Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Door Trim pada Mobil Dengan Benar

Panel pintu alias door trim adalah salah satu komponen mobil yang cukup penting sehingga komponen ini harus selalu dirawat. Jika tidak dirawat, bisa mengalami keausan akibat pemakaian. Agar lebih awet dan selalu terlihat apik, kamu harus selalu membersihkan door trim.

Berikut ini 5 cara yang benar untuk merawat door trim mobil kesayanganmu.

  1. Bersihkan Dengan Vacum Cleaner

Apapun jenis pelapis door trim yang digunakan, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kotoran menggunakan vacuum cleaner. Dengan cara ini juga sekaligus untuk memeriksa kondisi door trim apakah ada bagian yang rusak dan perlu diganti.

  1. Perwatan Door Trim Vinyl

JIka door trim mobil menggunakan lapisan vinyl, seperti pada Toyota Agya, disarankan memakai pembersih khusus vinyl dan kain lembut. Kamu juga bisa menggunakan sikat berbulu nilon lembut dan pembersih untuk membersihkan area yang kotor di celah panel. HIndari penggunaan bahan kimia yang keras seperti cairan pemutih atau pelarut. Hal ini bisa mengakibatkan memudarnya warna dan merusak permukaan panel.

  1. Perawatan Door Trim Kain

Apabila door trim mobil menggunakan pelapis kain (fabric), seperti yang dipakai pada Toyota Avanza maka perlu berhati-hati karena cepat kotor. Bahan kain akan mudah menyimpan partikel keras serta debu. Bersihkanlah dengan menggunakan cairan pembersih, kain dan sikat nilon lembut.

Kemudian bersihkan bagian panel tersembunyi. Apabila menemukan perubahan warna, segera ganti cairan pembersih. Kamu bisa mengusir noda membandel dengan menggosok berulang kali. Sama seperti lapisan vinyl, bahan fabric juga harus dihindarkan dari cairan kimia keras dan sikat besi karena bisa merusak serat kain.

  1. Jenis Lapisan Kulit

Door trim dengan lapisan kulit menjadi paling mudah dibersihkan. Kamu bisa membersihkan minimal dua kali setahun dengan cairan pembersih kulit dan kain katun. Beberapa cairan pembersih untuk kulit juga telah mengandung pelindung dari sinar ultraviolet.

Kamu bisa membubuhkan cairan pembersih ke kain lalu akukan gerakan memutar untuk membersihkannya. Agar lebih sempurna kamu bisa menggunakan conditioner khusus kulit yang dapat memperpanjang usia, penampilan dan kelembutan kulit.

  1. Door Trim Pengemudi

Pada door trim pengemudi, kamu akan menemukan lebih banyak tombol-tombol yang bisa menjadi sarang kotoran dan debu. Cara membersihkannya, bisa dengan vacuum cleaner dan sikat bulu yang lembut untuk mengeluarkannya.

Itulah tadi cara merawat door trim dengan benar. Kamu bisa menerapkannya di mobil kesayangan ya, atau bisa juga merawat di mobil baru maupun mobil bekas. Jika kamu ingin kredit mobil bekas bisa mencarinya lewat mobbi.

Mobbi adalah platform jual beli mobil bekas yang terpercaya, dahulu dikenal dengan nama mo88i. Kamu bisa menjual maupun membeli mobil dengan nyaman dan aman melalui platform ini.

Post a Comment for "Cara Merawat Door Trim pada Mobil Dengan Benar"