Review, Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S6 (CDMA)

Tidak hanya dihadirkan menggunakan teknologi GSM, Samsung Galaxy S6 juga hadir dengan pilihan jaringan CDMA. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjawab beberapa tantangan dari vendor lain yang sudah terlebih dahulu menghadirkan varian jaringan CDMA pada smartphone high-end mereka.

Smartphone ini diperkenalkan pada bulan Maret tahun 2015 kemudian dirilis 1 bulan setelahnya, yaitu pada bulan April. Spesifikasi yang dibenamkan pada smartphone ini tidak jauh berbeda, atau bisa dikatakan hampir sama persis dengan seri SGS6 GSM.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S6 (CDMA)

Kelebihan


Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh smartphone ini diantaranya adalah:

a. Menggunakan layar 5.1 inci dengan resolusi 1440 x 2560 pixels.

b. Pelindung layar sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 4. Tidak hanya itu, di bagian belakang smartphone ini juga dilindungi kaca yang sama.

c. Kamera utama 16 Megapixels, dan kamera depan 5 Megapixels.

d. RAM sudah menggunakan 3 GB dengan teknologi 64-bit yang menggunakan prosesor bertipe Quad-core berkecepatan 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57.

e. Baterai yang dibenamkan untuk smartphone ini berjenis Li-ion, memiliki kapasitas 2550 mAh.

f. Menyertakan fitur fingerprint sensor yang bisa digunakan untuk PayPal certified dan disertakan juga Samsung Pay yang sudah support Visa dan Mastercard.

g. Kelebihan lain adalah sistem operasi yang diusungnya sudah menggunakan versi 5.1 Lollipop.

Kelemahan atau Kekurangan


Beberapa hal yang dianggap sebagai kekurangan atau kelemahan dari smartphone ini diantaranya adalah:

a. Harganya yang cenderung terlalu mahal apabila dibandingkan dengan kompetitor yang menawarkan spesifikasi sama bahkan lebih.

b. Tidak menyertakan Radio FM,

c. Tidak menyediakan slot untuk Micro SD sehingga memaksa kita menggunakan cloud storage bagi yang memiliki banyak data.

d. Bagi sebagian orang, baterai Li-ion 2550 mAh masih terasa kecil.

e. RAM 3 GB masih lebih kecil dibandingkan dengan kompetitor yang rata-rata sudah memberikan 4 GB.


Spesifikasi Lengkap dan Review Galaxy S6 (CDMA)


1. Desain Body

Body smartphone ini terkesan premium karena dilapisi bahan metal dan dipadukan dengan kaca gorilla glass 4 di bagian belakang dan depan. Kaca tersebut memberikan pengalaman berbeda pada saat menggenggam smartphone. Tidak hanya itu, frame di bagian samping juga didesain sedikit cembung dengan bagian flat cut yang sangat tipis. Bazel dibagian kiri dan kanan sangat tipis sehingga dimensi smartphone ini bisa ditekan seminimal mungkin. Selain membuat smartphone terlihat lebih gaya, ukuran bazel yang tipis tersebut juga memudahkan kita saat menggenggam dan mengoperasikannya.

Hampir tidak ada perbedaan berarti pada smartphone ini apabila kita bandingkan dengan design Galaxy S6 versi GSM. Tombol Power tetap berada di bagian samping sebelah kanan dan dibawahnya terdapat slot untuk SIM-card. Kemudian di sisi sebelah kiri terdapat tombol volume up dan down.

Di bagian bawah, kita akan menemukan tiga buah lubang yang berbeda-beda diantaranya adalah, lubang untuk earphone jack 3.5 mm, lubang untuk slot Micro USB, dan lubang-lubang kecil untuk speaker internal.

Di bagian belakang kita akan menemukan kamera yang sedikit menonjol dan ditemani oleh LED Flash.

Dimensi Smartphone

Dimensi bodi smartphone ini 143.5 x 70.6 x 6.9 mm dengan berat 140 gram. Smartphone ini sedikit lebih pendek dan lebih ramping dibandingkan dengan pesaing terdekatnya dari Sony Xperia Z3 yang menggunakan layar sebesar 5.2 inci. Tidak hanya itu, smartphone ini juga 20 gram lebih ringan dibandingkan kompetitornya tersebut.

Tipisnya smartphone ini yang hanya 6.9 mm membuat kita merasa nyaman saat menggenggam dan mudah menyelipkannya di kantong.

Pilihan Warna yang Tersedia

Beberapa pilihan warna yang disertakan untuk smartphone high-end ini diantaranya adalah: Black Safir, Gold Platinum dan White Pearl. Dan pada seri CDMA kita tidak menemukan warna Blue Topaz seperti yang ada pada seri Galaxy S6 Edge.

Layar

Bentang layar yang dimiliki oleh smartphone ini adalah 5.1 inci dengan resolusi 1440 x 2560 pixels. Layar tersebut memiliki kepadatan piksel hingga 576 ppi. Kerapatan pixel-nya yang sangat padat tersebut membuat mata terasa nyaman saat memandang ke layar dan gambar yang dihadirkan sangat tajam, disamping terlihat cerah dan memiliki kontras yang baik.

Layar tersebut terasa semakin canggih karena adanya display dengan tipe super AMOLED Capacitive Touchscreen 16M colors yang dilapisi Corning Gorilla Glass 4.


2. Spesifikasi Hardware


Untuk mengikuti perkembangan teknologi, biasanya Samsung memang selalu menyempatkan yang terbaru dan terbaik untuk smartphone high-end mereka. Begitu juga dengan seri Galaxy S6 (CDMA) ini yang telah dibekali dengan chipset 64-bit Exynos 7420, kemudian dipadukan dengan prosesor bertipe Quad core-1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57.

Untuk meningkatkan kualitas grafis, smartphone ini dibekali dengan GPU Mali T760MP8.


3. RAM dan Memori


Mengingat kebutuhan multitasking dan banyaknya game-game besar serta aplikasi berat saat ini yang bisa diunduh di Google Play Store, memaksa Samsung menyematkan RAM dengan kapasitas 3 GB untuk smartphone ini agar bisa bersaing dengan kompetitor.

Walaupun memiliki banyak keunggulan, smartphone ini ternyata juga hadir dengan beberapa kekurangan. Dan, salah satunya adalah, tidak ada slot memori eksternal. Kekurangan tersebut akhirnya ditutupi dengan menyediakan memori internal yang cukup besar. Mulai dari, kapasitas 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Bahkan bagi anda yang masih merasa kurang dengan kapasitas memori internal tersebut telah disediakan cloud storage di One Drive berkapasitas 115 GB.


4. Teknologi Jaringan dan Koneksi


Tidak sulit untuk menebak jika smartphone ini menggunakan jaringan berteknologi GSM, CDMA, HSPA, EVDO, dan LTE. Dengan demikian, smartphone ini support 3G dan HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 - G920V.

Dan jaringan 4G bands LTE 2(1900) 3(1800) 4(1700 / 2100) 5(850) 7(2600) 13(700) - G920V.

Kecepatan yang mampu dihadirkan pada HSPA 42.2/5.36 Mbps. Sedangkan LTE Cat6 300/50 Mbps. EV-DO rev.A 3.1 Mbps.

Disamping jaringan mobile data, disediakan juga Wi-Fi, dan beberapa koneksi lainnya seperti, Bluetooth versi 4.1, Near Field Communication (NFC), Micro USB versi 2.0 dan tidak lupa GPS yang disertakan dengan GLONASS.


5. Kamera

Kamera utama smartphone ini memiliki resolusi 16 Megapixels dan kamera sekunder atau di bagian depan disematkan 5 Megapixels. kedua kamera tersebut memiliki fungsinya masing-masing dan menawarkan yang terbaik untuk konsumen.

Kamera Depan

Kamera depan terasa sangat baik saat digunakan untuk melakukan aktivitas video call serta foto selfie. Hasil yang diberikan sangat luar biasa. Terlebih, apabila digunakan pada ruangan dengan cahaya yang cukup. Tidak hanya itu, smartphone ini juga menyematkan beberapa teknologi baru seperti pengambilan foto yang lebih lebar atau lebih luas, kemudian terdapat juga voice command yang memudahkan kita untuk memerintahkan smartphone mengambil foto hanya dengan perintah suara.

Kamera Belakang


Kamera belakang menggunakan sensor sebesar 16 MP (Megapixels) mampu menghadirkan foto dan video dengan resolusi tinggi. Resolusi foto yang mampu dihasilkan maksimal sebesar 2988 x 5320 pixels. Sedangkan untuk video, kamera primer tersebut bisa digunakan untuk merekam hingga resolusi 2160p pada kecepatan 30fps. Apabila kita menggunakan resolusi yang lebih rendah seperti 1080p, maka kecepatannya bisa mencapai 60 fps. Begitu juga apabila kita menurunkannya hingga 720p, kecepatan frame bisa mencapai 120.

Beberapa teknologi dan fitur yang disertakan untuk kamera tersebut diantaranya adalah, Optical Image Stabilizationilization, LED Flash yang akan membantu mengambil gambar dan video di tempat-tempat yang minim cahaya, terdapat juga Autofocus, Geo-tagging, Face Detection Panorama, dan Auto HDR.

Dengan adanya berbagai teknologi dan software yang disematkan pada smartphone ini akan memudahkan kita dalam menghasilkan foto atau karya-karya layaknya profesional.


6. Sistem Operasi

Sistem operasi yang digunakan pada awal kemunculannya adalah Android versi 5.0.2 Lollipop. Namun saat ini sudah tersedia upgrade ke versi 5.1 Lollipop. Belum ada kabar apakah smartphone ini akan mendapatkan upgrade ke versi 6.0 Marshmallow. Namun seperti yang telah dilakukan oleh Samsung terhadap gadget high-end mereka, tentu tidak menutup kemungkinan smartphone ini juga akan mendapatkan upgrade ke sistem operasi versi terbaru tersebut.


7. Baterai

Baterai smartphone yang digunakan adalah Non Removable Li-ion dengan kapasitas 2550 mAh. Baterai yang tidak bisa diganti atau dibuka tersebut bisa bertahan hingga 23 jam apabila digunakan untuk berbicara di jaringan 3G. Apabila anda menggunakannya untuk mendengarkan musik, smartphone ini bisa bertahan hingga 57 jam.

Penggunaan standar sehari-hari terasa hemat dan bisa bertahan hingga 2 atau 3 hari.

8. Harga Samsung Galaxy S6 (CDMA)

Setelah anda melihat review dan spesifikasi smartphone ini, mungkin anda sudah bisa menebak-nebak kira-kira berapa bandrol yang diberikan untuk smartphone ini.

Untuk varian paling rendah dengan memory 32 GB dilepas dengan harga Rp. 7 jutaan, sedangkan untuk versi 64 GB dilepas dengan harga sekitar 9 jutaan. Untuk varian 128 GB, harganya saat ini belum tersedia.

9. Fitur dan Sensor

Untuk kenyamanan pengguna, smartphone ini juga dibekali dengan beberapa sensor seperti: Proximity, Compass, Barometer, Accelerometer, Gyro, Heart Rate dan SpO2.

Fitur penting lainnya yang juga disertakan diantaranya adalah, messenger dengan SMS, MMS, email, push email dan IM.

Selain itu, disediakan juga wireless charging, voice Natural Language Command and Dictation, Active Noise Cancellation With Dedicated Mic, dan Smart Stay.
Review, Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S6 (CDMA)