Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permudah Monitoring Jaringan dengan Tools Pemantauan Jaringan

Bagaimana kondisi jaringan atau server di perusahaan Anda? Apakah Anda sering memantaunya? Mengabaikan kondisi jaringan pada perusahaan merupakan hal yang harus dihindari jika Anda ingin layanan perusahaan berjalan dengan baik. Untuk mematikan jaringan perusahaan Anda berada pada kondisi optimal, Anda harus melakukan pemantauan jaringan secara berkala. 

Pemantauan jaringan merupakan proses pemantauan dengan menggunakan software untuk memantau kesehatan dan kendala pada jaringan. Untuk memudahkan memonitor jaringan, dibutuhkan tools yang dapat mengumpulkan data dalam berbagai bentuk dari perangkat jaringan aktif, seperti router, switch, load balancer, server, firewall, atau dedicated probes untuk menggambarkan kondisi jaringan. 

3 Fitur network monitoring yang Anda butuhkan bagi penunjang bisnis perusahaan: 

  • Fitur Pemantauan Ketersediaan Jaringan 

Fitur ini dibutuhkan untuk memonitor ketersediaan jaringan meliputi router, switch, server, koneksi jaringan yang terhubung dengan perusahaan dan perangkat lainnya secara real time. Dengan menggunakan fitur ini maka perusahaan dapat mengetahui dan mendeteksi gangguan atau kegagalan yang mempengaruhi konektivitas dan segera melakukan tindakan perbaikan. 

  • Fitur Pemantauan Kinerja Jaringan 

Fitur dalam pemantauan kinerja jaringan ini meliputi pemantauan parameter seperti latensi, kecepatan transfer data, throughput, pemakaian bandwidth, dan utilitas sumber daya jaringan lainnya untuk dapat mengidentifikasi bottleneck atau titik lemah dalam infrastruktur jaringan, mengoptimalkan kinerja, dan memastikan pengalaman pengguna yang baik. 

  • Fitur Pendeteksi Ancaman dan Keamanan 

Fitur ini penting agar perusahaan Anda dapat mendeteksi dini serangan ancaman keamanan seperti serangan siber, malware, dan perilaku mencurigakan lainnya. Pemantauan ini melibatkan pemantauan lalu lintas jaringan, analisis log, dan pengenalan pola serangan.

Ketiga fitur tersebut merupakan aspek yang penting untuk Anda pertimbangkan ketika akan menentukan layanan monitoring jaringan bagi perusahaan Anda. Agar lebih mempermudah proses pengelolaan jaringan, Anda dapat menggunakan layanan monitoring jaringan dengan centralized network management.

Centralized network management merupakan pengelolaan jaringan dalam satu server pusat. Dalam arti lain, Anda dapat melakukan pemantauan, manajemen kinerja, dan keamanan jaringan secara terpusat dengan lebih mudah. Layanan monitoring jaringan dengan centralized network management ini dapat Anda temukan salah satunya pada layanan Netmonk Telkom

Dengan menggunakan Netmonk, Anda akan mendapatkan banyak keunggulan tetapi dengan budget yang lebih terjangkau. Beberapa keunggulan dari Netmonk adalah kompatibel dengan linux; dapat melakukan pemantauan 3 in 1 yaitu pemantauan jaringan, API dan server secara bersamaan dalam satu aplikasi; fitur yang sederhana serta memiliki fitur proactive maintenance pada semua modul.

Sudah saatnya Anda memantau kondisi jaringan perusahaan dengan menggunakan tools pemantau jaringan yang terbaik. Gunakan Netmonk sekarang dan rasakan kemudahan monitoring jaringan dengan one tools all purpose Netmonk. 

Post a Comment for "Permudah Monitoring Jaringan dengan Tools Pemantauan Jaringan "