Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sering Nyalakan AC Mobil Saat Mesin Mati? Ini Dampak Buruknya!

Berkendara di negara tropis tentu memerlukan penyejuk untuk mengalahkan udara panas dan lembab. Suhu panas di dalam kabin mobil akan membuat pengendara tidak merasa nyaman. Karenanya, pendingin atau AC mobil jadi hal yang penting untuk diperhatikan agar berkendara selalu terasa nyaman.

Meski sudah banyak mobil SUV ataupun mobil jenis lainnya yang menyediakan teknologi untuk dapat menghidupkan AC tanpa perlu menyalakan mesin, biasanya pendingin udara atau AC mobil memang dinyalakan saat kondisi mesin sedang menyala. Pengendara akan menyalakan mesin terlebih dahulu untuk ‘menghangatkan’ mesin, baru kemudian AC dinyalakan. 

Menyalakan AC mobil membutuhkan tenaga listrik yang besar, namun memang tidak jarang masih banyak pengendara yang tetap menyalakan AC meskipun saat kondisi mesin mobil mati. Apakah hal ini akan berdampak buruk pada mesin mobil? Mari simak pembahasannya.

Akumulator bekerja lebih berat

Saat AC mobil menyala, arus listrik yang dipakai untuk AC akan tergantikan sehingga kerjanya tidak terlalu berat. Namun, jika dinyalakan saat mesin mobil dimatikan, arus listrik akan disedot dari akumulator. Hal ini akan membuat kinerja akumulator menjadi lebih berat, dan juga berpengaruh pada kompresor AC.

Pemakaian aki lebih boros

Menyalakan AC mobil saat mesin mobil mati akan berisiko membuat aki lebih boros. Jika dilakukan terus menerus, hal ini dapat menimbulkan masalah untuk starter mesin. 

Dapat menimbulkan masalah pada komponen lain

Terdapat banyak komponen penting yang ada pada AC mobil, contohnya seperti kondensor, kompresor, dan juga evaporator. Menyalakan AC mobil dalam kondisi mesin mati dapat memberikan efek negatif dalam jangka panjang terhadap komponen-komponen tersebut. Sehingga, kinerja pendingin menjadi tidak maksimal.

Jadi, sebaiknya lebih bijak dalam menggunakan AC mobil dan jangan lupa untuk mengecek kondisi AC mobil secara berkala agar keseluruhan komponen dapat terus bekerja secara optimal. Jadwalkan servis dengan bengkel resmi Suzuki terdekat.

Dapatkan juga informasi tips dan trik tak hanya seputar merawat AC mobil, tapi juga cara merawat mobil SUV hingga informasi terkini seputar mobil unggulan terbaru Suzuki seperti Suzuki New Ertiga Hybrid hanya di www.suzuki.co.id/tips-trik

Post a Comment for "Sering Nyalakan AC Mobil Saat Mesin Mati? Ini Dampak Buruknya!"