Harga Samsung Galaxy S20 Terbaru dan Ulasannya

Hp Android terbaru Samsung Galaxy S20 hadir dengan 6 pilihan varian/tipe, yaitu:
  1. Galaxy S20

  2. Galaxy S20 5G

  3. Galaxy S20+

  4. Galaxy S20+ 5G

  5. Galaxy S20 Ultra

  6. Galaxy S20 Ultra 5G
Pada kesempatan kali ini, saya hanya akan fokus pada pembahasan varian S20 dan versi 5G saja. Karena, kedua ponsel tersebut memiliki kesamaan spesifikasi, meskipun ada perbedaan pada koneksi internetnya, di mana varian S20 hanya dibekali dengan konektivitas 4G saja.

Review Samsung Galaxy S20 4G dan 5G

Ulasan Harga Samsung Galaxy S20 Terbaru
Samsung Galaxy S20

Seperti yang kita tahu. Seri S pada hp Android Samsung, merupakan seri tertinggi atau yang biasa disebut dengan istilah flagship. Karena itu, tidak begitu menyarankan apabila hp ini dibekali dengan spesifikasi yang sangat luar biasa.

Mulai dari casing-nya yang menggunakan bahan premium, layarnya adalah salah satu yang terbaik, begitu juga dengan spesifikasi hardware-nya yang menunjukkan bahwa hp ini berada di level high-end.

1. Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20


Kelebihan Kekurangan Galaxy S20 Samsung
Galaxy S20 Color Pink

Tidak ada produk yang sempurna, sekalipun S20 adalah hp flagship, namun tentu tidak akan lepas dari beberapa kelemahan, yang meskipun sangat subjektif. Terlebih dahulu, saya akan mencoba menyebutkan beberapa poin yang menjadi keunggulannya.
  1. Kelebihan Samsung Galaxy S20 yang pertama terletak pada kameranya yang dapat melakukan zoom 3X dan bisa menghasilkan foto maupun video mengagumkan serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang berguna

  2. Kelebihan kedua terletak pada layarnya yang sangat luar biasa bagus. Terlebih, saat ini Samsung juga tidak mau ketinggalan dari para pesaing yang telah menggunakan layar dengan kecepatan refresh rate 120Hz. Hal ini, sebenarnya tidak begitu mengherankan, mengingat Samsung sejak dulu dikenal sebagai salah satu penyedia handphone dengan layar terbaik

  3. Keunggulan hp Samsung selanjutnya terletak pada speaker dan audio-nya yang sangat bagus. Sehingga, sangat enak saat digunakan untuk mendengarkan musik

Kekurangan hp Android Samsung Galaxy S20 diantaranya adalah:
  1. Daya tahan baterainya relatif singkat, mungkin karena penggunaan refresh rate yang tinggi pada layar

  2. Tidak menyertakan headphone jack 3.5 mm

  3. Pemindai sidik jari pada ponsel ini masih masih perlu perbaikan

  4. Kelemahan hp Samsung S20 selanjutnya terletak pada desainnya yang terlihat biasa-biasa saja. Sepintas, melihat tampang smartphone ini dari depan tidak jauh berbeda dari hp kebanyakan di luar sana

2. Spesifikasi dan harga hp Android Samsung terbaru Galaxy S20 4G & 5G


  • Harga Galaxy S20 varian 4G sekitar Rp 12 jutaan sedangkan versi

  • Harga Samsung Galaxy S20 5G ditawarkan dengan banderol sekitar Rp 13 jutaan

  • RAM dan memori internal berkapasitas 8/128 GB

  • Chipset menggunakan Exynos 990 fabrikasi 7+ nanometer

  • Kapasitas baterai 4000mAh yang didukung fast battery charging 25W dan Wireless charging 9W

  • Tidak tersedia Jack 3.5 mm

  • Layar mengusung type AMOLED 2X capacitive touchscreen berukuran 6.2 inci, dengan punch hole camera selfie di bagian tengah berjumlah 1 buah (10MP) dan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 6

3. Mengapa namanya Galaxy S20 bukan S11?


Bagi kamu yang mengikuti perkembangan ponsel, pasti tahu bahwa Samsung terakhir kali mengeluarkan seri S adalah Galaxy S10. Sehingga, tahun ini (2020) seharusnya Samsung mengeluarkan seri Galaxy S11 bukan S20.

Pemberian nama tersebut bukan tanpa sebab. Seri Samsung Galaxy S langsung melompat ke seri 20 disebabkan karena adanya peningkatan-peningkatan teknologi maupun fitur yang dibenamkan pada gadget ini. Sehingga tak mengherankan apabila namanya juga ikut melompat dari S10 ke S20.

4. Kamera S20 adalah yang paling banyak mengalami peningkatan


Dibandingkan dengan komponen lainnya, bagian kamera Galaxy S20 adalah yang paling menarik perhatian. Tidak mengherankan, mengingat smartphone ini telah dibekali dengan sensor utama sebesar 64MP yang dapat melakukan zoom 100X dan kamera selfie 10MP di bagian depan.

Jumlah kamera di bagian belakang terdiri atas 3 buah, masing-masing terdiri atas 2 buah kamera 12MP dan sebuah sebuah kamera telephoto 64 MP.

Menurut keterangan dari Samsung, kamera yang mereka benamkan pada smartphone ini telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Terutama, pada jumlah pixel-nya yang lebih besar dan desainnya yang memungkinkan cahaya lebih banyak masuk. Sehingga, hasil foto maupun video jadi lebih terang dan tajam serta natural.

Peningkatan ini tentu saja merupakan kabar gembira bagi siapapun yang mengidolakan merk Samsung dan berencana untuk membeli hp flagship Android.

Peningkatan tersebut terlihat jelas dari hasil capture kamera yang tampak sangat terang, warnanya sangat natural, serta terlihat sangat tajam. Jika dibandingkan dengan kamera Apple iPhone 11 ataupun Google pixel 4, kamera yang ditawarkan oleh S20 ini jelas jauh mengungguli kedua pesaingnya tersebut.

Tidak hanya ketika digunakan di luar ruangan yang cukup cahaya, hasil bagus dari foto Galaxy S20 juga terlihat pada saat kita melakukan pemotretan di tempat-tempat yang minim cahaya.

Keunggulan kamera Samsung Galaxy S20 lainnya terletak pada kemampuan zoom-nya yang juga tidak kalah mengagumkan. Ketika digunakan untuk zoom hingga 10x, kamera S20 yang dibekali kaca Zoom khusus ini bisa menghasilkan foto yang tetap tajam dan tidak blur.

Oh ya, kamera ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 8K menggunakan sensor tele. Meskipun, saat ini, video dengan resolusi 8K tidak terlalu kita butuhkan mengingat kebanyakan perangkat atau layar baik TV maupun komputer yang kita miliki, rata-rata mampu menjalankan video dengan resolusi tertinggi 4K saja.

5. Refresh rate 120Hz pada layar Galaxy S20 membuat tampilan terlihat sangat mulus dan pergerakan jadi halus


Tampilan pada flagship Samsung sudah lama dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Dengan kehadiran Galaxy S20 yang menawarkan refresh rate 120hz, membuat hp ini terasa semakin sempurna.

Secara khusus, layar S20 menggunakan panel OLED berukuran 6,2 inchi yang sedikit agak melengkung. Desain layar ini memberikan pengalaman navigasi yang sangat menyenangkan dan mampu memanjakan mata.

Apalagi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, layar smartphone ini juga dibekali dengan refresh rate 120 kali per detik. Hal tersebut membuat apa yang terdapat pada layar, baik gambar, video maupun animasi, semua terlihat berjalan sangat mulus dan halus.

Meski demikian, kecepatan refresh rate layar ini tidak secara default menggunakan refresh rate 120Hz melainkan hanya 60Hz saja. Jadi jika ingin merasakan pengalaman menggunakan refresh rate 120Hz kita terlebih dahulu harus mengaturnya.

Sayangnya, saat mengaktifkan refresh rate 120Hz, baterai smartphone ini jadi terasa agak boros. Sehingga, saya rasa akan banyak pengguna yang akan lebih suka menggunakan refresh 60hz saja, karena di layar yang berukuran hanya 6.2 inci, perbedaan refresh rate tersebut tidak begitu kentara meskipun tetap terasa perbedaannya.

6. Desainnya tetap cantik meskipun terlihat pasaran


Secara keseluruhan, desain hp ini tidak jauh berbeda dengan handphone kebanyakan di luar sana. Tampang depan hp ini terlihat biasa-biasa saja, begitu juga dengan body bagian belakang serta bezel-nya.

Meski demikian, body bagian belakang tetap desain ergonomis dengan menghadirkan sedikit lengkungan di bagian sisi kiri maupun kanan, sehingga menggenggam Galaxy S20 terasa sangat pas di tangan.

Baik di bagian depan maupun belakang, smartphone ini dilindungi dengan kaca Corning Gorilla Glass 6 yang tidak mudah tergores dan pecah, serta sangat kuat meskipun tipis dan ringan. Penggunaan material kaca membuat grip smartphone ini agak kurang sehingga rawan slip atau terjatuh.

Namun, penggunaan material kaca seperti ini juga memberikan banyak keuntungan. Selain membuat hp terlihat lebih mewah, material kaca juga membuat hp jadi tidak mudah kotor dan gampang dibersihkan.

Satu hal lagi yang membuat hp ini terlihat berbeda dengan hp kebanyakan adalah keberadaan Jack headphone 3.5 mm yang saat ini sudah tidak lagi tersedia pada seri S20. Hal ini menandakan bahwa Samsung, pada akhirnya mengikuti jejak iPhone yang terlebih dahulu menghilangkan slot jack 3.5 mm begitu juga dengan yang dilakukan vendor OnePlus.

Tapi jangan khawatir, kamu yang sudah terlanjur membeli headset premium dengan kabel 3.5 mm, kamu tetap bisa menggunakannya dengan bantuan sepasang kabel USB Type-C merk AKG yang disertakan, disamping bisa juga mendengarkan musik atau audio melalui Galaxy Buds Plus sebagai alternatif.

7. Performa Galaxy S20 sangat smooth


Galaxy S20 4G/5G kedua-duanya dibekali dengan spesifikasi hardware kelas atas. Mulai dari chip hingga RAM dan memori internal yang lega. Meski demikian, Samsung tetap menawarkan dua varian chipset untuk pasar yang berbeda.

Di negara Amerika, Samsung menawarkan chipset Qualcomm Snapdragon 865, sedangkan untuk pasar global mereka hanya menawarkan chipset Exynos 990 (7+ nm). Dalam beberapa kasus, kemampuan chipset Snapdragon bisa mengungguli chipset Exynos, terutama dalam hal kecepatan dan kemampuan menghemat daya (baterai).

Kesimpulan


Dengan harga Samsung Galaxy S20 varian terendah yang mencapai Rp12 jutaan, kita akan mendapatkan salah satu flagship terbaik di luar sana yang memiliki segalanya. Layarnya tidak hanya menawarkan tampilan yang mengagumkan, tapi juga menawarkan performa sentuhan yang lebih responsif. Begitu juga dengan pengisian daya yang sangat cepat karena telah didukung fast battery charging 25W di samping wireless charging 9W. Secara keseluruhan, spesifikasi ponsel ini membuatnya layak dimiliki oleh siapapun yang ingin merasakan pengalaman menggunakan ponsel high-end dengan kemampuan terbaik di kelasnya.

0 Response to "Harga Samsung Galaxy S20 Terbaru dan Ulasannya"