tempat Lain

Kalau kamu pernah servis motor dan rasa motormu masih sama aja setelah diservis. Kemungkinan hal tersebut disebabkan karena masih banyak debu atau kotoran serta sisa pembakaran pada mesin.

Sisa-sisa kotoran tersebut masih tersisa di mesin karena service tidak dilakukan secara maksimal. Kalau di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan sampai ke bagian-bagian terdalam.

Jadi, selain blok CVT, mekanik juga akan memeriksa dan menservis silinder, klep mesin, trotol body, dan akan membersihkan kotoran maupun debu serta sisa-sisa pembakaran. Itulah yang bikin mesin motor akan terasa seperti baru setelah diservis di Planet Ban.

Menurut saya, ada beberapa keuntungan, yang bisa kita dapatkan kalau memilih servis motor di Planet Ban. Selain beberapa hal yang sudah saya sebutkan di atas tadi, berikut adalah keuntungan-keuntungan yang saya maksud.

  • Servis yang menyeluruh akan bikin tarikan mesin jadi lebih enteng
  • Emisi motor turun lebih dari 70%
  • Motor jadi lebih hemat BBM
  • Mesin motor jadi lebih bersih dan lebih awet
  • Planet Ban menyediakan oli motor matic berkualitas terbaik bagi yang mau ganti oli
  • Biaya service murah:
    • Harga service throttle body cuma Rp20.000
    • Service CVT serta rantai Rp19.500
    • Biaya service motor injeksi hanya Rp20.000

Gimana? Murah banget kan? Jadi kalau mau servis motor murah dengan hasil maksimal, saran saya datang aja langsung ke bengkel motor Planet Ban terdekat. Mereka menawarkan pelayanan dengan orientasi kepuasan pelanggan. Sehingga, mesin motor kita akan terasa seperti mesin motor baru setelah diservis di Planet Ban. Apakah bengkel Planet Ban sudah hadir di kotamu?

9 comments for "Cara Hemat Servis Motor dengan Hasil Maksimal"

  1. Bener banget servis motor itu harus agar motor awet dan juga hemat BBM

    ReplyDelete
  2. Nita Juwithafina13 October, 2023 19:44

    Nah yang suka nyervis ini suamiku sih, aku cuma tim pake. Tapi ini tipsnya sip banget, kapan kapan bisa dipraktekin, Planet Ban ya.. oke sip

    ReplyDelete
  3. Seringnya sih lupa buat servis, gimana ya cuma tim pake doang nih hahhaa.. Dari sini aku jadi tau kalau kita harus mengganti oli setiap 2 bulan sekali atau setelah motor menempuh jarak 2000 s/d 4000 km.

    ReplyDelete
  4. Seringnya sih lupa buat servis, gimana ya cuma tim pake doang nih hahhaa.. Dari sini aku jadi tau kalau kita harus mengganti oli setiap 2 bulan sekali atau setelah motor menempuh jarak 2000 s/d 4000 km.

    ReplyDelete
  5. Emang gitu kak, kalau kita servis suka merembet kemana-mana, jadi harus nyiapain dana lebih buat siap-siap kalau ada yang bengkak.. Nice tips kak..

    ReplyDelete
  6. Setau saya cuma ganti oli doang sih ya.. selebihnya nggak ngerti sama sekali, maklum ada suami dirumah yang lebih perhatian sama motornya haha

    ReplyDelete
  7. Nah ini nih ada pengalaman aku mas, dulu pernah nggak servis sampe 6 bulan, eh pas dateng ke bengkel abis nyaris sejuta donggg.. Tau ada planet Ban mungkin aku kesana dah, lebih murah deh kayaknya.

    ReplyDelete
  8. Seringnya sih lupa buat servis, gimana ya cuma tim pake doang nih hahhaa.. Dari sini aku jadi tau kalau kita harus mengganti oli setiap 2 bulan sekali atau setelah motor menempuh jarak 2000 s/d 4000 km.

    ReplyDelete
  9. jadi tahu banyak soal pengecekan motor lebih detail, selama ini tahunya yang umum saja, oli, ban lainnya kurang paham, tapi setelah baca ini jadi tahu detail, para perempuan yang belum pernah service harus baca ini sih biar motornya awet

    ReplyDelete