Kampung Berseri Gedangsari, Bangun Desa Bangun Negeri

Persembahan Astra untuk Indonesia Sejahtera - Tahun ini PT Astra Internasional TBK kembali mempersembahkan program CSR untuk negeri. Tema yang diusung yakni persembahan Astra untuk Indonesia Sejahtera. Persembahan ini diusung dalam program kampung Berseri Astra yang diikuti oleh puluhan desa terpilih.

image credit: roda2blog.com

Kampung berseri sendiri mulai digalakkan pada tahun 2013. Dimana kampung berseri Astra ini adalah program kontribusi sosial berkelanjutan dari Astra, yang ditujukan bagi masyarakat Indonesia. Program Kampung berseri Astra ini, memiliki empat konsep pilar dasar yaitu pendidikan, kesehatan, kewirausahaan dan lingkungan.Dengan program ini, diharapkan terciptanya masyarakat yang menjaga kesehatan, kebersihan lingkungan, dan mandiri dalam hal ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tertarik Mendaftar? Berikut Syarat Kampung Berseri Astra


Untuk menjadi anggota kampung berseri Astra, bukan tanpa alasan. Setiap kampung atau desa yang mendaftar harus melewati beberapa proses tahapan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi calon atau pendaftar adalah potensi apa yang bisa dikembangkan di desa tersebut. Sehingga nantinya bisa dimaksimalkan oleh pihak CSR Astra.

Sampai saat ini sudah ada 77 Kampung Berseri Astra yang sudah berjalan di 34 provinsi. Dengan fokus utama di bidang pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan. Dan menurut Boy Kelana Soebroto yang merupakan Head of Corporate Communication ASII ini, sepanjang tahun 2018 sudah membina sebanyak 300 desa sejahtera di 100 kabupaten.

Semangat Kampung Berseri Astra Gedangsari


Salah satu daerah yang terpilih dalam program ini, adalah salah satu kampung yang terletak di Yogyakarta. Lebih tepatnya di kabupaten Gunung Kidul yang bernama “Kampung Berseri Astra Gedangsari”. Nama KBA ini dicatut dari lokasinya di Desa tegalrejo, Kecamatan Gedangsari.

Desa Gedangsri sendiri memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Salah satunya yang potensial adalah batik. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengenalkan potensi tersebut adalah dengan diadakannya penampilan kampung batik, parade seni dan berbagai budaya serta bermacam-macam pameran tentang kearifan lokal di desa Gedangsari.

Mengenal Potensi dan Program Kampung Berseri Astra Gedangsari


Acara pembukaan KBA ini bahkan diresmikan secara langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X yang di dampingi oleh bupati Gunung Kidul Badingah. Tentunya semakin banyak pihak terlibat maka impact atau dampaknya juga semakin bagus. Akan ada beragam program Kampung Berseri Astra Gedangsari ditinjau dari beragam pilar.

Dalam pilar kesehatan, pihak CSR kampung berseri Astra membina petugas posyandu dengan melakukan berbagai pelatihan. Pelatihan tersebut di pandu oleh dokter yang dikirim dari pihak Astra. Sedangkan untuk pilar lingkungan, di fungsikan adanya bank sampah. Agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari sekedar sampah. Yang ternyata bisa dirasakan manfaatnya dari segi ekonomis maupun lingkungan.

Dengan berbagai potensi yang ada di desa tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesejahteraan warga masyarakat di desa tersebut dan sekitarnya. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, sudah sepantasnya kita sebagai corporate atau perseorangan dapat ikut serta dalam pembangunan kemajuan dan kesejahteraan Indonesia.

Bukan seberapa banyak negara ini memberi sesuatu pada kita, namun seberapa banyak kontribusi yang sudah kita berikan untuk negeri kita tercinta. Semoga selalu jaya dan salut untuk semua pihak yang bergerak dan terus peduli membangun negeri.