Pengalaman Tips Berbelanja Online agar Tidak Kena Tipu

Penipuan saat melakukan belanja online tidak hanya terjadi pada satu atau dua orang saja melainkan sering dialami oleh banyak orang. Walaupun cukup beresiko, namun pertumbuhan mereka yang berbelanja secara online khususnya di Indonesia tampaknya cukup tinggi. Hal ini tidak lepas dari kemudahan yang diberikan saat kita melakukan belanja online. Kita tidak perlu pergi repot-repot ke pasar atau ke suatu tempat untuk berbelanja. Dengan belanja online, kita akan menghemat banyak waktu, kita bisa membayarnya secara online melalui kartu kredit atau dengan menggunakan fasilitas pembayaran online yang telah disediakan oleh bank tempat kita menabung. Selain itu, alasan mengapa orang banyak memilih belanja secara online adalah, karena Ada banyak toko baju online murah yang menawarkan produk-produk berkualitas. bahkan beberapa diantaranya menawarkan ongkos kirim gratis. Sebagai seseorang yang tinggal di tempat-tempat tertentu yang sulit untuk mengakses pusat perbelanjaan, atau jika kita tinggal di kota tertentu yang disana kita kesulitan menemukan produk berkualitas, tentu saja belanja secara online adalah solusi yang sangat membantu.

Berbicara mengenai belanja online, Kita juga harus mewaspadai beberapa hal. salah satunya adalah soal penipuan. Penipuan tidak selalu berupa barang yang tidak dikirim, melainkan terkadang, penipuan juga bisa berupa, barang yang dikirim adalah barang palsu, barang yang dikirim tidak sesuai dengan apa yang kita pesan, atau barang yang dikirim adalah barang rijek yang sebenarnya tidak layak untuk dijual. Agar bisa terhindar dari berbagai jenis penipuan saat melakukan belanja online, berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti sesuai dengan apa yang selama ini saya lakukan.

Pilih toko online terpercaya

Tidak semua toko online bisa dipercaya. Kamu bisa mengetahui reputasi toko online tersebut dengan melihat beberapa berita atau pengalaman pengalaman orang yang pernah berbelanja di sebuah toko online. Saat kamu ingin berbelanja di sebuah toko online, misalnya namanya "mataharimall," kamu bisa mengecek reputasi toko online tersebut di mesin pencarian Google dengan mengetikkan kata kunci, "pengalaman berbelanja di mataharimall online." Dengan mengetikkan kata kunci tersebut dan kamu akan mendapatkan banyak website atau blog-blog mereka yang pernah berbelanja secara online dan menuliskan pengalaman mereka di blog mereka. Dengan begitu kamu bisa secara objektif menganalisa apakah toko online yang ingin kamu tuju adalah toko online terpercaya atau bukan.

Kenali barang yang asli dan palsu

Saat kita akan berbelanja secara online, terlebih dahulu kita harus mengecek Apa saja syarat atau apa saja ciri-ciri dari barang yang asli. Kita bisa mengetahui informasi mengenai keaslian suatu barang dengan memperkaya pengetahuan. Salah satu caranya adalah dengan browsing dan mempelajari barang tersebut melalui internet. Setelah itu kamu bisa membandingkan dan menanyakan barang yang akan kamu beli tersebut dengan customer service di tempat kamu akan berbelanja online.

Perhatikan gambar dan spesifikasi yang dicantumkan

Biasanya perdagangan atau penjualan lain yang serius dan ingin menjaga reputasi akan memberikan gambar asli dari barang atau benda yang akan dijual. Tidak hanya itu, informasi mengenai barang tersebut biasanya juga akan lengkap. Satu contoh, jika kamu ingin membeli smartphone, kamu akan mendapatkan spesifikasi dan gambar sesuai dengan barang tersebut yang asli. Namun jika spesifikasi apalagi gambarnya tidak sesuai, tentu saja kemungkinan besar penjual tersebut belum bisa dipercaya.

Pilihlah metode bayar ditempat

Ada beberapa barang yang sebenarnya bisa kita beli dengan pilihan metode pembayaran yaitu bayar ditempat ketika barang diterima. Tentu saja metode ini akan lebih memudahkan kita dalam memberikan kepercayaan kepada penjual.

Belilah secara kredit

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan membeli secara kredit. salah satunya, beberapa toko online biasanya menerapkan bunga 0% untuk kredit. Tidak hanya ringan dalam cicilan, namun sistem kredit juga akan menghindarkan kita dari penipuan. Karena tentunya seseorang yang menjual secara kredit pasti akan menjual barang yang benar-benar berkualitas, sesuai dengan apa yang kita butuhkan dan asli. Dan mereka tidak akan kabur karena pembayaran belum lunas.

Apakah tersedia fasilitas pengembalian barang

Beberapa toko online terpercaya biasanya menyediakan fasilitas pengembalian barang apabila barang tersebut cacat, atau tidak sesuai dengan apa yang kita pesan. Beberapa toko online biasanya menyediakan pengembalian barang dengan pengiriman gratis melalui kantor pos. Misalnya saat kita membeli baju, kaos, sepatu, dll. Jadi saat berbelaja online kita tidak hanya melihat iming-iming kata-kata toko baju online murah, melainkan juga, kemudahan yang ditawarkan Itulah beberapa tips berbelanja online agar tidak kena tipu yang selama ini sering saya terapkan.