Oppo Reno 3: Hp Android Murah dengan Kamera Mengagumkan

Hp Oppo seri Reno 3 diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 17 Maret tahun 2020. Saat itu, harga resmi nya sekitar 5 jutaan. Setelah sekian bulan berlalu, harga Oppo Reno 3 berangsur-angsur turun dan semakin terjangkau. Membuat smartphone yang dibekali dengan quad camera yang terdiri atas kamera utama 48 MP dan kamera selfie 44 MP ini terasa semakin murah. 

Harga Oppo Reno 3
Hp Oppo Reno 3

Terlebih, apabila kita melihat spesifikasi Reno 3 yang di atas kertas sangat menakjubkan. Mulai dari chipset MediaTek MT6779 Helio P90, RAM 8GB, memori internal 128GB, Bluetooth 5.0, hingga layar Amoled.

Hp Oppo seri Reno merupakan pilihan smartphone spesialis kamera. Karena itu, tak begitu mengherankan apabila smartphone ini hadir dengan kombinasi kamera depan dan belakang yang ciamik.

Meskipun lebih menonjolkan kamera sebagai daya tariknya, namun secara keseluruhan hp Android kelas harga 4 jutaan ini terasa cukup seimbang. Mulai dari desainnya, yang meskipun tidak terasa terlalu spesial tapi tetap terlihat menarik.

Fitur-fiturnya cukup lengkap, termasuk dukungan fast charging 30W yang dapat mengisi baterai kapasitas 4025mAh hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya (Reno 2), Reno 3 secara desain tampak kurang berkelas, karena lebih memilih menggunakan water drop notch dibandingkan dengan kamera pop-up seperti yang ada pada Reno 2. Desain ini tentu saja membuat reno3 jadi tampak biasa-biasa saja.

Alasannya sederhana, karena sebagian besar smartphone entry-level saat ini sudah mengusung waterdrop notch sebagai tempat dudukan kamera depannya.

Begitu juga dengan layarnya, sekalipun menggunakan layar Amoled dan menawarkan resolusi full HD, namun sayangnya Reno 3 hanya menawarkan refresh rate sebesar 60 Hz saja.

Dengan banderol harga sekitar Rp 5 jutaan, smartphone ini akan terasa lebih sempurna jika menawarkan layar Super AMOLED dan refresh rate yang lebih tinggi, minimal 90 Hz lah... Karena saat ini, banyak sekali hp kelas mid range yang telah dibekali dengan refresh rate tinggi.

Layar dengan refresh rate yang tinggi menawarkan visibility yang sangat baik. Karena, layar akan terlihat lebih stabil, tidak melelahkan mata, dan nyaman saat terdapat pergerakan objek seperti animasi atau yang sejenisnya. Misalnya, ketika digunakan untuk bermain game atau menonton film.

Kelebihan Oppo Reno 3


Tak sulit untuk ditebak jika Oppo Reno 3 pasti punya kelebihan di bagian kamera seperti yang telah kami ungkapkan di atas. Smartphone yang mengusung spesifikasi layar 6,4 inci ini membawa 4 buah kamera di bagian belakang.

Masing-masing terdiri atas kamera utama 48 MP yang dapat menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 108 MP. Kamera telephoto 13MP yang memiliki kemampuan hybrid zoom 5X dan digital zoom 20X. Kamera ketiga adalah kamera ultra wide yang berfungsi untuk mengambil foto dengan dari sudut pandang yang lebih luas berukuran 8 MP, dan sebuah kamera monokrom berukuran 2 MP.

Akan tetapi, secara default Oppo Reno 3 tidak menghasilkan foto dengan resolusi 108 MP. Jika ingin mendapatkan foto dengan resolusi tinggi tersebut, pengguna terlebih dahulu harus mengaktifkan Pro mode.

Untuk menghasilkan foto dengan resolusi tinggi tersebut, Reno 3 menggunakan teknik stitching untuk menggabungkan beberapa foto menjadi sebuah foto resolusi tinggi.

Hasil foto dari hp ini tidak perlu diragukan lagi. Kemampuannya sangat menakjubkan, bahkan ketika digunakan pada kondisi minim cahaya sekalipun.

Ketika digunakan untuk mengambil foto-foto di tempat yang gelap, kamera HP ini secara otomatis akan mengenali suasana tersebut dan mengaktifkan Ultra Night Mode karena telah tersedia fitur Ai yang secara cerdas dapat mengidentifikasi situasi dan menawarkan solusi yang tepat. Bahkan, Oppo Reno 3 tetap bisa menghasilkan foto yang ciamik sekalipun ruangan tersebut hanya diterangi oleh 1 buah lilin saja.

Keunggulan lain kamera belakang Oppo Reno 3 terletak pada kemampuannya mengambil foto makro. Jika kebanyakan kamera hp menawarkan pengambilan foto makro dari jarak terdekat (ke objek) 10 cm, Oppo Reno 3 bisa digunakan untuk mengambil foto makro dengan jarak terdekat hingga 3 cm. Dengan jarak yang lebih dekat, kita bisa mengambil detail objek yang lebih baik. An

Beralih ke bagian depan, foto selfie Reno 3 dilengkapi dengan fitur Ultra Steady 2.0 yang bisa membantu meminimalisir hasil-hasil blur saat mengambil video sambil bergerak.

Dengan adanya fitur ini, Oppo Reno3 dapat diandalkan sebagai daily driver bagi seorang vlogger. Karena, baik kamera belakang maupun depan, keduanya dapat memberikan hasil yang sebanding.

Untuk mendukung performa smartphone ini, Oppo tak lupa membenamkan RAM 8GB dan chipset MediaTek Helio P90 yang disebut-sebut lebih kencang dibandingkan dengan Snapdragon 845.

Dengan harga Oppo Reno 3 yang saat ini menyentuh angka Rp 4,5 jutaan, spesifikasi yang ditawarkan di atas terasa cukup layak. Bahkan, bisa dibilang cukup murah. Karena hampir semua bagian dari smartphone ini sangat bisa diandalkan. Mulai dari dari layarnya yang menggunakan teknologi AMOLED, kamera depan dan belakang dilengkapi dengan image stabilization serta sensor resolusi tinggi, RAM 8 GB (tergolong besar) dan prosesor yang kencang, hingga dukungan audio 24-bit/192kHz pada sound system yang pasti akan membuat pengalaman mendengarkan musik (suara) dari hp ini terasa lebih memuaskan.

0 Response to "Oppo Reno 3: Hp Android Murah dengan Kamera Mengagumkan"