10 Foto Editor Keren untuk Android

Meskipun ada banyak aplikasi foto editor keren untuk hp Android yang bisa dijumpai di Google Play. Namun, kemampuan sebagian besar aplikasi-aplikasi tersebut tentu saja belum bisa menyanyi Adobe Photoshop, Lightroom, ataupun software Gimp versi desktop.

Sebagian besar aplikasi edit foto untuk Android menawarkan pengalaman yang mirip dengan software Adobe Lightroom CC. Atau, seperti yang ditawarkan oleh aplikasi Snapseed. Kebanyakan, hanya menawarkan filter foto yang lebih cocok digunakan untuk editing ringan agar foto kelihatan sedikit lebih keren ketika di-upload ke sosial media seperti Instagram, Facebook, atau yang lainnya.

Daftar 10 foto editor keren untuk Android

  1. Adobe Photoshop Express
  2. AirBrush: Easy Photo Editor
  3. Snapseed
  4. Fotor Photo Editor - Photo Collage & Photo Effects
  5. VSCO: Photo & Video Editor
  6. LightX Photo Editor & Photo Effects
  7. InShot Video Editor & Video Maker Pro
  8. PhotoDirector Photo Editor: Edit & Create Stories
  9. Pixlr – Free Photo Editor
  10. PicsArt Photo Editor: Pic, Video & Collage Maker
Untuk mengetahui bagaimana performa 10 foto editor terkeren untuk Android di atas, kamu bisa melihat ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Adobe Photoshop Express

Foto editor terkeren Adobe Photoshop Express

Sebenarnya tidak hanya Adobe Photoshop Express yang saya rekomendasikan. Pasalnya, Adobe telah merilis sejumlah aplikasi editor foto untuk pengguna Android.

Adobe Photoshop Express adalah salah satunya. Namun selain aplikasi ini, masih ada Adobe Photoshop Mix dan Adobe Lightroom yang bisa dicoba.

Bagi kamu yang kebetulan sudah berlangganan software Adobe CC (Adobe Creative Cloud) di Pc. Kamu tentu akan lebih mudah jika menggunakan berbagai aplikasi Adobe di Android. Karena pada dasarnya, berlangganan Adobe CC berarti juga dapat bonus semua fitur yang terdapat pada aplikasi Adobe untuk Android.

2. Airbrush

Airbrush Photo Editor Android

Aplikasi edit foto keren lainnya yang wajib kamu pertimbangkan adalah Airbrush. Aplikasi ini, menurut saya cukup keren karena, sangat sesuai dengan kebutuhan pengguna smartphone. Mengingat sebagian besar hp berkamera digunakan untuk mengambil foto selfie atau portrait.

Aplikasi Airbrush adalah opsi yang luar biasa untuk edit foto, terutama yang berkaitan dengan orang atau manusia. Karena banyak fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini difokuskan untuk mengedit wajah.

Seperti fitur untuk menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, menghilangkan mata merah, memutihkan gigi, dan membuat mata terlihat lebih cemerlang.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat bagus untuk membuat foto portrait dengan latar belakang bokeh atau blur sehingga objek akan terlihat lebih fokus.

Airbrush juga menawarkan fungsi kamera terpisah yang memungkinkan kita melakukan editing sebelum mengambil foto. Misalnya pada saat mengambil foto selfie.

Kalau kamu mau menikmati semua fitur yang ada di aplikasi ini, kamu harus langganan per bulan atau per tahun. Meski demikian, ada kesempatan sekitar 7 hari untuk mencoba berbagai fitur yang ada, sebelum kamu memutuskan apakah akan membelinya atau tidak.

3. Snapseed

Edit Foto Android Terbaik Snapseed

Aplikasi edit foto gratis Android lainnya yang keren dan diperuntukkan bagi para pecinta fotografi adalah Snapseed. Ini adalah aplikasi yang dibeli oleh Google beberapa tahun yang lalu. Hal tersebut membuktikan bahwa Snapseed merupakan salah satu aplikasi editor foto terbaik.

Kemampuan aplikasi ini terus mengalami perkembangan yang cukup baik. Sehingga wajar apabila aplikasi editor foto Snapseed menawarkan performa yang sangat luar biasa, dan bisa dijadikan sebagai opsi aplikasi edit foto wajib bagi para penggemar mobile photography.

Meski gratis, aplikasi ini tidak disertai iklan. Selain itu, aplikasi ini juga terasa cukup enteng ketika dijalankan di hp Android yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi.

Jika harus memilih antara aplikasi Adobe dan Snapseed, saya pribadi lebih menyukai aplikasi ini karena menawarkan banyak filter menarik, cara menggunakannya sangat sederhana, dan ringan.

4. Fotor Photo Editor

Fotor Photo Editor

Fotor adalah aplikasi gratis yang tidak sepenuhnya gratis. Karena meskipun gratis, kita tetap harus membayar jika ingin menikmati semua fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Meskipun tidak sepenuhnya gratis, namun Fotor sudah sejak lama menjadi salah satu aplikasi wajib para mobil fotografer.

Aplikasi ini menawarkan banyak pilihan tools yang bagus dengan kemampuan yang sangat luar biasa serta mudah digunakan.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk memotong atau cropping, rotate atau memutar, mengubah kecerahan foto atau brightness, menawarkan fitur highlight, saturation, exposure, shadow, temperatur, RGB, fungsi tint, hingga fitur vignetting.

Saya tidak akan menjelaskan satu-persatu beberapa istilah yang digunakan untuk fitur-fitur tersebut pada artikel ini. Namun, daftar fitur-fitur tersebut seharusnya bisa memberikanmu gambaran bagaimana kemampuan aplikasi ini.

Jika kamu tertarik, kamu bisa langsung mengunduhnya di Google Play dan mencoba fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Fotor Photo Editor ini.

5. VSCO

VSCO: Photo & Video Editor

Kalau kamu mencari sebuah foto editor yang menawarkan banyak filter, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi VSCO. Aplikasi ini menawarkan metode pengeditan teknis yang sangat mudah hanya dengan beberapa sentuhan untuk menghasilkan foto yang tampak lebih profesional.

6. LightX Photo Editor

LightX Photo Editor

LightX adalah aplikasi yang pada awalnya meraih popularitas di perangkat Apple. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi LightX diantaranya adalah, color balance, pengaturan level, hingga kurva. Selain itu, terdapat juga tool yang bisa digunakan untuk mengubah background.

Bagi kamu yang suka menggabungkan beberapa foto, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi ini. Selain itu, terdapat beberapa efek yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat foto terlihat lebih profesional. Seperti misalnya, efek blur, stiker, kolase, hingga manipulasi bentuk.

7. InShot Photo Editor Pro

InShot Photo Editor Pro

Aplikasi InShot Photo Editor Pro juga menawarkan berbagai macam filter dan efek yang dapat digunakan untuk mempercantik foto.

Aplikasi ini menawarkan edit foto gaya baru yang lebih mudah dan profesional. Kalau kamu ingin menikmati semua fitur yang disediakan oleh InShot Photo Editor, kamu bisa mencoba versi Pro.
Aplikasi foto editor keren Android ini juga bisa digunakan untuk memotong gambar atau cropping serta berbagai fitur dasar lainnya masuk cut dan retouch.

8. PhotoDirector Photo Editor

PhotoDirector Photo Editor

Photodirector adalah aplikasi multi purpose yang antar mukanya sangat mudah dipahami sehingga orang awam sekalipun bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini untuk edit foto.

PhotoDirector menawarkan banyak fitur menarik. Mulai dari fitur kamera yang efeknya langsung bisa diterapkan sebelum foto diambil. Menawarkan berbagai macam efek foto mulai dari efek Artistic, Lomo, HDR, hingga Vignette.

9. Pixlr

Pixlr – Free Photo Editor

Pixlr merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik Android yang mungkin kamu butuhkan. Aplikasi ini menawarkan lebih dari ratusan kombinasi efek, filter gratis, serta fitur overlay yang dapat membuat foto terlihat lebih menarik.

Beberapa contoh efek foto yang bisa dihasilkan menggunakan Pixlr diantaranya adalah efek sketsa, gambar pensil, lukisan tinta, dan masih banyak yang lainnya.

Selain fitur tersebut, kamu juga akan menemukan fitur penyeimbang warna (Color Balance), pengatur latar belakang, jarak, dan tata letak.

10. PicsArt

PicsArt Photo Editor: Pic, Video & Collage Maker

Ini adalah salah satu aplikasi edit foto yang sangat populer di antara pengguna Android. Aplikasi ini diunduh lebih dari 250 juta kali.

Aplikasi PicsArt menawarkan metode pengeditan yang ringan dengan filter, kombinasi text, stiker, dan juga kolase. Aplikasi ini selain bisa digunakan untuk edit foto, juga bisa digunakan untuk membuat animasi gif.

Itulah 10 pilihan foto editor keren untuk Android yang bisa kamu coba. Berbagai pilihan aplikasi di atas sangat cocok digunakan untuk mengedit foto hasil kamera hp dengan sentuhan-sentuhan ringan. Jika ingin melakukan editing yang lebih profesional, hingga saat ini, rasanya belum tersedia aplikasi foto editor sekelas Photoshop atau Gimp versi PC.

0 Response to "10 Foto Editor Keren untuk Android"