Mengapa Laptop dan Hp Masih Menggunakan Wi-Fi?

Sebagian besar gadget seperti smartphone ataupun laptop yang ada saat ini, telah dilengkapi dengan teknologi radio khusus untuk mengakses jaringan Wi-Fi.

Mengapa mayoritas smartphone modern masih dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi? Padahal, setiap smartphone modern pasti sudah dilengkapi dengan teknologi jaringan 3G hingga 4G atau bahkan 5G.

Pada dasarnya, jaringan WiFi yang kita kenal, memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Menurut statistik dari WiFi Alliance, hingga saat ini ada kurang lebih 37,5 miliar perangkat yang dilengkapi dengan jaringan Wi-Fi.


Di seluruh dunia, diperkirakan 63% lalu lintas komunikasi seluler didistribusikan menggunakan Wi-Fi.

Bahkan ketika sebagian besar orang sudah mampu membeli mobile data untuk terkoneksi ke internet melalui smartphone. Tetap saja masih banyak hotspot Wi-Fi yang dapat kita jumpai dengan mudah di rumah-rumah warga, di stasiun kereta api, terminal, bandara, hotel, rumah sakit, warkop, kafe-kafe, hingga di sekolah-sekolah.

Pertanyaannya, mengapa Wi-Fi masih dibutuhkan?

Mengenal Jaringan Wi-Fi

Sebelum saya menjawab lebih jauh mengenai, "mengapa Wi-Fi masih dibutuhkan di era modern?" Ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai teknologi jaringan Wi-Fi agar lebih mudah memahami mengapa Wi-Fi masih dibutuhkan di era modern.

Teknologi Wi-Fi adalah jaringan nirkabel (wireless) yang memanfaatkan gelombang radio untuk mengakses internet berkecepatan tinggi.

Teknologi Wi-Fi dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hingga saat ini, perkembangan Wi-Fi sudah memasuki generasi yang ke-6 dan sedang bersiap-siap untuk menyambut generasi ke 7.

Wi-Fi sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu, high bandwidth WiFi yang dibenamkan di ponsel, TV, hingga komputer atau laptop. Dan yang kedua adalah WiFi HaLow yang dibenamkan pada perangkat IoT rumah pintar yang umumnya berdaya lebih rendah.

Mengapa WiFi masih Dibutuhkan?

Di era yang serba digital ini, selain data seluler, jaringan Wi-Fi masih menjadi primadona untuk mengakses internet. Setidaknya, ada 7 alasan mengapa Wi-Fi masih sangat dibutuhkan.

1. Menawarkan internet yang cepat dan stabil dengan harga murah

Sebagian besar jaringan Wi-Fi yang ada di Indonesia berasal dari jaringan kabel fiber optik. Karena menggunakan kabel fiber, maka tidak mengherankan apabila jaringan Wi-Fi cenderung lebih stabil dan menawarkan latensi yang lebih rendah.

Ini membuat WiFi ideal untuk mengakses internet. Latency yang rendah juga membuat kegiatan menonton lives treaming atau bermain game onlineJadi lebih menyenangkan dan seru.

Tarifnya yang murah membuat Wi-Fi kerap disediakan di tempat-tempat umum termasuk di warung makan, restoran, ataupun warkop.

Salah satu contohnya adalah Wi-Fi yang ditawarkan oleh Telkom melalui salah satu produk mereka yang kita kenal dengan nama indihome.

Jaringan fiber optik indihome paling murah dihargai sekitar 275 ribuan. Dengan tarif tersebut, pengguna akan memperoleh internet dengan kecepatan download 20 Mbps dan kuota 400 GB setiap bulan.

Tarif tersebut tentu saja jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jaringan data seluler.

2. Pindah pindah jaringan tanpa kehilangan koneksi

Jika di tempat tinggal kita ada 2/3 jaringan Wi-Fi yang terpisah. Kita bisa pindah dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya tanpa kehilangan akses internet. Jadi, jaringan Wi-Fi bisa menawarkan koneksi yang simultan.

3. Kita bisa mengakses perangkat lain dari jaringan Wi-Fi

Dengan menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah, kita bisa terhubung ke komputer atau beberapa perangkat lain terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi.

Sistem ini juga yang digunakan untuk rumah pintar. Jadi, melalui jaringan Wi-Fi kita bisa mengakses lampu pintar, remote control, televisi, komputer, dan berbagai perangkat yang terhubung.

Kesimpulan

Manfaat internet sangat terasa dalam berbagai sendi kehidupan kita. Dengan adanya internet, kita lebih mudah berkomunikasi dan bersosialisasi melalui ranah maya. Bahkan, di era modern ini semakin jamak kita jumpai masyarakat yang mengalihkan kegiatan belanjanya dari pasar konvensional ke marketplace atau online shop.

Untuk mengakses internet, terdapat beberapa pilihan yang bisa digunakan. Salah satunya adalah melalui jaringan Wi-Fi.

Tarifnya yang murah, penggunaan dayanya yang sangat hemat, kemudahan koneksi dengan perangkat lain, stabilitas jaringan, hingga set up yang mudah merupakan beberapa keuntungan menggunakan jaringan Wi-Fi.

Karena itu tidak mengherankan apabila jaringan Wi-Fi hingga saat ini dipertahankan di smartphone maupun laptop untuk mengakses internet ataupun untuk terkoneksi ke jaringan secara nirkabel.

Karena harganya relatif murah, maka, jaringan Wi-Fi sangat cocok dijadikan sebagai alternatif untuk terhubung ke internet. Di tempat-tempat umum seperti sekolah, stasiun, bandara, warung kopi, dan hotel.

Bahkan, memasang Wi-Fi juga sangat disarankan di rumah-rumah yang sebagian besar anggota keluarganya mengakses internet dari smartphone atau laptop. Karena jika dihitung-hitung, biaya internet dengan menggunakan Wi-Fi seperti yang ditawarkan oleh oleh Telkom melalui indihome sangatlah terjangkau.

0 Response to "Mengapa Laptop dan Hp Masih Menggunakan Wi-Fi?"