Hacker Lumpuhkan Jaringan Sony Pictures Entertainment


Baru baru ini dilaporkan bahwa sebuah serangan hacker terjadi pada salah satu anak perusahaan Sony. Yang menjadi targetnya adalah Sony Pictures Entertainment. Serangan ini terjadi pada hari senin lalu dan memaksa Sony Pictures Entertainment untuk matikan sistem jaringan mereka.

Serangan itu ditandai dengan munculnya sebuah gambar Tengkorak di layar komputer Sony Pictures Entertainment dan menuliskan sebuah pesan #GOP yang merupakan singkatan dari guardian of peace, yang diduga kuat menjadi dalang dari penyerangan ini.

Dikatakan bahwa Sony telah mengambil langkah untuk men-shutdown sistem jaringan mereka untuk menyelesaikan masalah ini. Dan kemungkinan besar akan memakan waktu sekitar 1 hari hingga 3 minggu.

Di lain tempat baru-baru ini sebuah pesan terpampang di website redditnews yang menuliskan peringatan berbunyi “we have already warned you and this is just the beginning… we have obtained all your internal data including secrets and top secrets”. Begitu bunyi pesan tersebut yang kira-kira artinya “kami telah memperingatkan anda dan ini hanyalah permulaannya… kami sudah mendapatkan semua data internal anda, termasuk yang bersifat rahasia dan sangat rahasia”.

Serangan ini sendiri terjadi sebulan setelah penyerangan yang dilakukan oleh hacker pada jaringan Playstation Sony.

Tidak diketahui secara jelas apa motif dari penyerangan tersebut.