Jual Kamera DSLR Bekas Anda Secara Online dengan Step By Step Berikut

Memiliki kamera DSLR bekas yang ingin dijual untuk membeli satu lagi yang baru atau memenuhi kebutuhan lainnya memang menjadi cara yang tepat untuk menghasilkan uang. Saat ini kamera DSLR memang menjadi kamera yang paling banyak dicari baik dalam kondisi baru maupun second. Asalkan kondisi kamera Anda masih baik dan berfungsi normal, maka harganya tak akan turun terlampau jauh dari harga pasaran. Namun jika kamera Anda kondisinya rusak pun, jual kamera DSLR tetap bisa dilakukan karena ada juga penadah kamera rusak yang nantinya digunakan untuk pergantian mesin kamera.

Kamera DSLR
Cara Jual Kamera DSLR (Camera)
Salah satu masalah yang sering timbul saat akan menjual kamera adalah dimana tempat yang tepat untuk menjualnya. Penjualan kamera bekas tak seperti mobil bekas yang memiliki wadah tersendiri yang bisa dibawa dan dipamerkan pada calon pembeli. Meski para peminat kamera DSLR cukup banyak namun jika Anda tak bisa menemukan mereka maka bisa jadi harga kamera Anda akan turun jika dijual langsung di toko kamera second. Ada cara yang lebih mudah dan menguntungkan yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menjual kamera Anda melalui internet dengan cara menjadi anggota situs jual beli online terpercaya.

Karena kamera yang Anda jual adalah kamera bekas, maka jangan lupa untuk mencantumkan kondisi barang menjadi barang bekas atau second pada iklan Anda nantinya. Hal ini sangat diperlukan untuk memberitahu calon pembeli akan kondisi produk yang sebenarnya. Harga barang second juga akan lebih rendah dibandingkan barang baru yang bisa menjadi kelebihan bagi mereka yang menginginkan produk berkualitas namun dengan harga terjangkau.

Berikut ini adalah step by step yang harus Anda lakukan untuk jual kamera DSLR secara online:
  1. Mendaftar di situs jual beli online terpercaya dengan menggunakan alamat email yang aktif dan nomor telepon yang mudah dihubungi.

  2. Memotret kamera Anda dari berbagai sisi.

  3. Menyertakan hasil pemotretan baik di siang atau malam hari untuk meyakinkan calon pembeli tentang kualitas hasil kamera.

  4. Menulis seri kamera dengan jelas beserta spesifikasinya yang sesuai dengan yang tertera di box kamera.

  5. Menuliskan kelengkapan yang ikut dijual misalnya tas, box, handle, dsb.

  6. Menuliskan kondisi terutama jika ada kekurangan misalnya lecet atau goresan pada body kamera.

  7. Menuliskan harga jual.

  8. Memposting iklan Anda tersebut dan melakukan tanya jawab dengan calon pembeli jika ada yang mengajukan pertanyaan.
Dalam menentukan harga jual, Anda sebaiknya melakukan survey pasar terlebih dahulu tentang harga jual produk kamera yang serinya persis dengan kamera Anda dalam kondisi baru dan bekas. Dari survey tersebut Anda bisa memperkirakan harga jual yang layak bagi kamera Anda. Jika ada kekurangan atau kerusakan pada kamera pastinya harga akan semakin berkurang. Jika Anda ingin harga kamera bertambah dari harga pasaran bekasnya, Anda bisa mengikutsertakan aksesorisnya untuk juga dijual bersama-sama.

Jual kamera DSLR second atau bekas memang paling cepat dan mudah dilakukan di internet. Para calon pembeli yang pintar umumnya langsung mencari di internet melalui situs jual beli online barang bekas sehingga bisa bertemu dengan pemiliknya langsung. Dengan cara tersebut harga yang diperoleh bisa lebih murah dibandingkan dengan harga ketika kamera sudah berada di toko. Melalui pembelian langsung juga, seorang calon pembeli bisa memastikan apakah kamera sebelumnya digunakan secara pribadi atau komersil dan memperkirakan jam terbang kamera.