Daftar Handphone dengan Desain Hole-Punch Display

Handphone atau Teknologi smartphone mengalami perkembangan yang sangat signifikan dua tahun belakangan ini. Terutama di bagian layarnya yang semakin lebar. Screen to body ratio sebuah smartphone jadi makin besar. Pemangkasan bezel di kiri-kanan, serta jidat dan dagu di bagian atas maupun bawah, membuat layar smartphone terlihat makin lebar--tapi ukurannya semakin kecil.

Infinity display dan notch


Bermula dari kehadiran Samsung Galaxy S8 yang menjadi suksesor Galaxy S7 yang sebelumnya sempat gagal total akibat kasus ledakan demi ledakan yang mengkhawatirkan. Samsung akhirnya mampu bangkit dengan menawarkan Galaxy S8 yang mengusung tampilan baru dan terlihat sangat menarik. Pada saat itu, Samsung menyebut tampilan tersebut dengan sebutan Infinity display. Yaitu, sebuah layar lebar dengan rasio 18:9.



Kehadiran handphone yang mengagumkan ini tentu saja membuat banyak orang penasaran dan ingin memilikinya. Melihat tampangnya yang berbeda dari handphone kebanyakan membuat kita dengan mudah melihat perbedaan sebuah smartphone kekinian yang lebih modern dengan model jadul.

Sebagai pesaing utama. Apple pun tidak mau kalah. Mereka mengeluarkan iPhone X yang memiliki screen to body ratio lebih tinggi. Selain memangkas dagu di bagian bawah, iPhone X juga memangkas jidat di bagian atas, meskipun masih tersisa untuk menempatkan kamera dan sensor. Jidat di bagian atas tersebut lebih kita kenal dengan istilah "notch." Segera setelah mengeluarkan iPhone X, maka semakin banyak smartphone baru, khususnya yang keluar pada tahun 2018 yang menggunakan dua macam desain tersebut. Yaitu, infinity display ala Samsung serta layar dengan notch ala iPhone X.

Namun perdebatan demi perdebatan memaksa banyak produsen smartphone untuk berinovasi. Pasalnya, baik Infinity display ala Samsung maupun model notch ala iPhone X dianggap masih bisa ditingkatkan. Bahkan tidak sedikit pengguna gadget yang justru tidak menyukai kedua desain tersebut. Sehingga, muncullah inovasi-inovasi untuk menghilangkan notch dan mengurangi dagu serta jidat smartphone. Diantaranya adalah dengan dikeluarkannya smartphone “slide” ala Xiaomi MI Mix 3 atau desain ala Oppo Find X yang mengandalkan “motorized pop-up camera.”

Lagi-lagi, slide phone ala Mi Mix 3 ataupun motorized pop-up kamera Find X dianggap masih terlalu aneh dan kurang simple. Sehingga, belakangan ini mulai muncul inovasi lain berupa “punch-hole display.” Yang disebut punch-hole display adalah sebuah lubang di layar yang digunakan untuk menempatkan kamera depan (kamera selfie). Dengan begitu, mereka tidak lagi membutuhkan notch, smartphone model slide, ataupun motor yang dapat memunculkan sebuah kamera.

Inovasi ini tidak hanya menjawab harapan mereka-mereka yang tidak menyukai notch ataupun slide, tapi sekaligus menjadi jawaban atas keraguan orang yang mengatakan notch serta slide adalah ide terbaik saat ini.  Dengan adanya inovasi hole-punch display ini, sebuah smartphone bisa memiliki layar yang lebarnya hampir memenuhi body depan. Memungkinkan sebuah smartphone memiliki screen to body ratio hingga 84% lebih.

Berikut adalah daftar handphone dengan desain hole punch display yang saat ini sudah bisa kita saksikan di pasaran.

Samsung Galaxy A8s


Ini adalah smartphone pertama yang menggunakan punch-hole di bagian layarnya untuk mengakomodasi kamera depan. Smartphone ini diumumkan kehadirannya pada bulan Desember tahun 2018 lalu dan sudah dirilis di bulan yang sama.
Adapun spesifikasi Samsung Galaxy A8s adalah:


  • Menggunakan display berukuran 6.4 inci dengan resolusi 1080 X 2340 pixels
  • Dilengkapi dengan platform sistem operasi Android 9.0 
  • Di bagian hardware, smartphone ini dibekali chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm) yang didukung CPU Octa-core (2x2.2 GHz 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver). Di bagian grafis, Samsung mempercayakan Adreno 616 
  • Pilihan RAM dan memori internal yang tersedia adalah: RAM 6/64 yang dipadukan dengan memori internal seluas 128GB
  • Di bagian belakang, kamera utama mengandalkan 3 buah kamera berukuran 24 MP, 10 MP, dan sebuah sensor 5 MP yang berfungsi sebagai deep sensor. Yaitu, sensor yang dapat menghasilkan background blur pada foto 
  • Di bagian depan terdapat satu buah kamera berukuran 24 MP, yang dapat mengambil gambar melalui sebuah lubang di sisi kanan, yang belakangan lebih kita kenal dengan istilah “hole-punch display”


Huawei Nova 4


Sama-sama diumumkan pada bulan Desember tahun 2018, smartphone lain yang juga gunakan desain punch hole display adalah Huawei Nova 4. Smartphone ini juga berukuran 6.4 inci dengan resolusi layar 1080 X 2310 pixels.
Di bagian belakang juga terdapat 3 buah kamera berukuran 48 mp, 16 MP dan 2 MP untuk deep sensor. Dapur pacunya sendiri ditenagai chipset Hisilicon Kirin 970 (10) dan pengolah grafis Mali-G72 MP12

Huawei Honor View 20


Anak perusahaan Huawei yaitu Honor, juga tidak mau ketinggalan. Mereka pun mengeluarkan smartphone dengan desain yang sama pada bulan Desember tahun 2018. Smartphone Honor ini juga mengandalkan chipset Hisilicon Kirin tapi beda versi. Honor membekali smartphone besutan mereka dengan chipset Hisilicon Kirin 980 (7 nm).

Di bagian belakang, Honor hanya menyematkan dua buah kamera berukuran 48 MP, dan satu buah kamera di bagian depan berukuran 25 MP. Melihat spesifikasi tersebut, tidak sulit untuk menebak jika ini adalah alternatif atau versi murah dari Huawei Nova 4. Itulah 3 model smartphone terbaru yang saat ini sudah bisa ditemukan di pasaran tapi belum masuk ke Indonesia. Selain 3 smartphone tersebut, sebenarnya masih ada beberapa hp lain yang digadang-gadang akan mengandalkan desain hole punch display, di antaranya adalah: Galaxy S10 dan Motorola P40.

0 Response to "Daftar Handphone dengan Desain Hole-Punch Display"