Harga Poco X3 Review Lengkap

Harga Poco X3 Review Lengkap "Berapa harga Xiaomi Poco X3?" Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para penggemar smartphone high end atau flagship murah. Harga hp Poco ini pasti membuat kita merasa penasaran, mengingat spesifikasi Xiaomi Poco X3 NFC terlihat sangat wah.

Review Xiaomi Poco X3

Mulai dari jeroannya yang mengandalkan chipset Snapdragon 732G (8 nm), processor octa-core 2 x 2.3 GHz dan 6 x 1.8 GHz, RAM 6GB, hingga kamera utama 64 MP dan kamera selfie 20 MP.

Melihat spesifikasi singkat Poco X3 tersebut, wajar bila banyak diantara kita yang pasti sangat penasaran dengan harga smartphone ini bukan?

Namun sebelum kita membahas harga hp Xiaomi ini, mari kita cari tahu bagaimana spesifikasinya terlebih dahulu. Dengan begitu, kita bisa menilai apakah harga Poco X3 murah atau biasa saja.

Spesifikasi Poco X3

Desain body

Desain Poco X3

Desain adalah salah satu bagian yang kerap kali membuat kita tertarik atau sebaliknya, membuat kita mengurungkan niat untuk membeli sebuah hp. Cukup beralasan, mengingat desain seringkali berhubungan dengan selera (pribadi).

Secara umum, desain Poco X3 terlihat sangat menarik di bagian depan karena tidak menyertakan notch. Melainkan, kamera depannya menggunakan desain punch hole. Dengan desain seperti ini, bagian muka Poco X3 terlihat seolah-olah punya tahi lalat kecil di jidat. Dan desain seperti ini membuat layar hp terlihat sangat lega.

Beralih ke bagian frame, smartphone ini menggunakan frame berbahan aluminium yang sudah pasti sangat kokoh dan tidak mudah rusak apabila terjatuh atau terbentur.

Sayangnya, cover di bagian belakang hanya terbuat dari bahan plastik dan tidak dilindungi dengan kaca Gorilla Glass. Meski demikian, kelemahan Poco X3 ini tidak terlalu berpengaruh mengingat harganya yang relatif terjangkau di samping finishing-nya yang berkualitas tinggi.

Jadi, meskipun hanya menggunakan bahan plastik namun finishing-nya yang bagus membuat hp ini tetap nyaman digenggam dan enak dipandang ketika dilihat dari belakang. Satu-satunya hal yang mengganggu di bagian belakang adalah desain kameranya yang sedikit agak aneh, karena mengombinasikan antara bentuk lingkaran dengan bentuk persegi.

Spek hardware Poco X3

Spec Poco X3 di bagian dalam tergolong istimewa jika melihat harganya yang terjangkau. Chipset-nya menggunakan Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm) yang dikombinasikan dengan prosesor octacore. 8 inti prosesor tersebut terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama terdiri atas 2 inti yang masing masing inti berjalan pada frekuensi 2.3 GHz. Bagian kedua terdiri atas 6 inti yang masing-masing memiliki kecepatan 1.8 GHz. Chipset dan prosesor ini ini didukung pengolah grafis atau GPU Adreno 618. Bagaimana performa grafis ini?

GPU Adreno 618 adalah kartu gratis yang sebenarnya di desain untuk seluler (smartphone atau tablet) kelas menengah. Jadi, bisa dikatakan bahwa smartphone ini tidak sepenuhnya menawarkan spek hp high-end.

Adreno 618 yang dipasangkan dengan chipset Snapdragon 732G memiliki performa yang sangat kencang membawa clock rate yang tinggi. GPU ini sendiri mendukung standar modern Vulcan 1.0, OpenGL ES 3.2, OpenCL 2.0 dan DirectX 11.

Spesifikasi Xiaomi Poco X3 terlihat semakin menarik berkat dukungan RAM 6GB yang dipadukan dengan 2 pilihan memori internal (ROM), yaitu: 64 GB dan 128 GB tipe UFS 2.1. Dengan dukungan RAM yang besar, smartphone ini tidak kesulitan ketika digunakan untuk multitasking, menjalankan berbagai game besar dengan settingan grafis yang tinggi, serta apabila digunakan untuk editing video.

Ruang penyimpanannya yang luas juga akan memudahkan user menyimpan data-data dalam ukuran yang besar seperti video hasil rekaman hp maupun hasil editing dari aplikasi. Jika ruang penyimpanan yang tersedia belum cukup, Xiaomi menawarkan memori tambahan melalui slot micro SDXC.

Kamera Poco X3

Kamera Poco X3

Kamera belakang Poco X3 berjumlah 4 buah, yang terdiri atas kamera utama 64 MP dengan bukaan 1.9, kamera ultra wide 13 MP, kamera makro 2 MP, dan deep sensor camera 2 MP.

Kamera utama (64 MP) menggunakan sensor Sony IMX682 yang dapat digunakan untuk mengambil foto maupun video dalam berbagai pilihan mode. Kamera utama Poco X3 sendiri dapat digunakan untuk mengambil video slow motion maksimal 960 fps pada resolusi 720p.

Di samping kemampuan tersebut, kamera Poco X3 juga telah dilengkapi dengan fitur Image Stabilization untuk menstabilkan gambar saat merekam video. Dan kamera utama pada bagian belakang juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi 4K pada kecepatan maksimal 30fps.

Jika kamu ingin hasil video yang lebih detail dan halus, kamu bisa menambah kecepatannya hingga 120 fps, namun dengan resolusi yang lebih rendah yaitu resolusi full HD (1080p).

Beberapa fitur lain yang disematkan oleh Xiaomi pada smartphone ini, yang sangat membantu untuk menghasilkan video maupun foto sesuai kebutuhan diantaranya adalah: AI SkyScaping 3.0, AI photo clones, cyberpunk, gold vibes, black ice, dan timed burst.

Kamera depan Poco X3 juga tidak kalah menarik. Berbekal sensor 20 MP, Poco X3 dapat menghasilkan foto selfie yang sangat bagus. Baik ketika digunakan di tempat-tempat yang cukup cahaya maupun di tempat-tempat yang minim cahaya. Hasil foto low light camera ini minim noise, sangat tajam, dan jernih. Kamera depan dapat digunakan untuk mengambil video dengan resolusi maksimal 1080p pada kecepatan 30fps.

Layar (display)

Spesifikasi Layar Xiaomi Poco x3

Display Poco X3 tergolong cukup lega karena, selain karena tidak ada notch, juga karena diagonalnya yang memang cukup luas, yaitu 6.67 inci. Display yang tergolong lebar ini menggunakan resolusi 1080 X 2400 pixels. Layar smartphone ini dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5, sehingga tidak mudah tergores dan pecah.

Selain resolusi full HD, display IPS LCD pada smartphone ini juga menawarkan fitur lain berupa: HDR10, refresh rate 120Hz, dan dan kecerahan hingga 450 nits.

Melihat layar dengan refresh rate 120Hz sangat menyenangkan. Karena segala sesuatu yang ada pada layar terlihat lebih halus dan lembut serta tajam. Refresh rate yang tinggi ini sangat berguna ketika kita gunakan untuk melihat objek-objek yang bergerak di layar.

Misalnya ketika menonton video, bermain game, atau ketika menggulung (scroll) ebook, web, dan lain sebagainya. Dengan gerakan yang lebih halus, mata tidak mudah lelah dan otak pun tidak mudah pusing.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa refresh rate yang tinggi pada layar smartphone ini bisa membantu kita bekerja (menggunakan hp) dengan durasi yang lebih panjang tanpa mudah merasa pusing atau mengalami mata lelah.

Sistem operasi dan user interface

Xiaomi Poco X3 secara default membawa sistem operasi Android 10 dan user interface MIUI 12. Bagi kamu yang belum tahu, Android 10 memiliki sejumlah pembaharuan atau kelebihan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Apa saja kelebihan dan keunggulan Android 10, berikut diantaranya:
  • Android 10 mendukung jaringan 5G

  • Memiliki privasi dan keamanan yang lebih baik

  • Menyediakan 50 fitur yang terdiri atas perlindungan, transparansi, serta control yang lebih user friendly

  • Memiliki kemampuan multitasking yang lebih baik lebih

  • Membawa fitur Smart Reply pada notifikasi

  • Android 10 juga mendukung tema gelap (dark theme)

  • Mendukung navigasi gesture lengkap dengan menghilangkan area panel navigasi, sehingga memungkinkan kita untuk menggunakan secara keseluruhan layar yang ada--mulai dari atas hingga bawah

  • Mendukung Dynamic Depth untuk kamera. Sehingga kamera bisa menghasilkan foto JPEG dengan latar belakang blur

  • Codec video dan audio baru sehingga bisa digunakan memutar lebih banyak format video

  • Bisa merekam audio dengan suara tiga dimensi sesuai dengan arah mikrofon

  • Dan masih banyak fitur-fitur lainnya
Bagaimana dengan MIUI 12? MIUI adalah antarmuka yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk smartphone maupun tablet yang mereka keluarkan. Apa saja fitur baru pada MIUI 12 yang perlu kita tahu? Setidaknya ada 12 fitur baru yang membuat MIUI 12 terlihat lebih baik dibandingkan dengan MIUI 11, misalnya:
  • Animasi terlihat lebih halus dan lebih banyak

  • Aplikasi cuaca yang bisa menampakkan kondisi sebenarnya

  • Desain notifikasi juga mendapatkan sentuhan ulang. Desain baru membuatnya lebih menarik dan lebih mudah digunakan

  • Menawarkan banyak wallpaper yang menarik yang disebut Wallpaper Super

  • Menyediakan dark mode atau theme gelap

  • Menyediakan fitur App Drawer untuk memudahkan kita mengelola aplikasi atau shortcut

  • Magic Clone adalah fitur yang memungkinkan pengguna merekam video atau foto selfie yang hasilnya akan di Clone waktu yang bersamaan

  • Fitur floating Windows. Fitur ini akan memudahkan kita untuk melakukan multitasking dengan cara yang berbeda

  • Penghemat baterai ultra

  • Dan fitur cast yang lebih baik

Baterai

Spesifikasi Poco X3 terlihat semakin menarik berkat kehadiran baterai berukuran 5160 mAh yang didukung fast charging 33W. Dimana charger ini bisa mengisi baterai hp hingga 62% hanya dalam waktu 30 menit. Untuk mengisi baterai Poco X3 dari posisi 0% hingga 100%, hanya dibutuhkan waktu sekitar 65 menit saja.

Fitur dan konektivitas

Poco X3 dilengkapi dengan jaringan LTE. sayangnya, hp Android murah ini tidak dilengkapi dengan jaringan 5G. Jadi, bisa dibilang bahwa, tidak adanya jaringan 5G menjadi kelemahan tersendiri untuk Poco X3. Meski demikian, ketidakhadiran teknologi jaringan 5G pada Poco X3 tidak menjadi masalah yang berarti bagi kita yang tinggal di Indonesia, mengingat jaringan 5G masih belum begitu populer. Setidaknya hingga beberapa tahun kedepan.

Body smartphone ini telah dilindungi dengan anti percikkan air (splash-proof) dengan sertifikasi IP53. Sayangnya, tidak ada pelindung anti debu. Yang pasti akan membuatnya mudah kotor jika hp diletakkan di tempat-tempat yang berdebu.

Fitur Xiaomi Poco X3 lainnya yang menarik diantaranya adalah fitur konektivitas Bluetooth 5.1, smartphone ini juga sudah dibekali dengan konektivitas NFC, infrared port tetap tersedia sehingga kita tetap bisa menggunakannya sebagai remote alternatif untuk mengendalikan TV hingga AC, tersedia FM radio dan fungsi recording, fingerprint sensor di samping Face Unlock, dan terdapat juga dengan konektivitas USB 2.0 Type-C (reversible connector).

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco X3

Kelebihan Poco X3 yang pertama sudah pasti terletak pada harganya yang terjangkau. Kelebihan lainnya terletak pada layarnya yang didukung refresh rate 120Hz di samping fitur HDR10 dan proteksi Corning Gorilla Glass 5.

Kekurangan Xiaomi Poco X3 menurut saya tidak terlalu signifikan, mengingat harga smartphone ini yang sangat terjangkau. Meski demikian, jika tetap harus ada sejumlah kekurangan, maka ini beberapa hal berikut ini adalah diantaranya.

Pertama, bodi bagian belakang tidak dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 dan hanya menggunakan bahan plastik, tidak dilengkapi dengan jaringan 5G, bobotnya sangat berat yaitu mencapai 215 gram sehingga membuat kita lebih mudah pegal ketika menggunakannya untuk bermain game atau untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Harga Xiaomi Poco X3

Harga Xiaomi Poco X3


Xiaomi Poco X3 sendiri belum secara resmi masuk ke Indonesia meskipun sudah diperkenalkan di luar negeri (Eropa). Di sana, harga Poco X3 varian 6/64 GB ditawarkan dengan banderol sekitar $229 atau sekitar Rp 3.4 jutaan. Sedangkan varian 6/128GB ditawarkan dengan harga sekitar 249 dolar atau setara dengan Rp 3,7 jutaan.
  • Harga Xiaomi Poco X3 RAM 6 GB ROM 64 GB = Rp 3.400.000

  • Harga Xiaomi Poco X3 RAM 6 GB ROM 128 GB = Rp 3.700.000

0 Response to "Harga Poco X3 Review Lengkap"