Review, Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab A & S Pen


Image credit: samsung.com
Satu bulan setelah peluncuran Galaxy Tab 8.0 dan Galaxy Tab A 9.7, Samsung akhirnya memperkenalkan sebuah tablet yang diberi nama Galaxy Tab A & S Pen. Tablet ini memiliki kemiripan dengan Galaxy Tab A 9.7 karena dibekali dengan baterai sebesar 6.000 mAh, memiliki layar dengan bentang yang sama yaitu 9.7 inchi, kamera 5 MP (Megapixels) di bagian belakang, dan RAM 2 GB.
Maksud dari kemunculan tablet ini sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan beberapa orang yang membutuhkan Stylus Pen untuk bekerja saat menggunakan tablet. Ya, tablet ini sudah disertakan dengan Stylus Pen yang berfungsi sangat baik layaknya sebuah mouse untuk Pc. Berbagai pekerjaan seperti, menggambar, menulis dan lain-lain bisa kita selesaikan dengan mudah karena adanya bantuan stylus tersebut.

1. Kelebihan dan kekurangan Galaxy Tab A & S Pen

Diantara beberapa kelebihan yang dimiliki tablet ini adalah:

  • Layarnya berukuran lebar serta desainnya yang tipis.
  •  Menggunakan RAM 2 GB.
  • Menyediakan slot untuk microSD up to 128 GB.
  • Sudah menggunakan sistem operasi Android terbaru versi 5.0 (Lollipop).
  •  Menyertakan beberapa aplikasi premium.
  •  Menyertakan Microsoft Office Mobile seperti Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint.
  •  Bisa digunakan untuk mengontrol smartphone Samsung yang anda miliki.
  •  Menyediakan Stylus Pen yang memudahkan kita untuk bekerja.


Kelemahan atau Kekurangan
Disamping beberapa kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, tablet ini juga hadir dengan beberapa kekurangan seperti,

  •  Dilepas dengan harga yang terlalu mahal, mengingat spesifikasinya terkesan biasa-biasa saja.
  •  Tidak ada jaringan telepon.
  •  Resolusi layar masih terlalu rendah. Begitu juga dengan kerapatan pixels yang dimilikinya.


Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy

2. Desain Body

Body tablet ini tidak menggunakan bahan premium, melainkan hanya menggunakan bahan plastik polycarbonate yang terkesan murahan. Walau demikian, tablet ini didesain dengan sangat baik sehingga terlihat stylish dan nyaman untuk digunakan. Dimensi body tablet 242.5 x 160.8 x 7.5 mm dan beratnya mencapai 487 gram. Jika melihat spesifikasi yang ada, tentu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tablet ini memang stylish serta memiliki ketipisan yang bisa dibanggakan.

Mengingat dimensinya yang sangat tidak makan tempat banyak dan bobotnya yang hanya 487 gram, membuat Tab ini mudah untuk dibawa kemana-mana dan tidak terlalu merepotkan. Desain tablet ini mirip dengan tablet dari Apple karena memiliki aspek rasio 4:3. Di bagian depan, tidak ada yang berubah, desainnya sangat khas Samsung. Tombol berbentuk persegi panjang dengan sudut membulat horizontal di bagian tengah sebagian tombol Home tetap dipertahankan. Di bagian kiri dan kanan tombol tersebut, kita akan menemukan tombol kapasitif untuk Back dan Option. Kemudian di sisi sebelah kanan , tepatnya dibagian atas, kita akan menemukan tombol Power. Dan, di bawah tombol Power terdapat tombol volume. Lalu, di bawah tombol volume terdapat slot untuk microSD.
Kemudian di bagian belakang terdapat kamera yang di desain dengan bentuk persegi empat yang memiliki sudut bulat. Namun sayangnya, tidak disertakan LED flash untuk membantu mengambil gambar di tempat-tempat yang gelap atau kurang cahaya. Di pojok atas sebelah kanan, kita akan menemukan lubang dimana Stylus Pen berada.

Warna

Tidak seperti dua saudaranya yang lain yaitu, Tab 8.0 dan Tab A 9.7, tablet ini hanya hadir dengan dua pilihan warna. Hitam dan putih.

Layar

Beralih ke bagian layar, Samsung memberikan display dengan tipe TFT Capacitive Touchscreen 16M Colors yang cukup cemerlang dan mampu menghadirkan warna-warna realistic, walaupun terkadang terlihat tidak begitu tajam. Layar tersebut memiliki bentang 9.7 inci dan memiliki resolusi 768 x 1024 pixels. Kerapatan pixels-nya hanya hanya 132 ppi.

Tidak ada pelindung dari Corning Gorilla Glass untuk layar tersebut.
Apabila kita memanfaatkan tablet ini untuk bekerja, untuk menonton video, atau untuk melihat gambar, sebenarnya cukup memadai. Warna yang dihasilkan cukup baik serta kontras yang dimilikinya juga tidak mengecewakan.

3. Spesifikasi Hardware

Beralih ke bagian dalam, kita akan mencoba membahas hardware yang dimiliki oleh tablet ini. Untuk prosesornya, Samsung memberikan tipe Quad core yang memiliki kecepatan hingga 1.2 GHz. Processor tersebut dikawinkan dengan RAM sebesar 2 GB yang memungkinkan tablet ini untuk melakukan berbagai tugas berat.

Membuka aplikasi berat dan game-game besar tidak masalah dengan menggunakan tablet ini. Walau demikian, beberapa game yang tergolong cukup besar harus sedikit menunggu waktu loading sekitar 10 hingga 20 detik.

Saat digunakan untuk multitasking, tablet bisa dioperasikan dengan cukup cepat. Begitu juga dengan layarnya yang responsif. Setiap sentuhan direspon dengan tepat dan cepat.

4. Memori Internal

Sayangnya, tablet ini hanya dibekali memori internal sebesar 16 GB. Jika melihat harganya, seharusnya tablet ini dibekali dengan memori internal 32 GB. Namun untungnya, Samsung sudah menyempatkan slot microSD yang bisa diisi dengan memory card hingga 128 GB.
Tidak hanya itu, sebenarnya Samsung juga sudah bekerjasama dengan Microsoft untuk menghadirkan Microsoft Mobile di tablet ini yang disertakan dengan Cloud Storage di OneDrive sebesar 100 GB.

5. Jaringan dan Koneksi

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa, salah satu kelemahan dari tablet ini adalah tidak disertakannya teknologi jaringan GSM atau seluler connectivity yang memungkinkan kita melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan SMS. Satu-satunya perangkat yang bisa digunakan untuk mengakses internet adalah Wi-Fi 802.11 a/b/g/n. Tersedia Dual-band, Wi-Fi direct dan fungsi hotspot.
Selain itu, disediakan juga Bluetooth versi 4.1, GPS dan GLONASS, dan microUSB versi 2.0.

6. Kamera

Kamera utama tablet ini menggunakan sensor 5 MP (Megapixels) yang apabila digunakan untuk mengambil foto bisa menghasilkan resolusi maksimal 2592 x 1944 pixels. Kamera tersebut sayangnya tidak dilengkapi dengan LED flash. Menyebabkan kita kesulitan untuk mengambil gambar atau merekam momen-momen di tempat yang minim cahaya. Beberapa teknologi yang disertakan untuk kamera belakang diantaranya adalah, fitur Geo-tagging serta teknologi Autofocus.

Kamera di bagian depan menggunakan sensor sebesar 2 MP yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan video serta bisa juga digunakan untuk mengambil foto selfie. Walaupun tidak terlalu besar, namun kamera depan tersebut bisa diandalkan di tempat-tempat yang cukup cahaya.
Kamera belakang juga bisa digunakan untuk mengambil video dengan resolusi maksimal 720p pada kecepatan 30fps.

7. Sistem Operasi

Sayang sekali tablet Galaxy Tab A & S Pen hanya menggunakan sistem operasi Android versi 5.0 dan bukannya menggunakan Android versi 5.1 (Lollipop), mengingat Tab ini lahir pada akhir quartal pertama tahun 2015. Walau demikian, tablet ini sudah bisa diinstall dengan berbagai aplikasi dan game yang support dengan tablet dari Google Play Store.

Tidak ada kabar apakah tablet ini akan mendapatkan upgrade sistem operasi ke versi yang lebih tinggi. Android versi 5.0 sebenarnya sudah cukup baik dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan versi Kitkat.

8. Baterai

Untuk mendukung kinerja dan untuk memaksimalkan penggunaan, tablet ini sudah dibekali dengan baterai sebesar 6.000 mAh. Baterai tersebut tidak bisa dipindahkan atau non removable.
Dengan baterai besar ini, kita bisa melakukan banyak hal. Mulai dari mendengarkan musik hingga 178 jam, menonton video 14 jam, dan apabila kita gunakan untuk mengakses internet tablet ini bisa bertahan hingga 15 jam. Sayangnya tidak disertakan fitur quick charging untuk pengisian daya super cepat.

9. Harga Galaxy Tab A & S Pen

Harga yang dibanderol untuk smartphone ini memang tergolong mahal mengingat spesifikasi yang diberikan biasa saja. Di pasaran smartphone ini dilepas dengan harga 399 Euro. Atau setara dengan Rp. 5 jutaan. Untuk harga second atau harga bekas, Galaxy Tab A & S Pen belum tersedia.

Fitur dan Sensor

Beberapa fitur dan seseorang yang disematkan pada Galaxy Tab A & S pen diantaranya adalah, sensor Compass dan Accelerometer.
Fitur messagenya seperti, email, push email, IM, dan browser yang sudah support HTML5 juga disertakan.