Ciri-Ciri Siklus Haid Normal

Menstruasi merupakan suatu kondisi yang biasa terjadi pada perempuan umumnya terjadi dimulai ketika usia 11 sampai 16 tahun. Perubahan hormon yang terjadi pada saat haid atau menstruasi merupakan hal yang sangat wajar hingga berdampak pada beberapa perubahan sikap, misalnya sering marah-marah dengan masalah yang memang tidak sedikit, selain itu perubahan mood pada seseorang yang sedang menstruasi pun bisa berubah-ubah, dan tentunya hal yang demikian pun harus diketahui terutama bagi pasangan anda untuk selalu mengerti dengan kondisi yang demikian. Waktu terjadinya haid rata-rata satu bulan sekali dengan rentan waktu 21 sampai 35 hari, untuk mengetahui lebih lanjutnya maka anda bisa mencari informasi melalui tips lancar datang bulan Guesehat.



Sering wanita mengalami haid yang tidak lancar, dengan siklus haid yang lebih cepat atau juga lebih lama, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi yang paling umum yaitu terkait gaya hidup, misalnya mengkonsumsi makanan yang kurang bergizi, stres, diet ketat, dan lain sebagainya bisa juga dikarenakan penyakit seperti jamur oleh karena itu terapkan hidup sehat agar siklus menstruasi anda normal. Untuk dapat mengetahui beberapa ciri dari siklus haid normal yaitu:


  1. Siklus haid yang normal terjadi dengan rentan waktu 21 hari sampai 35 hari, jika lebih atau kurang maka siklus haid anda tidak normal
  2. Warna darah yang merah cerah atau kecoklatan bisa menjadi ciri dari siklus haid yang normal.
  3. Selanjutnya ciri dari siklus haid yang normal dapat dilihat dari banyak darah yang dikeluarkan normalnya yaitu 10 ml hingga 80 mi setiap harinya.
  4. Darah yang keluar tidak ada darah yang menggumpal melainkan lebih encer.


Itulah beberapa ciri dari siklus haid yang normal, pada dasarnya jika siklus anda ingin normal terapkan gaya hidup yang sehat, biasanya saat haid datang perempuan bisa jadi penyebab perut kram pada wanita kemudian ada pula yang merasakan sakit pada bagian pinggang dengan perut yang terasa kembung, hal yang demikian memang sangat wajar namun bisa diatasi jika sebelumnya anda menerapkan gaya hidup sehat dengan menghindari makanan yang terlalu pedas.