Beli hp Bekas Online, Ini Tipsnya agar Dapat Produk Bagus

Hp Android atau smartphone seolah menjadi kebutuhan primer dalam dunia komunikasi modern. Pasalnya, semakin banyak orang yang lebih suka menjalin tali silaturahmi melalui sosial media atau ngobrol di WhatsApp daripada SMS.

Karena itulah, tidak begitu mengherankan apabila banyak orang yang tertarik untuk memiliki sebuah smartphone. Hp Android dianggap sebagai salah satu pilihan terbaik karena punya banyak model, tersedia dalam berbagai merk, dan hadir dengan harganya yang semakin terjangkau.

Walaupun banyak pilihan hape Android baru yang dijual murah, tapi nyatanya, banyak juga orang yang rela membeli hp bekas asal bisa dapat produk dengan spesifikasi hardware maupun kamera yang lebih baik.

Apalagi, jika hp tersebut rencananya akan digunakan untuk bermain game atau melakukan tugas tertentu yang membutuhkan hardware mumpuni. Jelas! Hp-hp murah akan kesulitan untuk memenuhi kriteria, baik RAM maupun memori internal serta prosesornya akan kesulitan menjalankan game-game besar dan berat secara mulus. Karena itulah, tidak mengherankan jika hp flagship bekas atau smartphone second kelas menengah (mid-range) kerap jadi incaran.

Tips Beli Hp Bekas Online

Selain bisa beli di counter dekat rumah atau di kota tempat tinggal masing-masing, online shop (olshop) adalah pilihan terbaik untuk mencari dan menemukan berbagai macam model, merk, dan jenis hp bekas murah yang ditawarkan dalam berbagai kualitas.

Beli hape Android bekas (second) di toko online saya rasa adalah pilihan tepat jika kamu ingin mencari model tertentu, atau menginginkan sebuah tempat yang menawarkan pilihan yang lebih banyak dan menyediakan rentang harga yang lebih luas.

Tapi, karena belanja online membuat kita tidak mungkin untuk melihat langsung serta mencoba hp tersebut sebelum dibeli, maka kita harus tahu bagaimana cara membedakan hp second yang berkualitas tinggi dan rendah. Nah, agar tak salah memilih hingga membuatmu kecewa, kamu bisa mencoba menerapkan beberapa tips beli hp bekas di olshop berikut ini agar dapat produk yang bagus.

Tips Beli Hp Android Bekas di Toko Online

1. Cari seller yang punya rating bagus

Penjual Hp Bekas Terpercaya di Toko Online

Sebelum kita membahas bagaimana cara membedakan antara hp bekas yang bagus dan jelek, terlebih dahulu kita harus mencari toko yang terpercaya atau seorang seller yang punya reputasi bagus.

Reputasi penjual online biasanya bisa dengan mudah kita lihat dari bintang yang mereka peroleh dari pembeli. Bintang yang merupakan simbol reputasi diberikan oleh para pembeli berdasarkan pelayanan, harga, kualitas barang, kecepatan pengiriman, hingga respon yang mereka terima dari penjual.

Jika sudah menemukan toko online yang jual handphone bekas dengan reputasi baik, selanjutnya kamu juga harus melihat ulasan atau review yang diberikan oleh pembeli. Tidak hanya ulasan secara umum, melainkan juga harus secara spesifik dengan melihat review di produk (handphone) tertentu yang kamu inginkan, contohnya.


Jika review yang diberikan oleh pembeli memuaskan. Kamu bisa memantapkan diri untuk membeli hp di toko online tersebut. Beberapa contoh review yang perlu kamu perhatikan diantaranya adalah,
  • Sebagian besar pembeli merasa puas dengan kualitas hp. Jangan terlalu pedulikan pembeli yang memberikan rating rendah hanya karena lama di jasa pengiriman, bukan karena penjual terlambat mengirim barang
  • Jika banyak pelanggan yang mengeluh karena produk berkualitas rendah, cobalah untuk beralih ke toko online yang lainnya
  • Atau jika pelanggan banyak komplain karena barang yang sampai tidak sesuai dengan pesanan, kamu juga harus mencari di tempat lain

2. Jangan lupa baca deskripsi hingga tuntas

Deskripsi jualan online yang bagus

Meskipun sebagian besar penjual berusaha berlaku jujur, namun tetap aja ada segelintir orang yang kadang-kadang suka memanfaatkan kelemahan kita untuk mengeruk keuntungan. Nah, agar tak menyesal di kemudian hari atau agar tak tertipu, pastikan kamu membaca hingga tuntas keterangan/deskripsi barang yang akan kamu beli.

Deskripsi perlu dibaca karena, hape yang akan kita beli adalah produk second hand, maka sewajarnya apabila penjual menulis informasi mengenai kondisi atau kekurangan benda yang dijualnya.

3. Carilah toko online yang memajang foto hp asli

Foto asli hp bekas

Memajang foto yang bagus adalah salah satu cara penjual untuk menarik perhatian pembeli. Sayangnya, foto-foto tersebut kerap kali dimanipulasi atau yang dipajang bukanlah foto asli milik mereka sendiri. Sehingga tak jarang, barang yang sampai di rumah pembeli jauh berbeda dengan apa yang ada di foto.

Karena itulah, kita sebagai pembeli harus jeli dan aktif bertanya kepada penjual, "apakah foto yang mereka pajang adalah foto asli dari barang yang dijual ataukah sekedar foto comotan (ilustrasi) saja?"

4. Jangan membeli hp Android bekas yang usianya lebih dari 3 tahun

Tips Beli Hp Android Second di Toko Online

Meskipun kondisi barang cukup mulus, namun kamu juga perlu mempertimbangkan masa pakai, terutama yang dapat berakibat pada kondisi baterai yang sudah pasti jauh menurun.

Selain mempertimbangkan kesehatan baterai, kamu juga perlu mempertimbangkan sistem operasi yang dibawanya. Jika sistem operasi yang digunakan pada hp tersebut meluncur 3 tahun yang lalu bersamaan dengan peluncuran hp, maka itu artinya saat ini hp tersebut sudah melewati tiga digit versi OS.

Mengapa ini penting?

Selain sistem operasi tersebut sudah ketinggalan zaman, kita juga perlu mempertimbangkan beberapa software yang mungkin saja tidak kompatibel lagi dengan sistem operasi tersebut.

Seperti WhatsApp misalnya, yang hanya bisa di-install di Android versi 4.0.3 atau yang lebih tinggi. Mungkin saja, 1 atau 2 tahun kedepan, Android versi terendah yang bisa menjalankan WhatsApp akan meningkat. Belum lagi dengan software-software lainnya seperti Microsoft Office yang mungkin saja sangat kamu butuhkan untuk bekerja. Lihat juga minimal requirement pada game yang akan kamu install.

5. Beli hp 2nd di penjual yang barangnya paling laku

Kalau seorang pedagang bisa menjual banyak hp second dan ratingnya tinggi, itu saja sudah cukup mengindikasikan bahwa penjual tersebut jujur dan punya kredibilitas yang baik (terpercaya). Ini juga merupakan ciri bahwa barang yang ditawarkan berkualitas serta pelayanannya cukup oke.

6. Baterai harus menjadi pertimbangan

Hp bekas biasanya bermasalah dengan baterai. Apalagi, jika pemilik pertama tidak peduli dengan baterai hp sehingga ia sering mengisi baterai semalaman, atau kerap enggan mencabut charger bahkan ketika indikator baterai sudah menunjukkan angka 100%. Atau, mungkin sering digunakan hp sambil dicas. Kalau sudah begitu, kesehatan baterai hp tersebut sudah pasti akan jauh menurun.

Jangan lupa baca artikel kami lainnya mengenai cara menjaga kesehatan baterai hp agar awet dan tidak mudah ngedrop atau soak.

Kondisi baterai juga perlu kamu tanyakan jika tidak ada di bagian deskripsi. Sekalipun baterai bisa diganti, tapi jangan pernah mengambil resiko. Karena, selain harga baterai lumayan mahal, mengganti baterai juga kadang-kadang akan melibatkan beberapa komponen lain hingga perlu ikut diganti.

Dan yang pasti! Akan sangat sulit mendapatkan sebuah baterai original, apalagi yang kondisinya masih 100%, hampir mustahil Bro...

7. Perhatikan usia lapak


Semakin tua usia lapak atau semakin lama toko bergabung, maka itu artinya toko tersebut makin bisa dipercaya. Sebaliknya, kamu perlu meningkatkan kewaspadaan jika menemukan toko online yang baru bergabung atau usianya baru beberapa hari /minggu. Apalagi, jika toko online tersebut menjual handphone bekas dengan harga yang kelewat murah.

8. Garansi HP bekas sangat penting


Untuk garansi, tidak melulu harus hp bekas. Saat membeli hp baru, kamu juga harus memperhatikan garansi yang tersedia. Lebih-lebih, ini saat kamu membeli smartphone second, garansi sangat penting untuk menjamin barang yang kamu terima tidak cacat, rusak, dan bisa bekerja dengan baik.

9. Perhatikan juga kelengkapan aksesorisnya


Hp batangan biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan hp yang aksesorisnya lengkap. Mulai dari charger, kotak atau box hape lengkap dengan kartu garansi serta buku manual, dan aksesoris aksesoris lainnya yang mungkin menjadi bawaan default.

10. Cara beli hp Android bekas murah di toko online

Siapapun kamu di luar sana, apalagi jika tujuanmu adalah membeli sebuah hp second, saya 90% yakin, kalau 'harga' adalah faktor yang paling kamu utamakan. Jangankan kamu, saya pun kalau disuruh memilih. Pasti yang akan saya beli adalah hp Android bekas terbaik yang dijual dengan harga paling murah.

Ya, setiap kita pasti ingin dapat harga terjangkau ketika berbelanja. Jika ingin dapat harga murah, toko online adalah satu-satunya opsi yang bisa kita andalkan. Agar dapat hp Android second murah di toko online, cobalah berbelanja dengan beberapa cara berikut ini.

Pilih waktu yang tepat. Waktu paling tepat adalah ketika ada promo. Seperti misalnya, promo elektronik di tanggal cantik. Yang saya maksud dengan tanggal cantik adalah tanggal 1 bulan 1 (1 Januari), tanggal 2 bulan 2, hingga tanggal 12 bulan 12 (12 Desember) yang biasanya dikenal dengan sebutan promo harbolnas.

Kamu tidak hanya akan dapat harga murah, pada saat promo gadget, biasanya banyak juga penawaran menarik yang bisa kamu maksimalkan untuk berhemat. Mulai dari voucher belanja, cash back, hingga diskon.

Sebelum memutuskan untuk membeli, jangan ragu-ragu mengunjungi halaman promosi terlebih dahulu untuk mencari voucher, diskon, atau apapun itu yang bisa kamu gunakan untuk memotong harga handphone yang kamu incar.

Jangan lupa pantengin channel Youtuber yang sering membocorkan tempat beli hp Android second murah. Karena info dari mereka sangat berharga. Info mereka, akan membuatmu lebih mudah menemukan tempat beli hp bekas yang terpercaya, yang harganya murah, dan kualitasnya terjamin.

Kesimpulan Tips Beli Hp Bekas di Online Shop

Sekalipun kamu sudah punya hp incaran yang kriterianya meliputi merek, tipe, atau warna, pastikan kamu selalu punya second option (pilihan kedua), ketiga, dan seterusnya. Cobalah untuk selalu fleksibel dan bersikap terbuka terhadap pilihan yang mungkin lebih baik. Karena siapa tahu, pilihan kedua dan ketiga justru lebih baik dibandingkan dengan pilihan pertama.

Karena yang akan kita beli adalah hp bekas, maka jangan terlalu berharap akan dapat hp bagus atau yang sesuai dengan kriteriamu. Karena tak jarang, jangankan pembeli, penjual hp 2nd itu sendiri seringkali tidak menyadari jika ada kekurangan-kekurangan pada hp yang mereka tawarkan. Karena, pada dasarnya mereka tidak akan sempat melakukan tes dalam jangka panjang seperti yang akan kamu lakukan setelah menerima hape bekas tersebut.

Itulah beberapa tips beli hp Android bekas di toko online. Semoga bisa membantumu menemukan hp yang selama ini kamu impi-impikan. Kalau kamu punya pertanyaan atau tips-tips jitu lainnya, jangan ragu-ragu untuk meninggalkan komentar agar yang lain juga bisa ikut kecipratan pengalaman/ilmu.

0 Response to "Beli hp Bekas Online, Ini Tipsnya agar Dapat Produk Bagus"