Persaingan Tablet iPad, Android, Dan Windows Hingga 2018 Siapa Menang?

Seperti yang kita tahu bahwa sejak pertama kali diluncurkan iPad menghadirkan dimensi baru dalam menggunakan device, serta menandai lahirnya sebuah era baru dalam dunia komputer.

Kita tidak pernah menyaksikan sebelumnya bagaimana sebuah teknologi mencapai sekian ratus juta penjualan dalam waktu yang sangat singkat.

Meledaknya jumlah pengguna tablet yang bahkan melebihi pengguna Pc dan laptop (digabungkan), adalah sesuatu yang mengejutkan, mungkin karena device ini memang terlihat lebih trendy, compact dan berharga lebih murah.

Prediksi pertumbuhan penjualan tablet akan terus menurun hingga tahun 2018. Penurunan yang signifikan terjadi pada penjualan tablet iPad dari Apple. iPad hanya akan mendapat sekitar 24.25% market share dari total yang ada, sedangkan Android akan terus mendominasi karena mereka banyak menjual tablet-tablet berharga murah yang didukung oleh banyak manufaktur. Pada tahun ini saja Android memiliki market share sebesar 60.77 persen dan diperkirakan akan meningkat hingga 64 persen di tahun 2018. Dan yang menarik dari prediksi tersebut adalah peningkatan signifikan akan dialami oleh tablet Windows, yaitu sebesar 3 kali lipat dari market share yang mereka miliki saat ini.

Pertumbuhan tablet Microsoft di pasaran akan didapat dari pemangkasan harga serta penjualan tablet-tablet berbasis windows yang lebih murah.

Untuk saat ini, tablet berbasis Android masih mendominasi. Dengan rentang harga yang bervariasi, pilihan merek dan ukuran yang banyak, dan aplikasi yang lengkap, membuat tablet berbasis Android banyak dilirik oleh konsumen.