Bagaimana Teknologi Modern Memudahkan Hidup Kita


Beberapa tahun yang lalu, tidak ada yang menyangka bahwa teknologi akan membawa kita ke dunia yang berbeda dengan begitu cepat. Yang saya maksud adalah, beberapa tahun yang lalu kita masih banyak melihat teknologi yang memanfaatkan sensor seperti infrared untuk menggerakkan atau mengontrol benda. Namun saat ini…

Kita bisa mengendalikan sebuah benda dengan cara berbicara, atau dengan memikirkan sesuatu, dan secara otomatis benda yang kita ajak berkomunikasi kan mengerti dan menjalankan apa yang kita perintahkan.

dahulu hal tersebut hanya sebuah ide yang berbentuk impian belaka.
Contoh kecil rumah modern atau rumah masa depan akan didominasi oleh teknologi. Dimana kita tidak lagi membuka pintu, menutup pintu, menyalakan Air Conditioner dan lain sebagainya secara manual. Melainkan, kita hanya perlu mengucapkan beberapa kata atau memikirkan sesuatu, dan rumah akan menyelesaikan sisanya.

Saat ini rumah dengan teknologi sudah mulai dikembangkan, dimana kita bisa berbicara kepada rumah untuk melakukan hal-hal sederhana seperti menutup pintu, membuka pintu, menyalakan tv dan lain sebagainya.

Menggerakkan benda dengan menggunakan pikiran adalah sesuatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Hanya orang-orang tertentu dengan kekuatan supranatural saja yang mampu melakukannya. Akan tetapi sekarang, teori tersebut tidak lagi berlaku.

Dengan “brain mesin interface” yaitu sebuah cara yang dikembangkan oleh Hitachi untuk mengendalikan sebuah benda dengan pikiran, sudah mulai diperkenalkan.

Selain Hitachi, Honda juga mulai melakukan eksperimen untuk menjejalkan teknologi ini di kendaraan buatan mereka. Sehingga dimasa depan anda tidak lagi perlu menyetir, melainkan anda hanya perlu memikirkan suatu tempat dan mobil akan bergerak menuju ke tempat yang anda inginkan. Semudah itu!

Baru-baru ini Google juga sempat memamerkan mobil pintar mereka. Dimana mobil tersebut bergerak menuju ke suatu tempat tanpa sopir.

Teknologi-teknologi modern ini tentunya cepat atau lambat akan segera hadir di tengah-tengah kita.
Rasanya tentu menyenangkan sekali, karena segala sesuatu bisa kita kendalikan dengan suara dan pikiran. Akan tetapi, hal ini mungkin akan berakibat buruk pada kesehatan manusia. Menjadikan manusia menjadi semakin malas untuk bergerak. Karena semuanya bisa dilakukan hanya dengan perintah suara dan pikiran.

Beberapa tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2007. saya sempat dikejutkan dengan pembuatan film TMNT (Teenage Mutant Ninja Turtles), sebuah film animasi yang kita kenal dengan nama Kura Kura Ninja.

Film ini adalah garapan beberapa perusahaan film besar seperti New Line Cinema, Warner Bros dan Paramount Pictures. Yang membuat saya terkejut bukanlah karena teknologinya. Melainkan tempat penggarapan film itu sendiri. Pada saat itu, diberitakan bahwa animasi film ini sebenarnya dibuat di Singapura oleh beberapa animator lokal di sana yang bekerjasama secara langsung dengan perusahaan di Amerika.

Pada tahun 2007 lalu tentunya hal ini sangat mencengangkan, terutama bagi saya karena saya tahu pada tahun itu internet yang kita miliki di Indonesia boleh dikatakan masih sangat lambat. Namun apa yang ditunjukkan dalam proses pembuatan film TNMT ini telah membuka mata. Saya yakin bahwa segala sesuatu di jaman modern ini tidak lagi bisa dibatasi oleh perbedaan tempat dan waktu.

Dengan teknologi seperti internet, kita tidak lagi harus datang ke kantor dan bekerja di tempat yang sama. Apa yang dilakukan oleh perusahaan seperti Yahoo adalah contohnya. Tidak banyak karyawan yahoo yang datang untuk bekerja ke kantor setiap hari. Melainkan mereka rata-rata bekerja dari rumah, atau dari tempat-tempat lain. Hanya bermodalkan koneksi internet, mereka bisa melakukan banyak hal.

Beberapa perusahaan kini sudah mulai mencoba menerapkan cara ini. Akan tetapi memang membutuhkan penyesuaian serta harus ditunjang dengan koneksi internet yang super kencang. Tetapi saya sangat yakin sekali bahwa semua itu akan segera terpenuhi. Karena saat ini kita sudah mulai menggalakkan internet murah dan cepat.

Jadi apakah anda sudah memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan anda?