Tips Memilih Detergen untuk Bayi yang Baik dan Benar

Sebagai seorang yang sudah memiliki 2 orang anak, menjaga dan memberikan buah hati dengan barang-barang terbaik adalah keinginan semua ibu di dunia. Bukan karena kita mau boros atau suka memakai barang-barang bagus, tetapi untuk menjaga kesehatan buah hati, terutama mereka yang baru mengenal dunia. Setidaknya kita perlu mengorbankan sedikit materi untuk yang terbaik. Hal sepele ini termasuk menyangkut makanan, minuman hingga sabun yang digunakan untuk merawat mereka dan perlengkapannya.



Jika kamu masih mencuci pakaian bayi dengan detergen biasa, sebaiknya mulai sekarang tinggalkan deh kebiasaan buruk ini. Karena pengaruhnya tidak bagus bagi kulit bayi. Memang mungkin alasan utama banyak orangtua memilih menggunakan detergen biasa biar lebih irit. Tapi hal itu tak sebanding karena bisa mengorbankan kesehatan kulit bayi. Sebaiknya, kamu bisa memilih detergen khusus baju bayi. Detergen jenis ini sudah disesuaikan dengan kondisi kulit bayi jadi lebih aman.

Kulit bayi itu memiliki karakter sangat sensitif. Kalau kulit bayi itu terkena zat yang tak ramah seperti yang terdapat pada detergen biasa, akibatnya bisa terjadi iritasi kulit. Kamu bisa mengetahuinya dari munculnya bercak kemerahan atau kadang bayi suka merasa gatal. Nah, itulah akibat yang dapat terjadi jika menggunakan detergen biasa. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan terjadinya eksim, seperti kulit bayi menjadi kering. Pasti kamu tak ingin hal ini terjadi pada kulit sang buah hati kan?

Untuk itulah, pastikan selalu memilih detergen yang memang khusus dibuat untuk mencuci pakaian bayi.

Pun demikian ketika mencuci alat makan, minum maupun botol bayi. Sebaiknya pilih cairan pembersih peralatan bayi. Mudah dan ada di pasaran produknya, seperti Sleek Baby. Cairan ini aman dan termasuk jenis pencuci foodgrade. Alasannya sama seperti saat memilih detergen khusus bayi tadi, biar lebih aman buat si kecil.

Sebab untuk cairan pembersih pada umumnya itu mengandung zat-zat kimia yang dikhawatirkan bisa membahayakan bayi. Sangat mungkin saat kamu mencuci botol misalnya ada residu atau sisa buih yang tertinggal di botol. Nah, kalau kamu menggunakan cairan pembersih botol bayi yang tepat, buih atau sisa sabun itu tak jadi masalah seandainya sampai tertelan si kecil. Lain halnya kalau memilih cairan pencuci piring biasa. Akibatnya bisa menyebabkan masalah pada kulit bayi.

Oleh karena itu, pastikan orangtua sangat sadar akan hal ini. Jangan disepelekan. Si kecil itu memiliki kulit yang sangat senstif dan belum memiliki sistem kekebalan tubuh seperti orang dewasa. Karenanya sangat wajar kalau perlakuan pada bayi ini juga harus istimewa. 

Memilih detergen khusus baju bayi serta cairan pencuci foodgrade merupakan bentuk upaya yang bisa kamu lakukan untuk menjamin si kecil mendapatkan perlakukan yang seharusnya. Jadi mulai sekarang yuk coba periksa apakah bunda sudah melakukan hal ini? Jika belum segeralah untuk beralih ke detergen khusus baju bayi serta menggunakan cairan untuk membersihkan botol dan alat makan bayi yang tepat.