Review, Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A7

Vendor smartphone dan elektronik Samsung seolah-olah ingin menegaskan dirinya bahwa mereka tetap merupakan produsen ponsel terbesar di dunia dengan mengeluarkan beberapa jajaran ponsel kelas menengah ke atas di bulan Januari serta Februari tahun 2015. Diantara beberapa smartphone yang diumumkan pada tahun 2015 tersebut diantaranya adalah, Galaxy Grand Max, Galaxy A5, Galaxy A7, dll.

Semua smartphone tersebut dilengkapi dengan mesin yang memiliki performa cukup baik serta menyediakan memori internal minimal 16 GB. Sedangkan dari sisi kamera smartphone-smartphone tersebut juga dilengkapi dengan sensor yang cukup besar mulai dari 8 Megapixel, 13 Megapixel dan beberapa diantaranya lebih dari itu.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A7


Smartphone ini memiliki bentang layar 5,5 inci dengan resolusi diatas 1K pixel serta memiliki RAM 2 GB. Tidak hanya spesifikasinya yang besar, melainkan desain dari smartphone ini juga tergolong premium dengan lapisan metal dibagian sisinya. Beberapa kelebihan lain dari smartphone yang keluar pada bulan Februari ini diantaranya adalah, bazelnya yang sangat tipis, sehingga smartphone walaupun bongsor tidak terkesan lebar namun justru terlihat slim (ramping).


1. Desain Bodi dan Dimensi Smartphone


Desain bodi smartphone ini tampak lebih tajam dan sporty dibandingkan dengan seri Galaxy E7 dan E5. Tampangnya terlihat lebih kokoh dan lebih elegan.

Secara khusus, smartphone ini memang dikeluarkan untuk menarik minat para pengguna gadget di kelas menengah keatas. Di bagian sisi sebelah kiri smartphone ini, terdapat tombol Power atau on/off yang diletakkan sedikit kebagian atas. Kemudian di bawah tombol Power terdapat slot untuk simcard dan Micro SD.

Di sisi sebelah kiri, kita akan menemukan tombol volume. Kemudian pada bagian bawah smartphone ini dilengkapi dengan slot Micro USB dan lubang untuk earphone jack 3,5 mm.

Di bagian belakang tidak jauh berbeda dengan smartphone yang dikeluarkan pada tahun 2015 lainnya, kita akan menemukan kamera di bagian tengah dan diapit oleh LED Flash serta speaker di bagian kiri dan kanannya.

Di bagian depan tidak ada perubahan yang berarti selain bazel bagian atas dan bagian bawah yang terlihat lebih ramping. Bazel yang ramping tersebut ternyata tidak menghalangi kemudahan dalam pengoperasiannya. Baik saat bermain game atau saat kita menggunakannya dengan mode landscape. Begitu juga dengan tombol fisik di bagian depan, smartphone ini tetap menggunakan desain yang sama dan menempatkan tombol Home dibagian tengah untuk kembali ke homescreen. Di sebelah kiri dan kanannya tersedia tombol kapasitif untuk Back dan Option.

Dimensi


Dimensi smartphone 151 x 76.2 x 6.3 mm. Jika menilik ketebalan smartphone ini, sangat mudah bagi kita mengambil kesimpulan bahwa dengan desainnya yang tipis tentu akan membuat smartphone ini semakin ringan dan nyaman untuk digenggam. Benar saja, berat bersih smartphone ini hanya 141 gram dan cukup nyaman saat digenggam atau saat digunakan untuk beraktivitas, entah itu bermain game, browsing maupun untuk telepon.

Layar


Ukuran layarnya yang lebar membuat smartphone ini seharusnya berada di jajaran phablet. Dengan bentang layar 5.5 inci yang memiliki resolusi 1080 x 1920 pixel dan pixel density sebesar 401 ppi membuat tampilan smartphone ini sangat luar biasa. Gambar yang disajikan di layar terlihat cukup tajam dan mampu menampilkan warna sesungguhnya. Layar tersebut menggunakan teknologi super AMOLED capacitive touchscreen yang bisa menampilkan 16 juta warna dengan pelindung Corning Gorilla Glass 4 yang terkenal sangat kuat tahan terhadap goresan dan tidak mudah pecah.

Dengan adanya teknologi super AMOLED akan membuat pengalaman menonton video, melihat foto, melakukan aktivitas lain seperti bermain game dan bekerja terasa sangat menyenangkan. Terlebih, karena sudut pandangnya yang lebih luas.


2. Spesifikasi Hardware


Chipset


Sebagai salah satu ponsel kelas menengah ke atas, Samsung Galaxy A7 dilengkapi dengan Chipset yang tidak biasa yaitu, Chipset Qualcomm MSM8930 Snapdragon 615. Selain itu, terdapat juga pilihan Chipset A700FD Exynos 5 Octa 5430 - 700F.

CPU


Sedangkan untuk prosesornya, tipe Quad-core berkecepatan 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad core 1.0 GHz Cortex-A53 menjadi senjata utamanya. Pilihan lain adalah, prosesor A700FB Quad core 1.8 Cortex-A15 GHz dan Quad-core 1.3 Cortex-A7 GHz - A700F.

GPU


Performa smartphone ini semakin luar biasa dengan adanya grafis dari Adreno 405 - A700FB dan pilihan lain yaitu, Mali-T628 MP6 - A700F.

Saat menjalankan berbagai aplikasi berat dan bahkan saat kita membuka lebih dari satu aplikasi, dengan kata lain, saat kita melakukan multitasking, hampir tidak terjadi lag. Dan, animasinya bisa berjalan dengan sangat halus (smooth).

Selain itu, dengan performa mesin yang sudah sangat cepat membuat pengalaman bermain game, browsing dan melakukan berbagai aktivitas terasa sangat lancar dan menyenangkan.

RAM


Untuk mendukung agar kinerja smartphone semakin oke, Samsung memberikan RAM sebesar 2 GB untuk smartphone ini.


3. Memori Internal dan Eksternal


Sayangnya performa luar biasa yang dimiliki oleh smartphone ini tidak didukung dengan memori internal dalam kapasitas yang besar. Memori internal yang tersedia hanya sebesar 16 GB yang dipasangkan dengan slot Micro SD up to 64 GB.


4. Jaringan dan Koneksi


Jaringan yang tersedia untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan adalah jaringan GSM. Sedangkan untuk data mobile menggunakan HSPA dan LTE.

Jadi, bagi anda yang membutuhkan sebuah smartphone dengan koneksi internet super cepat di jaringan 4G, smartphone ini sudah mendukungnya. Selain menggunakan teknologi jaringan mobile, anda juga bisa menggunakan wide local area network Wi-Fi 802.11 a/b/g/n dengan teknologi dualband, wi-fi direct dan hotspot.

Koneksi Lokal


Untuk koneksi lokal dan jarak dekat, Samsung membenamkan Bluetooth versi 4.0, Near Field Communication dan Micro USB versi 2.0.

Tidak lupa juga smartphone ini membawa teknologi seperti, GPS yang menggunakan GLONASS dan Beidou (market dependent).


5. Kamera


Kamera Primer


Untuk urusan kamera, hampir semua produk Samsung tidak perlu diragukan lagi. Bahkan dengan sensor yang kecil, biasanya smartphone Samsung mampu menghadirkan kualitas gambar maupun video yang luar biasa. Begitu juga dengan smartphone ini yang mengusung kamera sebesar 13 Megapiksel dan bisa digunakan untuk capture foto maksimal 4128 x 3096 pixel. Untuk mendukung kamera saat mengambil gambar di tempat-tempat yang rendah cahaya, smartphone ini juga dilengkapi dengan LED flash.

Kamera Sekunder


Sedangkan kamera depan hanya menggunakan 5 Megapixel (untuk foto selfie). Kamera dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi tersebut terasa masih layak saat digunakan untuk melakukan panggilan video baik di jaringan 3G maupun saat digunakan dibeberapa aplikasi seperti Skype maupun aplikasi messenger yang menyediakan panggilan video.

Sensor dan Fitur Kamera


Beberapa fitur unggulan yang dibawa oleh smartphone ini antara lain: touch focus, panorama, smile detection, geo tagging dan HDR. Selain itu smartphone juga dilengkapi dengan autofocus sehingga memudahkan kita mengambil gambar secara detail dan tepat.

Apabila digunakan untuk merekam video, kamera belakang bisa menghasilkan 1080p pada kecepatan 30fps. Begitu juga dengan kamera depan, bisa menghadirkan resolusi maksimal 1080p.


6. Sistem Operasi


Sejak pertama dikeluarkan pada bulan februari 2015, smartphone ini menggunakan sistem operasi Android versi 4.4.4 Kitkat, dan tersedia upgrade ke sistem operasi Android versi 5.0.2 Lolipop.

Dengan adanya upgrade tersebut membuat smartphone ini tidak ketinggalan dalam hal teknologi. Sehingga, hampir semua aplikasi maupun game yang ada di Google Play Store habis kita unduh dan install di smartphone ini.


7. Baterai


Samsung Galaxy A7 menyediakan baterai sebesar 2600 mAh dengan tipe Li-ion yang bisa digunakan untuk berselancar di internet menggunakan jaringan 3G selama kurang lebih 10 jam. Menggunakan internet pada jaringan LTE 4G bisa bertahan 10 jam. Sedangkan apabila kita menggunakan jaringan Wi-Fi untuk berselancar di internet, smartphone ini bisa bertahan hingga 13 jam.

Memutar video apabila dalam kondisi penuh, baterai ini bisa bertahan hingga 11 jam. Sedangkan apabila digunakan untuk mendengarkan musik, smartphone bisa bertahan hingga 54 jam.

Apabila anda sering menggunakan smartphone untuk berbicara di jaringan 3G (WCDMA), Samsung Galaxy A7 bahkan bisa bertahan hingga 17 jam.


Harga Smartphone Samsung Galaxy


Harga terbaru untuk smartphone ini sekitar Rp 5.8 jt. Atau $499.


Audio dan Video Support


Video Playing Format: MP4, M4V, 3GP, 3G2, WMV, ASF, AVI, FLV, MKV, WEBM.

Audio Playing Format: MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, WMA, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA


Fitur dan Sensor


Sensor yang dibawa untuk meningkatkan kinerja dan fungsi smartphone diantaranya adalah accelerometer, geomagnetic, light censor, hall censor, proximity dan RGB censor.

Beberapa fitur yang dibawa oleh smartphone ini diantaranya adalah: active noise cancellation with dedicated mic yang akan memberikan kita rasa nyaman saat melakukan panggilan telepon di tempat-tempat yang berisik atau ramai. Dengan adanya fitur ini panggilan telepon akan tetap jernih.